h1

Optimalkah Dekranasda Cianjur?

March 9, 2006

deskranada-cianjur.jpg|Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Cianjur diresmikan|

“Produk kerajinan yang bernuansa seni budaya apabila dibuat secara apik dengan sentuhan desain yang menarik serta penggunaan teknologi tepat guna, sangat produktif untuk dipasarkan, karena selain memiliki keanekaragaman corak dan motif juga didukung kekayaan alam sebagai bahan baku dan sumber daya manusia yang memadai”.

Hal tersebut dikemukakan bupati Cianjur Ir.H.Wasidi Swastomo M.Si, ketika meresmikan penggunaan gedung Dekranasda kabupaten Cianjur, Selasa (7/2) di Palalangon Cugenang Cianjur.

kerajinan_cianjur.jpgMenurut Bupati, untuk lebih mengoptimalkan peran dan fungsi Dekranasda perlu dilakukan upaya nyata dari seluruh komponen pengurus dan anggota dalam kerangka terwujudnya industri kerajinan yang mampu mengangkat citra kabupaten Cianjur sebagai daerah perajin yang handal.

Oleh karena itu, Bupati mengajak kepada semua pengrajin untuk memanfaatkan gedung dekranasda ini dengan sebaik-baiknya, agar hasil kerajinan dan produk lainnya lebih dikenal dan di cintai oleh para konsumen, baik para wisatawan maupun para tamu lainnya yang berkunjung ke Kabupaten Cianjur.

Sementara ketua Dekranasda Kabupaten Cianjur Ny.Hj.Ir.Indarti Wasidi dalam sambutannya mengatakan:”Gedung ini selain dijadikan pusat hasil kerajinan yang merupakan khas Cianjur, juga akan dijadikan pusat produk lainnya yang juga merupakan ciri khas Cianjur, disamping akan dijadikan pusat informasi pariwisata, keberadaan gedung yang berada dilintasan jalur utama ibu kota propinsi dan ibu kota negara ini sangat tepat, karena para wisatawan ataupun tamu lainnya baik yang menuju objek wisata Cipanas puncak, maupun yang menuju ibu kota propinsi diharapkan akan dapat singgah di Kabupaten Cianjur, untuk menikmati panorama yang indah dan alami yang sekaligus pula melihat hasil kerajinan khas Cianjur”.

Dengan melihat hasil kerajinan beserta objek-objek wisata itulah, diharapkan para wisatawan akan tertarik untuk membeli oleh-oleh atau cindera mata khas Cianjur, yang sekaligus pula dapat mengunjungi objek-objek wisata baik wisata alam, wisata budaya maupun objek wisata lainnya.

Sementara itu kepala dinas cipta karya kabupaten cianjur Drs. H. Burdah Atori melaporkan, gedung Dekranasda ini dibangun dalam tiga tahap meliputi tiga tahun anggaran, yaitu tahun 2004 yang berasal dari bantuan propinsi sebesar rp.500.000.000,-, tahun 2005 dan 2006 yang berasal dari APBD TK.II Cianjur. Jadi jumlah keseluruhan kegiatan ini mulai dari tahun anggaran 2004,2005 dan 2006 adalah sebasar 1.774.624.000,-.

One comment

  1. Yth. Admin
    Your Blog its very nice. Tolong komentari Blog saya di http://www.lukisankacacirebon.wordpress.com
    Thanks
    Halimi,SE



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: