h1

Honor Guru Bantu Cianjur Tertunda

December 30, 2005

Sedikitnya 1.100 Guru Bantu Sekolah (GBS) SD, SMP, dan SMA angkatan pertama tahun 2002 di Kabupaten Cianjur, dalam dua bulan terakhir belum menerima honor dari pemerintah pusat. Upaya mereka untuk mencari jawaban ke dinas terkait dan kantor pos tempat yang selama ini menjadi tempat mengambil honor tidak membuahkan hasil, karena disana pun mereka tidak mendapat jawaban yang jelas.

“Entah mengapa sudah dua bulan ini kami belum menerima honor tersebut. Kami tidak tahu harus ke mana mengadu,” keluh Dewi Anggraeni, salah seorang GBS SD di daerah Cilaku yang dihubungi, Jumat (29/4).

Selama ini menurut Dewi, para GBS seperti dirinya menerima honor melalui Kantor Pos Cianjur, dan besarnya honor yang mereka terima setiap bulan adalah Rp 460.000,00. Padahal, honor tersebut bagi para GBS sangat berarti dan dibutuhkan untuk menutupi biaya hidup sehari-hari. Apalagi banyak GBS yang saat ini ditempatkan di daerah terpencil.

Kepala Kantor Pos Cabang Cianjur, Dadang Budi Ganjaran yang dihubungi melalui pesawat telepon membenarkan bahwa para guru GBS angkatan pertama sudah dua bulan belum menerima honor, dan keterlambatan ini disebabkan pihak Kantor Pos belum menerima kiriman dari Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Barat melalui Kantor Pos Besar Bandung.

“Kami sendiri tidak tahu apa alasannya ada keterlambatan sampai dengan dua bulan, yang pasti sampai saat ini kami belum menerima kiriman dari pusat, dan tugas kami hanya menyalurkan kepada para GBS,” kata Dadang.

Menurut keterangan Iis, salah seorang staf Bagian Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, keterlambatan pembayaran honor untuk para GBS diberlakukan sesuai dengan edaran pemerintah pusat. Iis menjelaskan, untuk sementara pembayaran honor dihentikan karena banyak GBS yang mengikuti testing calon PNS (Pegawai Negeri Sipil).

“Jadi, untuk sementara pembayaran honor dihentikan dulu, menunggu hasil pendataan ulang. Setelah dilakukan pendataan ulang, honor untuk para GBS akan disalurkan kembali,” tegasnya. (A-104/D-17)***
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: