h1

Wisata Cianjur

March 3, 2006

KABUPATEN CIANJUR
logo-cianjur.jpgSecara geografis, Kabupaten D.T. II Cianjur terletak 106o42’-107o25’ Bujur Timur dan 6o21’-7o32’ Lintang Selatan. Kabupaten Cianjur ini di sebelah Utar berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta, di sebelah Timur dengan Kabupaten Garut dan Bandung dan di sebelah Selatan dibatasi Samudera Indonesia. Jarak tempuh dari Jakarta ke Cianjur sekitar 120 km, dan dapat ditempuh baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dalam hal makanan Cianjur terkenal dengan tauconya (makanan yang terbuat dari kacang kedelai), pepes ikan mas serta manisan dan buah-buahan dan sayuran. Sepanjang jalan raya daerah ini banyak sekali restoran-restoran dengan sajian berbagai jenis masakan Cina, Sea-food, Eropa dan Daerah.

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA

cibodas2.jpgKebun Raya Cibodas
Terletak di Desa Cimacan, yang jaraknya dari Bandung kira-kira 85 km, sedang dari Cianjur sekitar 23 km. Berlokasi disekitar lereng Gunung Gede pada ketinggian 1.500 m. Udaranya sejuk dengan suhu rata-rata 21o C dan luas seluruhnya 83 hektar. Kebun raya cibodas ini dibangun pada tahun1862 dan merupakan bagian dari kebun raya Bogor. Disini terdapat berbagai macam tumbuhan-tumbuhan dari berbagai negara di seluruh dunia. Di tempat ini terdapat pula area parkir yang cukup luas, kios-kios makanan dan tempat menjual tanaman hias.

Cagar Alam Gunung Gede

Berdampingan dengan kebun raya terletak Cagar Alam Gunung Gede, Gunung Gede ini merupakan satu rangkaian acara kunjungan remaja pecinta alam, dengan puncaknya setinggi 2.928 m, di Puncak Gunung Gede ini terdapat kawah yang menarik serta padang rumput/tegalan yang ditumbuhi bunga abadi/Edelweis yang merupakan daya tarik bagi pengunjung. Puncak yang lain adalah gunung Pangrango (3.019 m), Mandalawangi (3.002 m), Sukaratu (2.836 m), Gunung Gemuruh (2.928 m) kerap dikunjungi para pendaki gunung. Pada Cagar Alam Gunung Gede ini terdapat curug cibeureum, gua kelelawar dan sumber air panas. Dipintu masuk ke Cagar Alam terdapat kantor penerangan “Wisma Cinta Alam”.

Istana Cipanas
istana-cipanas.jpgTerletak sekitar 17 km dari kota cianjur. Jaman dulu tempat yang terletak di kaki Gunung Gede ini berjarak 24 pal dari Buitenzorg (Bogor), dan jarak dari Batavia (Jakarata) ke Buitenzorg saja ditempuh dengan kereta kuda dalam waktu setengah hari, apalagi ke Cipanas yang letaknya lebih jauh. Tapi sekarang Istana Cipanas dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu kira-kira 2 jamdari Jakarta, dan waktu yang sama dari Bandung. Istana ini pernah digunakan Bung Karno sebagai tempat mencari ilham untuk menyusun pidato-pidato kenegaraan yang disampaikan setiap tanggal 17 Agustus. Istana ini walaupun jarang dipakai tetap terpelihara dengan baik, dan dapat dikunjungi umum dengan perijinan khusus. Di Istana terkumpul kurang lebih 300 buah lukisan indah hasil karya pelukis-pelukis Indonesia.

Tag : wisata cianjur – pariwisata cianjur – tempat wisata cianjur 

3 comments

  1. cianjur indah bersih kota cianjur,is my cianjur.


  2. saya lagikangen pada kampung halamanku, cinajur. kapan aku bisa pulang menikmati indahsejuk alam cianjurku?

    apakabar kampung nan asri? aku selalu mendambakan pertemuan denganmu. tuhan biarkan suatu haru nanti aku kembali menapaki tatar marhamah itu. di sana ada ibu. orang tuaku. bapakku dan saudara-saudara yang aku cintai.

    padamu yang ada di sana,
    sunggguh,
    kuingin kembali pulang;
    tuk menyapamu
    karena ku yakin di sini
    ada setangkup rindu yang utuh
    seperti dulu…

    —————

    ya Allah,
    izinkan kuhirup nafasku
    dalam tenang damai
    kampung halaman
    cianjur…ku titip salam

    dari sudut sunyi
    rantauku…


  3. dear,
    setiapkali kakiku turun dari pintu bis yang ku tumpangi, acapkali ada desir-desir indah dalam jiwaku. entah mengapa setiap kaki ini menapakkembali di tanah lahir ini, seakan membawaku kembali membuka album kenangan yang sekian lama ku simpan. mungkin sudah usang, berdebu. namun aku tak jemu. tak kupedulikan semua itu. karena di sinilah ku temukan jiwaku.

    dear,
    bagaimana bila engkau kembali pada pangkuan sang ibu yang sekian lama dirindukan? barangkali hanya kalimat itulah yang pantas mewakali perasaanku setiap kembali ke kota ini, cianjur.

    dear,
    karena apa aku begitu bangga dengan kampung lahir ini? tidak karena apa-apa selain karena nafasku tak bsa jauh darinya. di sini ada ibuku, bapak kedua kakakku. kemanapun kaki ini melangkah; pastikan aku kembali pada tanah lahir ini…

    dear,
    aku sedang kangen pada kampungku ini. ingin rasanya aku segera keluar kelas. mengambil tas atau mengatakannya pada dosenku; bahwa aku ingin pulang. meski alasannya sedikit aneh, ‘KANGEN’. ah, takan ku hiraukan cibiran teman-temanku. karena mereka tidak akan merasa apa yang sesungguhnya aku rasakan. di jakarta apa mereka pernah merasakan ‘cinta’?

    salam buat ibuku, bapak, dankedua kakakku di Agrabinta- Cianjur selatan.

    Takzim buah hati kalian,
    di kamar rantau
    Jakarta Timur.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: