h1

SEJARAH AYAM PELUNG

April 15, 2007

pelungcianjur.jpgAyam Pelung merupakan salah satu plasma nutfah ternak asli Indonesia. Dilaporkan oleh Subandi dan Abdurrachim tahun 1984 (dalam �Mengenal Ternak Indonesia: Ternak Unggas 1), bahwa ayam Pelung ditemukan di desa Bumi Kasih, Jambu Dipa, Songgom dan Tegal Lega, yang terletak di Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dipelihara masyarakat utamanya untuk suara jago yang khas. Populasi pada tahun 1994 2) sekitar 5-6 ribu ekor dan berkembang mencapai kurang lebih 40 ribu ekor pada tahun 2003 9)

Dari informasi yang dikumpulkan oleh HIPPAPI (Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia) tahun 1993 mengemukakan sebuah legenda, yang tentunya bagi kita boleh percaya atau tidak, bahwa konon seorang tokoh bernama Haji Bustomi (Alm.) alias Bapak Guru Karta, seorang penduduk Kampung Cicariang, desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur menceritrakan bahwa ayam Pelung sudah dipelihara dan dikembangkan sejak tahun 1850 oleh seorang Kiai bernama H. Djarkasih alias Mama Acih (Alm.). Ia, penduduk desa Bunikasih Kecamatan Warungkondang, menemukan seekor anak ayam jantan besar, tinggi dan �turundul� (berbulu jarang). Ayam tersebut kemudian dipelihara dengan baik. Ayam tersebut tumbuh dengan pesat dan berkokok dengan suara besar, panjang dan berirama. Pada waktu orang kagum dengan ayam tersebut, maka dinamakan dengan �Pelung�. Sejak itu ayam tersebut mulai berkembang dan secara alami terseleksi oleh masyarakat peminatnya.

Keterengan lain yang juga datang dari daerah yang sama dijelaskan oleh seorang penduduk bernama Nambeng, yang menurut ceritranya bahwa sekitar tahun 1940, seorang bernama H. Kosim bertamu kepada gurunya Mama Ajengan Gudang. Ia melihat seekor ayam betina yang sedang mengasuh anak-anak ayam dan diantaranya ada satu ekor yang bentuk badannya berbeda dengan yang lainnya, besar, tinggi dan �trundul�. Ia kemudian membelinya dan dikembangkannya di Warungkondang. Ayam tersebut yang jantan berkokok dengan suara besar, panjang dan merdu.

Kedua ceritra tersebut secara ilmiah tentunya dapat saja terjadi mengingat banyak sekali berbagai variasi genetik ayam hutan yang ada di P. Jawa ini dan salah satunya adalah ayam Pelung, yang mempunyai ciri khas, yang disekuai penduduk, sehingga secara alami ayam-ayam tersebut terseleksi sampai sekarang.

Ayam Pelung pada umumnya dipelihara secara intensif sederhana oleh para peternak dalam jumlah terbatas untuk tujuan mendapatkan ayam-ayam jantan. Jenis pakan yang diberikan sangat berbeda dari satu peternak ke peternak lain. Pakan jadi komersial dikombinasikan dengan bahan-bahan pakan lokal seperti dedak padi, belut, dan/atau siput. Program vaksinasi tetelo (ND=Newcastle Desease) dilaksanakan secara teratur 3) dan pencegahan penyakit dilaksanakan semaksimal mungkin tergantung pengetahuan dan ketersediaan dana.

Program pemberian pakan sementara ini kelihatannya belum mengikuti standar kebutuhan ayam Pelung, tetapi kelihatannya masih memadai dengan berbagai pengalaman para peternak. Pemberian pakan dengan ransum pertumbuhan umur 0-8 minggu dengan ransum mengandung 20% protein kasar, umur 8-20 minggu dengan ransum mengandung 16 % protein kasar dengan kandungan energi sekitar 2850 kkal/kg, yang kemudian diikuti dengan ransum dewasa petelur ras yang mengandung 17 % protein memberikan suatu gambaran maksimal produktifitas4).

Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur sejak tahun 1978 , dalam upaya mempertahankan plasma nutfah ayam Pelung, setiap tahun selalu melaksanakan kontes suara ayam Pelung, karena dipertimbangkan bahwa ayam pelung merupakan aset asli Kabupaten Cianjur. Bahkan pada tahun 1978 didirikan pusat pembibitan ayam pelung di Cipadang, Kecamatan Warung Kondang5). Terakhir, proyek demplot ayam pelung juga dilaksanakan di Kec. Warungkondang pada tahun 2000 (Wachidin 2003. pers. comm.)

 tag : pelestarian ayam pelung cianjur – budidaya ayam pelung cianjur

26 comments

  1. Bagaimana caranya saya bisa memiliki ayam pelung?
    Saya pengen sekali untuk mengkoleksinya.


  2. Mbak saya dulu pecinta ayam pelung. Sayang flu burung saya jadi takut melharanya. O yah mbalk kalau dalam bahasa Inggris ayam pelung itu apa namanya. Saya buat blog tentang ayam dalam bahasa Inggris. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. wassalam


  3. Saya tinggal di Jogja, gimana saya mendapatkan ayam pelung tersebut? apakah saya harus langsung ke tempatnya? ato bisa dikirim? Siapa yang bisa dihubungi? Terimakasih


  4. as…. perkenalkan saya hasan surahman. kebetulan udah setahun ini saya coba kembangin ayam pelung di daerah Pangalengan Bandung Selatan. tepatnya di desa sukamanah, kecamatan pangalengan, sebelum masuk aarea perkebunan 13 malabar. alhamdulillah sekarang sudah bergabung dengan HIPPAPI (himpunan penggemar dan peternak ayam pelung indonesia) ranting Pangalengan Cabang Bandung raya. di daerah bandung sendiri sebenarnya peternak dan penggemar (hobiis) ayam pelung banyak banget, tetapi kemaren kemaren agak berkurang karena ketakutan akan terkena wabah virus flu burung. padahal ayam pelung tidak kena virus flu burung (AI). aku denger ketika ada penyuluhan dari petugas Balitnak Ciawi Bogor, balai penelitian pternakan, bahwa AI alias flu burung tidak mempan pada unggas jenis ayam pelung.
    ditambah dengan masih kurangnya sosialisasi dari pengurus hippapi tentang perlunya bergabung dengan organisasi pecinta ayam pelung ini. padahal hal ini menjadi penting adanya untuk lebih cepatnya mengembangkan dan melestarikan ayam pelung se indonesia serta se dunia.
    untuk konteks bandung raya saja, hippapi baru daerah Pangalengan, jelekong (bale endah), soreang, banjaran, pameungpeuk dan sekitarnya….
    ke depan saya berharap semua pihak lebih peduli denga keberadaan ayam pelung, mengingat banyak sekali keuntungannnya dengan memlihara ayam pelung, daripada ayam bangkok atau ayam kampung yang kecil-kecil itu…kalau ada waktu ke pangalengan, silahkan mampir ketempat saya untuk melihat2 keberadaan ayan pelung dan kalau mungkin ada yang berminat dengan ayam2 kepunyaan saya silahkan saja. …
    081321874872, atau hasan_upd@yahoo.com


  5. […] AYAM PELUNG […]


  6. Bagaimana saya bs mengetahui mengenai jadwal kontes ayam pelung??


  7. lagi berduka nih..ayam pelung yang saya kirim ke klaten, jantannya tewas kena ND (tetelo). mohon kepada para peternak agar selalu divaksin ternaknya..dan terutama kandang jangan deket2 kandang bebek, mentok…itu sumber ND… buat mas yang dikalten insyalah jantannya saya..ganti biar bisa berkembang lagi…jangan patah hati ya.ok
    untuk info kontes..yang di bandung..tanggal 2 agustus ada kontas di banjaran..kab bandung…ntar syawal ada kontas di sayati margahayu bandung, dan juga di pangalengan…mo diundang??????
    hasan 081321874872


  8. as….tanggal 2 agustus bertepatan dengan hari ahad/minggu..akan digelar kontes ayam pelung se-bandung raya..temaptnya di kampung pintusari sasak dua banjaran kabupaten..makasih…


  9. sy ingin membeli ayam pelung kualitas baik.
    klo boleh tau, dimana aj alamat peternak yg jual ayam pelung khusus daerah Cianjur/Bogor? soalnya sy berdomisili di Bogor


  10. mbak aku tinggal di Rembang, bagaimana caranya aku mendapatkan ayam pelung? apakah ada peternak ayam pelung yang dekat dengan kota Rembang? tolong ya mbak kalau ada aku dikasih tau..makasih.


  11. Assalamualaikum,

    Mo tanya klo di Depok apa ada yg ternak ayam pelung…klo ada dimana alamat nya…saya mo coba ternak ayam pelung.

    Salam Kenal

    Ache wongkito


    • Untuk wilayah depok saya kira sudah ada yang membudidayakan ayam pelung! namun saya kurang tahun informasinya, kalau untuk kabupaten cianjur banyak pak!


      • OK…terimakasih byk atas info nya smga ada yg tau peternak ayam pelung di wil Depok…


      • saya di citam pak kalau punya indukan boleh saya beli saya ada jantannya.


  12. tanngal 13 desember 2009..renvcana jadwal kontes ayam pelung di pangalengan kabupaten bandung..u info silakan hubungi 081321874872


  13. teh tanggal 1 november ada kontes dadakan yang diadakan oleh hippapi bandung, di komplek pemda soreang, memperebutkan pila bupati bandung..
    u info silakan hubungi pak ayi salman, 081394224092


  14. untuk lebih dikenal oleh seluruh warga indonesia dari sabang sampai maroke coba sekali-kali kontes diadakan di jakarta, misalnya di lapangan banteng, saya yakin penggemar akan bertambah lipat sehingga prospek ayam pelung semakin mengairahkan itu dari segi ekonomis.belum dari segi lainnya pokoknya coba dan coba.


  15. Saya seorang peternak kecil di daerah Garut, ingin mengetahui lebih jauh tentang budidaya ayam pelung. Saya bermaksud mengembangkannya lebih besar,semoga kita bisa bekerjasama demi kemajuan bersama.


  16. suatu hari saya perlu anak ayam buat properti shuting sitkom suami2 takut istri,pergilah saya ke toko burung kebetulan di situ jual macam2 anak ayam,saya beli satu ekor anak ayam.setelah selesai shuting anak ayam saya bawa pulang dan saya peli hara,sebulan kemudian saya pindah rumah dari kebon jeruk ke daerah citayam bojong gede bogor.ayam saya titip ke sodara di pekalongan jawa tengah.5 bulan ber lalu saya dapat kabar katanya ayam saya sudah bunyi,katanya suaranya kayak orang nangis.ayam banyak yang nawar ahirnya ayam saya ambil.saya kagum melihat ayam yg dulu kecil bgt skrg sudah besar bgt dan dan ber jengger merah.setelahy saya tanya sana sini ternyata anak ayam yang saya beli dulu adalah anak ayam pelung.semenjak itu saya jadi suka ma ayam pelung.saya jadi peengen ngembangbiakin di tempat saya yang baru.saya butuh indukan ayam pelung yg bagus buat budi daya pelung ber kwalitas.bagi yg punya bisa hubungi sa di no;08999736009 bpk agus.


  17. coba main ke tempat saya pak
    081321874872


  18. di demplot kang Hasan anakan ayam pelung turunan yang berkualitas super bkn? dihargai brpan tuh yg berumur, 1,2,3 bln dstnya? kl di tmpt kontes bnyk yg jual anakan ayam pelung g kang?


  19. Ass.wr.wb. saya pny anakan ayam pelung umur 1 bln. kata yg pny demplot makannya pakan dari toko (pur) sampe umur 4 bln dan keringan. yang sy tanyakan apkh bnr pakannya itu? yg bagus pakan bt anakan ayam pelung itu apa dan kering atau yg basah? atur nuhun pisan atas jawabannya.


  20. wakakakakaka…kemarin kontes di arjasari cuma juara xi dari `12 piala
    wakakak mnyedihkan..
    tgl 27 pebruari di ciapus. hippapi banjaran akan mengadakan kontes…kalo hipapi pangalengan tgl 9 mei 2010 kontes di wisata situ cileunca.


  21. pak,gmn caranya tgs teh ???
    bnr d sini tulisnya ????


  22. saya punya ayam pelung yg suaranya besar dan panjang sampai 15 detik dan di tengah suaranya ada suara menggelegar sampai 2 kali kaya petir,sampai2 bulu kudukku merinding kalau lagi dengar.Dulu 6 bln yg lalu saya beli ayam dr orang cibadak-sukabumi sebanyak 1 sarang(7 ekor,3 jantan dan 4 betina) yg jantan suaranya sama ada suara petirnya cuman panjang suaranya beda2dikit yaitu 15d,12d dan 11 detik.Yang mau saya tanyakan bagaimana cara menghilangkan suara tengah itu,soalnya kata tetangga ayamnya ada hantunya.


  23. maaf pak mohon di jawab bagaimana solusinya,soalnya saya mau cepat suara tengah ayam saya hilang.terimakasih



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: