h1

Program KTP Gratis Kabupaten Cianjur 2007

March 12, 2007

KARTU Tanda Penduduk atau KTP merupakan tanda identitas dan domisili yang sangat vital. Namun, kadang-kadang sebagian masyarakat kurang begitu memedulikan pentingnya memiliki KTP. Hal tersebut menjadi keprihatinan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Untuk meningkatkan jumlah warga ber-KTP, Pemkab Cianjur mencoba dengan menggulirkan program “KTP Gratis”. Program itu sudah digulirkan sejak beberapa bulan lalu. Namun pengguliran program tersebut baru sebatas tingkat manula di atas usia 60 tahun dan tingkat pemula di bawah 17 tahun.

Program itu, seperti diungkapkan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Cianjur, Rusli Hartono merupakan suatu bentuk kepedulian Pemkab Cianjur dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Menurut dia, tujuan program tersebut sebagai upaya untuk mendidik dan melindungi masyarakat.

“Terkadang ada sebagian masyarakat yang berasumsi bahwa memiliki KTP hanya sebagai formalitas. Padahal, pada kenyataannya, KTP itu sangat diperlukan sebagai salah satu syarat kebirokrasian,” jelas Rusli.

Diakui Rusli, anggaran pemkab yang masih terbatas menyebabkan tingkat pemula minimal berumur 17 tahun. “Ini sebagai bentuk penghargaan kepada para orang tua. Sedangkan untuk tingkat pemula, banyak di antara mereka yang belum mendapatkan pekerjaan dan pendapatan tetap,” terang dia.

Menurut Rusli, saat ini ada beberapa desa dan kelurahan di Cianjur yang telah melaksanakan program KTP gratis. Masyarakat sendiri, ungkap dia, sangat merespons adanya program itu. “Dari catatan kami, sudah banyak masyarakat yang telah mendapatkan KTP gratis. Bahkan, ada sebagian masyarakat yang telah mendaftarkan diri untuk membuat KTP gratis. Walaupun program ini masih dalam segmen terbatas,” ujar Rusli.

Ke depan, papar Rusli, bukan tidak mungkin program itu tersebut tidak hanya sebatas tingkat manula dan pemula, namun juga mencakup seluruh masyarakat keseluruhan. “Namun dengan catatan, anggaran mencukupi. Keinginan kita tahun 2010 nanti, program pembuatan KTP gratis ini bisa menjangkau masyarakat Cianjur secara keseluruhan,” ujar dia.

Ditambahkan, untuk lebih menyosialisasikan pentingnya memiliki KTP di kalangan masyarakat, pihaknya akan mengupayakan agar hal tersebut dapat dibuat peraturan daerah (perda)-nya. “Kita akan mengupayakan membuat suatu payung hukumnya. Hal ini dimaksudkan untuk mendidik dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mempunyai KTP,” paparna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: