h1

Budidaya Jambu Merah

June 5, 2007

jambu1.jpgBudidaya jambu merah merupakan salah satu usaha di bidang agribisnis yang dapat ditekuni dan menjanjikan keuntungan. Permintaan pasarnya cukup besar, karena jambu merah atau dikenal juga sebagai jambu biji atau jambu klutuk ini, banyak mengandung vitamin A dan C. Pemasarannya tidak hanya di pasar tradisional, tetapi juga di supermarket.

Salah satu lokasi budidaya jambu merah terletak di Kecamatan Panyingkiran, Majalengka, Jawa Barat. Di wilayah ini terdapat sekitar 20 hektar kebun jambu merah rakyat. Salah satunya, perkebunan jambu merah yang dikelola oleh Haji Pepen.

Untuk mencapai lokasi perkebunan jambu merah dari Jakarta dapat melalui jalan tol Jakarta – Cikampek, keluar di pintu tol Purwakarta, lalu mengambil arah ke Majalengka. Lokasi perkebunan jambu merah terletak di luar kota Majalengka, di Blok Bojong.

jambu3.jpgDi kebun seluas dua hektar inilah, Haji Pepen menanam 300 pohon jambu merah sejak tahun 2002 lalu. Berkebun jambu merah tidak terlalu sulit karena tanaman ini dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Jambu merah akan tumbuh subur pada lahan yang gembur dan diberi pupuk organik.

Jambu merah merupakan tanaman daerah tropis yang tumbuh subur pada lahan dengan ketinggian 5 hingga 1.200 meter dari permukaan laut, dengan suhu pada siang hari berkisar antara 23 hingga 28 derajat celcius.

Bibit jambu merah yang ditanam disini dilakukan dengan sistem pencangkokan. Bibitnya dibeli dari kawasan Bogor, Jawa Barat.

Pohon jambu merah yang ditanam dengan sistem pencangkokan ini, sudah mulai berbuah setelah berumur 7 bulan. Agar tidak rusak dan terkena hama, buah jambu merah yang berada di pohon dibungkus dengan dengan plastik.

Pemanenan dilakukan setelah buah jambu yang semula berwarna hijau pekat berubah menjadi kuning muda. Cara memanen yang terbaik adalah dengan memetik buah jambu bersama tangkainya. Setiap kali panen, satu pohon di kebun ini dapat menghasilkan sekitar 5 kilogram jambu merah. Sehingga dari total 300 pohon setiap kali panen dapat menghasilkan sekitar 1,5 ton buah jambu merah. Pohon jambu merah akan terus berbuah hingga berusia 10 tahun.

jambu2.jpgBuah jambu merah yang dipetik dari pohon kemudian dimasukkan ke dalam keranjang yang terbuat dari anyaman bambu. Pemetikan buah biasanya dilakukan dengan cara manual, dan menggunakan tangan.

Setelah dikumpulkan ke dalam keranjang, buah jambu merah dibawa ke tempat penampungan. Disini buah disortir berdasarkan ukurannya dan dicuci.

Sebelum dibawa ke pasar, buah dikemas dengan plastik dan dimasukkan kedalam keranjang. Jambu merah yang telah matang dapat bertahan sekitar 7 hari bila disimpan di tempat yang dingin.

Pasar jambu merah cukup besar, karena selain banyak mengandung vitamin A dan C, jambu merah juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit, seperti diare dan demam berdarah.(Helmi Azahari.Idh) Indosiar

36 comments

  1. saya minta penawaran harga sampai di kota Bogor

    Hormat Saya
    Tianpu / Bapa Allan
    ASTA AGRO GROUP


  2. Kami berminat membeli jambu merah dalam jumlah besar secara continue. Mohon diberikan informasi alamat / nomor telepon yang bisa dihubungi.
    Terima kasih,

    Adri


    • silahkan anda menghubung 085224917494
      alamat
      desa cisoka
      kecamatan cikijing majalengka 45466

      kami siap melayani anda


    • jambu biji merah yang kami budidayakan telah pemeliharaannya terutama pemupukannya sudah menggunakan pupuk-pupuk dan pestisida organik sehingga produk yang kami hasilkan adalah jambu biji merah organik dengan kwalitas yang baik. harga bersaing, stok lebih dari cukup.


  3. Kami ingin menanam jambu merah, tetapi bagaimana cara mendapatkan bibitnya. Saya bertempat tinggal dikota bengkulu.

    suroto


  4. Untuk wilayah cianjur banyak jambu merah… pengiriman ke bengkulu bagaimana ya?
    Paket tidak mungkin… Tetapi kalau dalam jumlah yang banyak bisa lewat darat menggunakan kendaraan..

    Stok saya lihat di cianjur banyak, bahkan ada yang sedang membudidayaan bibir jambu merah

    Salam Buat Teh Riva


  5. saya memiliki stok jambu biji merah.jika berminat hubungi saya di 085641421715 atau (024)70371744.


  6. Biasanya untuk pembelian Jabu Biji Hitungannya Kilo ya>> bisa kasih tahu informasi harga perkilonya?


  7. Dengan Hormat,
    Saya punya kebun jambu merah dan siap untuk dikirim dalam 2x seminggu sebanyak 1000kg
    tolong siapa yang berminat hubungi saya,
    di 0264-212723
    atau 081932261939


  8. saya berminat untuk membeli dalam jumlah banyak jambu merah, untuk pengiriman ke jawa timur, berapa harga per kilonya. Terima kasih. Budi-08888123273


  9. Dgn hormat. Bagi yg berminat membeli jambu tersebut bisa hubungi kami .081225414324 (atas nama saudara imron) atau dgn sau dara ali .Atau dgn saudara abdul haris(087832666645) . Terima kasih.


  10. Dgn hormat. Bagi yg berminat membeli jambu tersebut bisa hubungi kami .081225414324 (atas nama saudara imron) atau dgn sau dara ali .Atau dgn saudara abdul haris(087832666645) . Bagi yg berminat berkonsultasi tentang penanaman atau perawatan,informasi dan sebagainya,silahkan hubungi kami . Trimakasih


  11. Kami punya banyak jambu. baik jambu biji putih maupun merah. harga sangat murah dan terjangkau. Bagi anda yang berminat untuk membeli jambu kami silahkan hub : MASYKURI 081807950905 lokasi perkebunan kami ada di wilayah kota bogor. Trims ….


  12. Saya dari samarinda kalimantan timur,saya ingin mengetahui berapa harganya jika dikirim ke kota saya,mohon untuk dikirim ke email saya .regards zulkifli


  13. Dengan Hormat,

    saya wayan surawan dari bali. saya sangat tertarik untuk mengembangkan tanaman jambu merah bagai mana caranya dan cocok ngga untuk di bali?

    salam

    surawan


    • dimanapun jambu biji merah bisa tumbuh. untuk budi daya di bali silahkan hubungi bpk made mangku di no hp 081338130387. bpk made mangku ini adalah salah seorang staf ahli penyelamatan lingkungan hidup prop. bali dan telah mengembalikan potensi jeruk bonyoh kec. kintamani yang hampir punah akibat. jeruk bonyoh saat ini adalah jeruk organik yang telah dipupuk dengan pupuk organik cair lengkap super biuota plus.


  14. saya jacky mau tanya,saya ada di kota banda aceh,saya butuh banyak jambu merah. bgmn caranya utk bs sy membelinya ya?? dan brp hrg per kilo nya? jumlah yg sy perlukan 30-50kg/hari. tlg email saya atau hub ke 081806142339 thx u


    • Saya bisa kirim ke Banda Aceh, ke kota anda dengan harga Rp. 10.000/Kg belum termasuk ongkos kirim. Hub saya 08192022850 Trims


  15. berapa modal yang dibutuhkan untuk menanam jambu merah dalam lahan 1H? tolong dikirim ke email saya makasih adeperkasamtr@yahoo.com


  16. saya skrg ini sedang budidaya pohon jambu merah nanti’y klo sudah menghasilkan buah saya ingin ada yg berminat membeli jambu’y,untuk itu mohon kerjasama’y dan tlg hub 031-8975254 Bp H.muhammadun,terima kasih


  17. Saya menekuni budidaya pohon jambu merah dari tahun 2002 sampai sekarang, lokasi di parung, jika rekan berminat dan membeli dgn jumlah yang banyak, Insya Allah kami bisa membantu, contant person didit esia : 021-99467953, 087884977789, 081317902028,
    saya berharap kerjasama ini bisa terjalin dengan baik, saya ucapkan terima kasih.

    wassalm

    didit


  18. Wah jadi pengen usaha jambu merah, kelihatannya akan menggeliat


    • Ass, klo rekan-rekan berminat bisa menghubungi saya mulai dari bibit dan buah jambu merah, Insya Allah saya siap membantu yang ingin membudidaya jambu merah


  19. Ass wr wb klo bapak atau rekan-reka berminat bisa menghubungin saya, mulai dari bibit dan buah jambu merah, insya Allah saya siap membantu rekan-rekan yang ingin membudidaya jambu merah…

    Wasalam
    Didit
    021-99467953
    0251-9437511


  20. tolong di informasikan harga perkilonya plus berapa biaya kirimnya , saya ada di kota tarakan kaltim


  21. saya baru lulus kuliah ni, malah disuruh ngelola tanaman jambu.. mohon bimbingannya..


  22. aduh dulur urang ti kidul teupi ka kitu nya make kudu teu kabeuli beas sagala pan loba anu beunghar urang cianjur teh cik atuh sumbang tah dulur dulur teh


  23. jambu batu dari mulai tanam sampai produksi berapa lama ya pake cangkok


  24. berapa harga jambu merah sekarang dari petani ,,ada yang mau beli tlan ke 081931101107


  25. yang yang berminat membeli janbu merah dalam jumlah besar bisa hubungi :jayadi hp.081931101107..domisisli d Telaga kahuripan parung


  26. saya lg menanam jambu mohon petunjuk cara perawatan yang baik


  27. Saya butuh bibit jambu merah dengan kualitas unggulan,mohon informasi lokasi penjualan bibit jambu merah dan berapa harga per pohonnya??


  28. kok ga ada analisa bisnisnya ya?


  29. yang berminat membeli jambu merah di kawasan Sumatera Utara bisa hub saya 08192022850


  30. saya jual CD cara berkebun buah jambu merah yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih


  31. Saya sangat tertarik dengan usaha budidaya jambu biji merah tapi saya belum tahu dimana untuk mendapatkan bibitnya dan berapa harga per pohonnya??
    Apabila telah berproduksi ada tidak yang mau menampung hasil produksi tersebut??
    Dan berapa harga per kilogramnya??
    Untuk yang mempunyai pengalaman mohon bisa berbagi ilmunya…

    Terima kasih

    regards,
    Gjr



Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

