h1

Wisata Bogor

March 1, 2006

kebon-raya-bogor3.jpgKebun Raya Bogor seluas 111 Ha yang didirikan pada tahun 1817 dengan koleksi tanaman sekitar 20.000 jenis merupakan kebun raya yang terkenal di dunia. Di dalam areal Kebun Raya ini terdapat Istana Bogor yang berarsitektur unik. Selain Kebun Raya Bogor dengan kekhasannya istananya itu, di wilayah Bogor terdapat banyak tempat wisata lain yaitu prasasti Batutulis, Danau Lido, Taman Safari dan Telaga Warna di kawasan Puncak, air panas Ciseeng atau kerimbunan Gunung Salak. Termasuk ke dalam wilayah wisata Bogor adalah Kebun Raya Cibodas, Cagar Alam Gunung Gede, Gunung Padang, Istana Cipanas yang terletak di Jalan Raya Cipanas-Cianjur. Kini obyek wisata di wilayah Bogor bertambah dengan dibukanya Taman Buah Mekarsari-Cileungsi dan Taman Bunga Nusantara.
Kota Bogor dikenal pula dengan asinannya, tales serta kerajinan dari tanduk sedangkan Cianjur terkenal dengan industri manisan.
KOTA BOGOR
Kotamadya Bogor yang dikenal sebagai “Kota Hujan”, luasnya meliputi 21,56 km2 dan terletak 60 km dari kota Jakarta. Kotamadya Bogor dikelilingi oleh Gunung salak, Pangrango dan gede, dan terletak pada 106o48’ Bujur Timur dan 60o39’ Lintang Selatan, dengan ketinggian minimumnya 190 m dan maksimum 330 m di atas permukaan laut.
Kelembaban udara kurang lebih 40% dengan suhu rata-rata 26o C dan curah hujan rat-rata 3.500 mm hingga 4.000 mm pertahun. Kotamadya Bogor dapat ditempuh dari Jakarta melalui jalan bebas hambatan Jagorawi dalam waktu 30 menit, atau dengan Kereta Listrik Jabotabek yang berangkat setiap 6 menit baik dari Jakarta maupun Bogor. Sedangkan dari Bandung, kota Bogor dapat dicapai dengan kendaraan beroda empat dalam waktu kurang lebih 3 jam.
Kesenian yang ada yaitu wayang golek, gamelan degung, cianjuran, Calung, Kendang Pencak, Jenaka Sunda dan lain-lain. Cendera mata yang dapat diperoleh yaitu barang-barang kerajinan yang terbuat dari tanduk, kenari, rotan, perak, bambu dan wayang golek.
Buah-buah dari daerah ini seperti nenas, talas, pisang dan lain-lain.Dapat diperoleh di pasar ataupun di kios penjaja di sepanjang jalan ke luar kota Bogor menuju ke Cipanas.

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA

Istana Bogor
rusa-istana-bogor.jpg Didirikan ole Gubernur Jendral Belanda, Baron Gustaaf willem Van Imhoff, 1745, sebagai tempat peristirahatan di akhir minggu dan di hari libur, dan diberi nama Buitenzorg. Kemudian dipakai sebagai kediaman resmi para gubernur jendral dan pejabat pemerintahan Hindia-Belanda sejak 1870 hingga 1942. Kini menjadi salah satu Istana Presiden Republik Indonesia. Istana yang luasnya 24 hektar ini pernah menjadi tempat diselenggarakannya Konfrensi Lima Negara (India, Pakistan, birma, Ceylon dan Indonesia) pada tahun 1954, APEC tahun 1994. Di dalamnya tersimpan sekitsr 219 karya pelukis ternama dan 136 patung/keramik. Untuk masuk ke dalam Istana ini harus ada inji khusus dari Kepala Rumah Tangga Kepresidenan Bogor.
Kebun Raya Bogor
kebon-raya-bogor1.jpg Kebun seluas 111 hektar ini didirikan pada tahu 1817 dan terletak disebelah Istana Bogor. Pendirinya adlah Prof. Dr. CG Reinwardt, ahli botani Belanda. Di taman ini terdapat kira-kira 20.0000 jenis tanaman, yang terdiri dari berbagai macam tanaman dari dalam maupun luar negeri, termasuk Anggrek dan Kaktus. Kebun ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, labolatorium dan museum zoologi, dan merupakan salah satu pusat penyelidikan ilmiah terkenal di dunia dan sering dikunjungi oleh ahli botani dari luar negeri. Di dalam kebun ini terdapat bunga raksasa atau bunga bangkai (amorphophalus Titanum Beccari), yang ditanam pada tahun 1912 sebanyak 11 pohon, berasal dari hutan Sumatera, dan ditemuka oleh ahli botani dari Itali, bernama Beccari. Bunga ini mempunyai garis tengah 54 cm dan tingginya 2,5 meter, dan berwarna ungu dan kuning. Kebun ini juga berfungsi sebagai tempat pariwisata dan rekreasi terutama banyak dikunjungi pada hari-hari besar dan libur. Di halaman kebun ini juga terdapat makam istri Thomas Stamford Raffles, Letnan Gubernur Jendral Inggris di Pulau Jawa yang bertugas dari tahun 1811 hingga 1816, dan pernah tinggal di Istana Bogor.

Museum Zoologi
Museum yang terletak di dalam lingkungan Kebun Raya bogor ini didirikan pada tahun 1984 oleh Dr. J.G. Koningsberger. Di sini terdapat berbagai koleksi binatang-binatang yang sudah diawetkan, meliputi puluhan ribu species mamalia, serangga, reptilia, burung, ikan, keong, kerang, dll. Terdapat juga hewan jenis purba dan satwa langka.

Herbarium Bogoriense
Terletak di Jalan Ir. H. Juanda, di sebelah Barat Kebun Raya Bogor. Di dalamnya tersimpan dan dipamerkan berbagai jenis daun dan buah yang telah dikeringkan, berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Pustaka Bogor
Didirikan pada tahun 1842 di dalam lingkungan Kebun Raya Bogor oleh ahli botani Belanda, Dr. J. Pierot. Koleksinya sekitar 300.00 jilid buku, 2.000 judul majalah ilmiah dan lebih dari 100.000 barang cetakan lainnya. Koleksinya meliputi buku-buku ilmu pengetahuan alam murni dan praktis, dengan mengutamakan biologi, yang diperoleh dari hasil pertukaran dengan lembaga-lembaga ilmiah dan ahli-ahli botani dan biologi di seluruh dunia. Koleksi perpustakaan ini paling baik dan lengkap di Asia Tenggara.

Batu Tulis
Merupakan prassati peniggalan jaman Kerajaan Padjadjaran yang ditulis dalam bahasa Jawa kuno yang isinya menyebutkan raja Pakuan Padjadjaran yang bernama Prabu Purana dinobatkan kembali dengan nama Sri Paduka Maharaja Ratu Haji dalam tahun yang tidak jelas karena ada huruf yang kosong, sehingga ada berbagai macam penafsuran Prasasti ini disimpan di tepi jalan raya Batutulis, Bogor, sekitar 2 km dari pusat kota.

KABUPATEN BOGOR

Kabupaten Bogor terletak berbatasan di wilayah Utara dengan DKI Jakarta, Kabupaten Bekasi dan Tanggerang, di wilayah Selatan dengan dengan kabupaten Sukabumi dan Cianjur, di wilayah Timur dengan Kabupaten Karawang dan di wilayah Barat dengan Kabupaten Lebak.

Kabupaten Bogor mencangkup luas 332.635 hektar yang dipergunakan untuk pemukiman, pertanian dan perhutanan, terletak pada kordinat 106o21’-107o31’ Bujur Timur dan 6o19’-6o47’ Lintang Selatan, dengan ketinggian mulai 50 meter hingga 3.000 meter di atas permukaan laut.
Kabupaten Bogor dapat ditempuh dari Jakarta melalui jalan bebas hambatan Jagorawi dalam waktu 30 menit. Sedangkan dari Bandung, Kabupaten Bogor dapat ditempuh dengan kendaraan beroda empat dalam waktu kurang dari 3 jam.
Kelembapan udara kurang lebih 40% dengan suhu rata-rata 26o C dan curah hujan rata-rata 3.500 mm hingga 4.00 mm per tahun.

OBYEK DAN TARIK WISATA

Taman Safari
taman-safari.jpg Di Taman Safari Indonesia, marga satwa akan hidup bebas didalam lingkungan yang mendekati habitat alaminya. Disini kita dapat menyaksikan secara akrab seluruh tingkah laku satwa liar dan jinak yang jumlahnya tidak kurang dari 400 ekor, diantaranya terdapat Lion, Tiger, Cheetah, American Black Cear, Brown Bear, Zebra American, Bison, Watussi, Lamma, African Elephant dan banyak lagi binatang langka yang dapat kita saksikan.
Kelebihan yang dimiliki taman margasatwa ini dibandingkan dengan taman margasatwa lainnya di Indonesia adalah kita dapat langsung melihat satwa liar dari dalam kendaraan yang kita tumpangi, dilengkapi juga dengan tempat rekreasi dengan fasilitas yang menarik.

Air Panas Ciseeng
talaga_warna_.jpg Terletak di kecamatan Parung, 26 km dari kota Bogor, dapat dicapai oleh semua jenis kendaraan. Kita dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit dengan kendaraan Bogor-Parung-Ciseeng.
Sebuah gunung kapur ditengah-tengah persawahan yang mengeluarkan air panas dengan kadar belerang yang sangat tinggi dimana dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.
Para pengunjung dapat naik ke atas pegunungan untuk melihat pemandangan alam sekitarnya dan dari jauh pegunungan terlihat seperti salju serta daerah sekitar tersebut dapat dimanfaatkan sebagai daerah perkemahan.

Batu Tulis Ciarutuen
Batu Prasati dari jaman raja Purnawaman yang memerintah kerajaan Tarumanegara pada abad ke-5 masehi, terletak di tepi sungai Ciaruteun, desa Ciampea, 9 km dari Bogor. Prasasti ini ditulis dengan huruf Palawa berbahasa Sansekerta. Perjalanan ke lokasi harus ditempuh dengan berjalan sejauh 2 km.

Lido
Lido adalah salah satu tempat di Jawa Barat yang sangat terkenal dengan kecantikan alamnya. Danau alami yang membentang, dikelilingi aneka pepohonan dan areal karet yang menjadikan Lido sebagai tempat rekreasi yang mengesankan, letaknya di desa Cigombong/Wates Jaya, pada km 21 jalan raya Ciawi-Sukabumi dimana hanya dengan menghabiskan waktu 15 menit. Di Lido kita dapat menikmati keindahan danau, bersampan, memancing ikan, renang, berkemah, billiard, kedai souvenir, dll.

Bogor-Cipanas
Tedapat berbagai obyek wisata yang ramai dikunjungi di daerah Ciawi, Cipayung, Cisarua, Cipanas dan Puncak. Daerah yang mempunyai fasilitas relreasi, hotel, villa, restoran, kolam renang, tempat berkemah, dll. Juga dapat dipergunakan pengunjung sebagai tempat konfrensi/seminar dan olah raga (gantole/hang gliding).

Telaga Warna
Terletak di daerah Puncak dan merupakan tempat rekreasi. Warna ditelaga ini senantiasa berubah, kadang-kadang merah, kuning atau hijau.
Kawasan Pariwisata Gunung Salak Endah
Terletak di Kampung Lokapurna, Desa Gunung Sari, Kecamatan Cibungbulang. Pemandangan dan keindahan alam seperti air terjun, sumber air panas, kawah ratu dan telaga serta kesejukan alam pegunungan dapat dinimkmati. Fasilitas yang tersedia yaitu bungalow dan kolam renang air panas.

 Tag : Wisata Bosgor – Kebon Raya Bogor  – Kota Bogor – Kota Hujan – Kebon raya Bogor

15 comments

  1. untuk masuk ke telaga warna, harga ticket masuk per orang berapa?thank 4 info


  2. hello….bogor,i love bogor , i always miss bogor, i remember 12 tahun yang lalu i always go to bogor, liburan di bogor. what i know bogor is the city of rain, beautyfull. bagai mana salak dan rambutan nya sudah musim nya belum?….


  3. air panas ciseeng tix msukna brp???
    jauh ga ya dr kota bogorna??
    indah ga pemandanganna???
    reply yee
    thanx b’4


  4. air panas ciseeng tix msukna brp??? = 7.500
    jauh ga ya dr kota bogorna?? =
    Terletak di kecamatan Parung, 26 km dari kota Bogor

    DEkat Kan?


  5. punya nggak peta wisata bogor, butuh banget nih


  6. Assalamu alaikum wr wb,
    mau dong jalan2 ke tempat wisata di kota Bogor,
    tp ga tau jalan nih… hehehe..
    ada yg mau jd guide gak?


  7. wuih… bogor emang subhanallah menakjubkan…

    kalo untuk camping 1 keluarga, kira2 lokasi yg pas dan memadai MCK nya dimana ya mbak?
    mau liburan lebaran rencananya…

    tks infonya


  8. tolong dibantu utk refrensi penginapan di kota Bogor dg kisaran harga 125-150rb per malam.
    thxs b4,reply as soon as posible


  9. tolong bapak/ibu yang berkaitan dengan dinas tata kota bogor, ditampilkan/kirimkan peta wisata bogor dan pembagian wilayah kota bogor.


  10. mb uang baik, air panas ciseeng masih wilayah gunung kapur ataw bukan….? ataw deket pesantren al-muhklisin ciseeng bukan….? bls cepet yach… dan ifo tentang wisata di bogor lainnya, plus biaya dan petanya yach…. makacih…


  11. peta kota cianjur sedetail-detailnya


  12. Tolong dibantu informasi tentang luas kodya bogor (termasuk seluruh kabupatennya) dan perincian kabupaten & desa/kelurahan di bawah kodya bogor.Terima kasih ya…


  13. Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 54 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Luasnya 21,56 km², dan jumlah penduduknya 834.000 jiwa (2003). Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 68 kelurahan. Pada masa kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit’n-zôrkh”, bœit’-) yang berarti “tanpa kecemasan” atau “aman tenteram”.

    Hari jadi Kabupaten Bogor dan Kota Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni, karena tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.

    Bogor (berarti “enau”) telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai-balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.


    • Provinsi Jawa Barat
      Ibu kota {{{ibukota}}}
      Luas 118,5 km² (11.850 ha)
      Penduduk
      · Jumlah 834.000 (2003)
      · Kepadatan 38.661 jiwa/km²
      Pembagian administratif
      · Kecamatan 6
      · Desa/kelurahan 68
      Dasar hukum –
      Tanggal –
      Hari jadi {{{hari jadi}}}
      Walikota Diani Budiarto
      Kode area telepon 0251
      APBD {{{apbd}}}
      DAU Rp. –


      • Kabupaten Bogor, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Cibinong. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang (Banten), Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi di utara; Kabupaten Karawang di timur, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi di selatan, serta Kabupaten Lebak (Banten) di barat. Kabupaten Bogor terdiri atas 40 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Cibinong.

        Kabupaten Bogor secara garis besar terdiri atas tiga wilayah dan 40 kecamatan. Kecamatan-kecamatan tersebut dibagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten Bogor terletak di Kecamatan Bogor, yang berada di sebelah utara Kota Bogor.

        Adapun Daftar Wilayah dan Kecamatan di Kabupaten Bogor adalah:

        1. Wilayah Timur:
        1. Kecamatan Gunung Putri
        2. Kecamatan Cileungsi
        3. Kecamatan Klapanunggal
        4. Kecamatan Jonggol
        5. Kecamatan Sukamakmur
        6. Kecamatan Cariu
        7. Kecamatan Tanjungsari
        2. Wilayah Tengah:
        1. Kecamatan Gunung Sindur
        2. Kecamatan Parung
        3. Kecamatan Ciseeng
        4. Kecamatan Kemang
        5. Kecamatan Rancabungur
        6. Kecamatan Bojonggede
        7. Kecamatan Tajur Halang
        8. Kecamatan Cibinong
        9. Kecamatan Sukaraja
        10. Kecamatan Dramaga
        11. Kecamatan Cijeruk
        12. Kecamatan Cigombong
        13. Kecamatan Caringin
        14. Kecamatan Ciawi
        15. Kecamatan Megamendung
        16. Kecamatan Cisarua
        17. Kecamatan Citeureup
        18. Kecamatan Babakan Madang
        19. Kecamatan Ciomas
        20. Kecamatan Tamansari
        3. Wilayah Barat:
        1. Kecamatan Jasinga
        2. Kecamatan Parung Panjang
        3. Kecamatan Tenjo
        4. Kecamatan Cigudeg
        5. Kecamatan Sukajaya
        6. Kecamatan Nanggung
        7. Kecamatan Leuwiliang
        8. Kecamatan Leuwisadeng
        9. Kecamatan Cibungbulang
        10. Kecamatan Ciampea
        11. Kecamatan Pamijahan
        12. Kecamatan Rumpin
        13. Kecamatan Tenjolaya

        Wilayah Timur Kabupaten Bogor merupakan kawasan favorit pengembangan wilayah pemukiman Jakarta saat ini. Alasan utama hal tersebut adalah karena telah dibukanya jalur jalan baru dari Cibubur menuju Bandung melewati Gunung Putri dan Cileungsi. Jalur ini belum memiliki nama resmi, sedangkan nama yang secara umum digunakan masyarakat adalah Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi.

        Sejak dibukanya Jalan Alternatif tersebut, kompleks pemukiman modern dengan skala besar segera bermunculan sehingga harga tanah di kawasan ini menjadi salah satu yang termahal di Bodetabek. Kemunculan kompleks-kompleks pemukiman ini menyebabkan sangat banyak penduduk Kabupaten Bogor yang memiliki pekerjaan di Jakarta. Salah satu penduduk tersebut adalah Presiden ke enam Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia tinggal di Desa Cikeas, Kecamatan Gunung Putri dan bekerja di Istana Merdeka

        Bagian utara Kabupaten Bogor merupakan dataran rendah (lembah Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane, sedang bagian selatan berupa pegunungan, dengan puncaknya: Gunung Halimun (1.764 m), Gunung Salak (2.211 m), dan Gunung Gede Pangrango (3.018 m) yang merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: