h1

Tag : Waktu Luang

February 5, 2007

Dari Hasil Brosing dengan Kunci “waktu Luang” urutan pertaman adalah http://waktuluang.com. Dalam web site http://waktuluang.com ini kita diajak untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal bermanfaat.
Misalnya di waktu luang kita di depan internet bisa dimanfaatkan untuk hal-hal dapat menghasilkan seperti yang ada di waktu luang dot com http://waktuluang.com.
Selepas kerja, begitu banyak waktu luang…

Pagi, Siang, Sore, Malam…

Tak peduli kapan Anda punya waktu. Hari ini atau besok. Kapan saja dan di mana saja Anda bisa mengakses situs ini, Anda berpeluang mendapat uang gratis di WaktuLuang.com Untuk itulah WaktuLuang.com hadir.

Untuk Urutan Kedua adalalah Mengenai Hiburan di waktu luang – Apa yang dapat Anda lakukan saat waktu luang. Dasaat waktu luang kita diajak untuk berkeliling dan melihat-lihat keindahan alam. Di waktu luang kita diajak untuk bertamasya sambil menghilangkan kejenuhan yang selama ini hampir tidak pernah ada waktu luang lagi.

Yang ketiga ada di mail akti mengenai waktu luang :
salam Kenal,
Maaf menggangu..
Saya ingin berbagi informasi, siapa tahu Anda mempunyai impian yang sama.
Anda hanya meluangkan waktu 2 jam per hari, penghasilan cepat atau lambat akan
Anda peroleh.
Yang pasti Anda harus benar-benar melaksanakannya…
Selamat Mencoba…. oleh : http://myincome.cjb.net
Di dalam mail aktif mengenai waktu luang kita benar-benar diajak berbinis guna mengisi waktu luang anda. Mungkin kalau sudah berbisnis di depan net, kita tidak akan lagi waktu luang apalagi waktu terbuang.

Yang keempat yang menyerukan guna mengisi waktu luang adalah http://swarakyat.wordpress.com dengan tag berita waktu luang :
Tak peduli kapan Anda punya waktu. Hari ini atau besok. Kapan saja dan di mana saja Anda bisa mengakses situs ini, Anda berpeluang mendapat uang gratis di WaktuLuang.com

Dunia internet membuka begitu banyak peluang untuk memperoleh sekedar penghasilan tambahan. Namun, bagi kebanyakan orang, peluang itu sering tidak terlihat. Bahkan lebih banyak lagi yang tidak tahu bagaimana mencari uang gratis itu.

Untuk itulah WaktuLuang.com hadir.

Kami menjelajah internet dan mencari peluang-peluang yang ada. Semua peluang itu sekarang ada di Member Area.

Kalau yang Kelima dari Popsy.wordpress.com, ingin mengajak pembaca memahami waktu luang. Tentang pekerjaan kita yang menjenuhkan dan seakan-akan kita sudah tidak ada lagi waktu luang. Waktu luang untuk keluarga, waktu luang untuk saudara, bahkan tidak ada waktu luang untuk mengurus diri sendiri.
Ajakan dari popsy guna mengisi waktu luang dan pemahaman tentang waktu luang adalah sebagai berikut :
Apakah Anda merasa telah bekerja dengan keras setiap hari?

Anda merasa terjebak dalam rutinitas yang sama tiap hari, tanpa pernah berhenti?

Anda sudah lupa kapan terakhir kali bersenang-senang?

Apakah Anda merasa waktu anda tersita hanya untuk bekerja, dan hanya memiliki sedikit waktu luang?

Mulai saat ini Anda bisa memulai untuk meluangkan waktu anda.

Waktu Luang

Pengertian waktu luang seringkali diasosiasikan dengan tidak melakukan apa-apa dan juga bermalas-malasan, padahal tidak seperti itu. Sukadji (2000) melihat arti istilah waktu luang dari 3 dimensi. Dilihat dari dimensi waktu, waktu luang dilihat sebagai waktu yang tidak digunakan untuk “bekerja”; mencari nafkah, melaksanakan kewajiban, dan mempertahankan hidup. Dari segi cara pengisian, waktu luang adalah waktu yang dapat diisi dengan kegiatan pilihan sendiri atau waktu yang digunakan dan dimanfaatkan sesuka hati. Dari sisi fungsi, waktu luang adalah waktu yang dimanfaatkan sebagai sarana mengembangkan potensi, meningkatkan mutu pribadi, kegiatan terapeutik bagi yang mengalami gangguan emosi, sebagai selingan dan hiburan, sarana rekreasi, sebagai kompensasi pekerjaan yang kurang menyenangkan, atau sebagai kegiatan menghindari sesuatu.

Manfaat Mengisi Waktu Luang

Mengisi waktu luang ini tentu saja memiliki manfaat. Bagi Anda sendiri, manfaat mengisi waktu luang yaitu:

  • Bisa meningkatkan kesejahteraan jasmani,
  • Meningkatkan kesegaran mental dan emosional
  • Membuat kita mengenali kemampuan diri sendiri
  • Mendukung konsep diri serta harga diri
  • Sarana belajar dan pengembangan kemampuan
  • Pelampiasan ekspresi dan keseimbangan jasmani, mental, intelektual, spiritual, maupun estetika
  • Melakukan penghayatan terhadap apa yang Anda sukai tanpa tidak mempedulikan segi materi

Selain itu pengisian waktu luang juga berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan sosial, seperti:

  • Meningkatkan daya kerja sehingga memacu prestasi dan produktivitas
  • Menambah konsumsi, sehingga meningkatkan lapangan kerja
  • Mengurangi kriminalitas dan kenakalan
  • Meningkatkan kehidupan bermasyarakat

Menyediakan Waktu Luang

Bagaimana jika segudang kesibukan membuat anda merasa tidak memiliki waktu luang? Ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk memperpanjang waktu luang, pertama dengan mengurangi kebutuhan. Anda bisa mulai memilah, kebutuhan apa yang memang benar-benar dibutuhkan, lalu memilih kebutuhan yang terpenting menurut Anda. Sebagai contoh : bila Anda merasa membutuhkan waktu luang, anda bisa memilih untuk menunda kebutuhan anda mengejar promosi. Atau, Anda tidak perlu lembur, sehingga memiliki tambahan waktu luang.

Atau yang kedua, Anda mempercepat/efisiensi pemenuhan kebutuhan. Sebagai contoh, Anda bisa mempercepat waktu makan siang, mandi atau berdandan. Untuk efisiensi waktu, Anda bisa menggabungkan beberapa pemenuhan kebutuhan sekaligus. Anda bisa makan siang sambil berbincang dengan rekan kerja atau rekan bisnis. Selain itu, Anda juga bisa berolah raga bersama teman-teman kerja untuk memenuhi kebutuhan fisik serta sosial.

Pertimbangan Pengisian Waktu Luang

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan pengisian waktu luang, yaitu :

* Banyaknya waktu yang dapat Anda luangkan
* Keinginan keluarga, rekan, atau lingkungan kerja
* Biaya yang anda miliki
* Pengalaman mengisi waktu luang yang terdahulu
* Ketersediaan pilihan kegiatan
* Ketersediaan lahan
* Kemampuan Anda dalam melakukan kegiatan
* Kebutuhan pribadi Anda
* Nilai yang anda anut,
* Budaya tempat Anda akan melaksanakan kegiatan
* Sikap masyarakat tempat Anda berkegiatan

Kegiatan-kegiatan yang Bisa Dilakukan

Setelah anda memiliki waktu luang, Anda bisa mulai memilih kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa dilihat berdasarkan fungsinya sebagai (1) sarana relaksasi, (2) sarana hiburan atau rekreasi, dan (3) sarana pengembangan ketrampilan dan kemampuan pribadi.

Kegiatan relaksasi aktif semisal berkebun, membetulkan alat rumah tangga, memperbaiki sepeda motor. Kegiatan tersebut karena sifatnya produktif, cenderung meningkatkan ketrampilan dan harga diri. Anda juga bisa melakukan relaksasi pasif dengan cara menonton televisi, mendengarkan musik, dan membaca tulisan ringan. Namun terlalu banyak kegiatan relaksasi pasif bisa membuat kehilangan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif. Kegiatan rekreasi yang bisa Anda pilih antara lain : beristirahat, berolah raga, menggeluti hobi, membaca buku, hingga menjadi pendukung dari suatu tim sepakbola. Terakhir, Anda bisa mengisi waktu dengan kegiatan yang dapat mengembangkan diri anda, contohnya : mengikuti kursus musik, kelompok teater, kursus bahasa asing, melukis, mengarang, membuat sajak, memasak, menata musik, membuat patung. Kegiatan ini selain meningkatkan ketrampilan, juga menimbulkan perasaan kesuksesan telah membuat sesuatu.

Isilah Waktu Luang Anda

Di tengah-tengah kesibukan bekerja, Anda masih memiliki harapan bisa menikmati waktu luang. Mulailah untuk memberi diri anda waktu luang untuk istirahat dan melakukan kegiatan yang Anda butuhkan. Dengan begitu, manfaat dari mengisi waktu luang akan benar-benar Anda rasakan.

Selamat mengisi waktu luang Anda.

FA Triatmoko HS © 2007

(Catatan: Tulisan ini dibuat oleh Moko, anggota redaksi yang baru. Ia belum mendaftarkan diri dalam WordPress.com, sehingga untuk sementara ini tulisan-tulisannya akan dimuat dalam POPsy! Dengan perantaraan saya.)

Sumber Bacaan:

Sukadji, Soetarlinah. (2000). Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi

Sedangkan yang ada diurutan ke lima adalah passya.wordpress.com mengenai waktu luang pak guru. Setelah saya baca artikelnya passya waktu luang pak guru memang banyak. Makanya pak guru mengisi waktu luang dengan cara mengisi kegisi kegiatan-kegiatan ekstra sekolah.
Jadi tidak ada istilah waktu luang bagi guru. Bagaimana ada waktu luang.. biasanya selepas pulang mengajar biasanya guru ada kesibukan masing-masing untuk mengisi waktu luang, Waktu luang dipergunakan untuk hal-hal berbau kemasyarakatan.
Entah itu masalah ke RT-an atau masalah kemasyarakatan lainnya. jadi tidak ada istilah waktu luang bagi guru, Kutipan dari passya adalah sebagai berikut :
Oke, sampai disini cerita haru birunya. Tibalah pada poin mengapa tulisan ini saya awali dengan permohonan maaf buat para guru. Begini. Profesi yang memiliki waktu luang berlimpah menurut saya adalah……guru! Bagaimana tidak, paling mereka dalam seminggu hanya mengajar wajib 9-15 jam. Padahal seminggu tersedia 7hari x 24jam = 168jam dikurangi untuk tidur dan istirahat 7hari x (7jam + 2jam) = 63jam dikurangi waktu mengajar 15jam. Tersisa 90 jam, ngapain aja? Apa yang bisa dilakukan dengan 90jam? 22 kali Jakarta Bandung PP!
Bandingkan dengan buruh pabrik yang harus berkutat wajib 40 jam dengan pekerjaannya. Penghasilannya? Beda-beda tipis lah.

Jadi, bukannya saya tidak simpati dengan kesejahteraan guru. Bagi saya, kerja mereka memang terlalu santai !!! Dulu saya pernah komentar, jangan berharap sejahtera dari profesi guru yang jujur. Harus ada pendapatan sampingan untuk tabungan dan lain-lain. Jika hanya mengandalkan pendapatan murni sebagai seorang guru, pasti blunder kebobrokan pendidikan di Indonesia tidak akan ada habisnya. Pendidikan butuh guru yang profesional, guru butuh kesejahteraan yang berkualitas.

Yang Ke enam cara mengisi waktu luang dengan cara berdakwah >>>><<
baca disini : http://syariahpublications.com/2006/12/10/berdakwah-meluangkan-waktu-bekerja-di-waktu-luang/

Kalau Saya Dengan Tag ini untuk masalah Waktu Luang masuk dalam urutan nomor 9.

dengan judul Tag : waktu luang : http://rivafauziah.wordpress.com/2007/07/05/190/ di google untuk waktu luang saya masuk ke peluang : id.wordpress.com/tag/waktuluang

selamat memanfaatkan waktu luang anda..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: