h1

Budidaya Ikan Patin

June 3, 2007

ikan-patin.jpgIkan patin atau dalam bahasa latinnya disebut pangasius hipothalmus merupakan ikan konsumsi budi daya ikan air tawar unggulan. Keunggulan ikan patin, dagingnya gurih, mengandung banyak lemak, dan tidak banyak duri. Harganya yang stabil dan cukup tinggi membuat usaha budidaya ikan patin ini menjanjikan keuntungan.

Salah seorang yang menggeluti usaha budidaya ikan patin adalah Yayan Suryana, di kolam ikannya dikawasan Lembur Situ, Sukabumi, Jawa Barat. Perjalanan menuju lokasi budidaya ikan patin di Lembur Situ, dapat ditempuh dengan mobil selama setengah jam dari kota Sukabumi. Mengambil arah ke selatan, tepatnya berada dikawasan Jalan Pelabuhan.

Dilahan seluas satu hektar inilah Yayan Suryana membudidayakan ikan patin. Budidaya dilakukan di kolam air deras, berukuran tiga kali tiga meter persegi. Sumber airnya dari sungai yang dialirkan ke setiap kolam. Air dari kolam kemudian dialirkan kembali ke sungai. Budidaya ikan patin tergolong sulit.

Proses pembenihannya memerlukan pengetahuan tersendiri. Sehingga tidak semua petani ikan air tawar dapat mengawinkan induk ikan patin jantan dan betina sehingga menghasilkan anakan yang berkualitas baik. Untuk menghasilkan anakan ikan patin dilakukan proses pembenihan di kolam yang disebut bak hatchery. Dibak ini dipasang aerator sehingga pasokan oksigen terjaga.

Proses pembenihan dilakukan dengan menginduksi induk jantan dan betina dengan horman perangsang pembuahan. Telur yang dihasilkan indukan betina dicampur dengan benih dari indukan jantan di bak penampungan selama 18 hingga 20 jam. Telur akan menetas dan berubah menjadi larva. saat masih anakan, diberi makanan cacing sutra dan artemia.

Setiap bulannya, dari tempat ini dapat dihasilkan anakan ikan patin berukuran satu hingga tiga inchi sebanyak dua ratus ribu ekor.Anakan ikan patin umumnya telah dipesan pembeli sebelum proses pemijahan.

Untuk anakan berukuran satu inchi, dihargai antara delapan puluh hingga seratus rupiah per ekor. Setelah berusia satu hingga tiga minggu, anak ikan patin dipindahkan ke kolam pembesaran. Yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan patin adalah menjaga kualitas air kolam.

Selain itu, memberikan pakan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Takaran makanan yang diberikan, seperlima berat badan ikan. Ikan patin yang dibesarkan dikolam dipanen setelah berusia tiga hingga empat bulan. Permintaan paling banyak untuk ikan patin yang memiliki berat antara setengah kilogram hingga satu kilogram. Harganya berkisar antara sepuluh ribu hingga lima belas ribu rupiah per kilogram. (Helmi Azahari/Dv/Sup) indosiar

188 comments

  1. Rubrik ini sangat saya sukai, terutama masalah budidaya ikan patin, karena saya masih baru usaha budidaya ikan patin dan sekarang saya bingung kenapa bibit ikan patin saya banyak yang mati, perutnya pada kembung semua, dan ini yang membuat saya bingung, mohon bantuan saran, apa yang perlu saya lakukan untuk mengatasi masalah ini, terimakasih sebelumnya untuk saran yang yg diberikan.


    • Studi Kasus Usaha Budidaya Ikan Patin (Pangasius sp) Milik Habib Saleh di
      Desa Karang Intan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi
      Kalimantan Selatan

      Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan, bertempat di Desa Karang Intan
      Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini
      bertujuan untuk mengetahui gambaran umum usaha budidaya ikan patin milik Habib
      Saleh, selain itu untuk mengetahui kelayakan finansial.
      Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dan wawancara. Analisis
      data menggunakan analisis keuntungan, analisis kelayakan usaha dengan kriteria
      investasi yang digunakan yaitu NPV, Gross BCR dan IRR, serta analisis Kepekaan
      (Sensitivitas).

      Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha budidaya ikan patin (Pangasius sp)
      milik Habib Saleh memberikan keuntungan. Hasil analisis kelayakan pada usaha
      budidaya ikan patin diperoleh nilai NPV 14% Rp. 541.915.882,35,- > 0 dan NPV 18%
      RP. 497.136.835,75,- > 0 Berarti usaha tersebut menguntungkan. Gross B/C 14%
      sebesar 1,302164348 > 1, dan Gross B/C 18%sebesar 1,285159305 > 1 berarti usaha
      tersebut dapat dilanjutkan. IRR adalah 39% > tingkat bunga bank berarti usaha
      tersebut menguntungkan dan layak untuk diteruskan.

      Hasil analisis sensitivitas pada usaha budidaya ikan patin jika diasumsikan harga
      pakan ikan naik 30% yaitu pada kriteria NPV 14% Rp 56.106.051,93, NPV 18% sebesar
      Rp.22.558.075,96 > 0 Berarti usaha tersebut menguntungkan. Gross B/C 14% sebesar
      1,023294622 > 1, dan Gross B/C 18% sebesar 1,010556837 > 1 berarti usaha tersebut
      dapat dilanjutkan. IRR adalah 20,69% > tingkat bunga bank berarti usaha tersebut
      menguntungkan dan layak untuk diteruskan.

      Hasil analisis sensitivitas pada usaha budidaya ikan patin jika terjadi penurunan
      harga ikan sebesar 10% maka kriteria NPV 14% Rp 328.930.587,63, NPV 18% sebesar
      Rp.266.678.291,21 > 0 Berarti usaha tersebut menguntungkan. Gross B/C 14% sebesar
      1,196602313 > 1, dan Gross B/C 18% sebesar 1,182582907 > 1 berarti usaha tersebut
      dapat dilanjutkan. IRR adalah 35,14% > tingkat bunga bank % berarti usaha tersebut
      menguntungkan dan layak untuk diteruskan.


    • Saya baru lulus sma,saya pengen banget menggeluti usaha ternak ikan patin,tapi saya masih blum tau banyak tentang ternak ikan patin ini saya jg masih bingung apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu ya??
      terus kalo boleh tau kira-kira modal pertama berapa y??besar gak ya??


  2. hello… ikan patin,. if you care about ikan patin you have to do:harus pelihara dulu air nya,kemungkinan ,the water have poison on it, you have to see the around the kolam.,ect.


  3. love is beautyfull,love make you drunk,love forget everything, the true love will stay in your saul between you and the person who love you. and take care each other that is good thing.


  4. Dengan ukuran kolam 3m X 3m, kira-kira berapa jumlah paten yang di tebar (untuk pembesaran)?

    Terima kasih


  5. saya mempunyai kolam ikan ukran 12x12m, yg sy mau tanyakan berapa ekor tebar benih ikan patin yg sesuai (utk pembesaran)& ukuran ikannya brp cm ikan patin jenis apa yg cocok d budidayakan utk kalimantan


  6. Salam sejahtera…saya dari Malaysia, baru berkecimpung dalam bidang memelihara ikan patin dalam sangkar sungai di negeri Perak. Di sebelah sini tidak ramai yang membudi daya patin, lebih suka ikan telapia. Walaubagaimanapun, saya sedang cuba menjadi perintis memperkenalkan ikan patin sungai di negeri Perak. Negeri Perak memang terkenal dengan tempoyaknya, apalagi kalau di saingkan dengan ikan patin. Saya bermula dengan 10 sangkar setiap satu lebih kurang 3.3 m x 7.0 m dengan jumlah 2,500 ekor setiap sangkar. Sekarang sudah hampir 2 bulan dan setakat ini tidak mengalami apa-apa masaalah yang begitu ketara. Makanan pellet yang di beri berharga sekitar RM40 per kg. dan sangkar yang dibina adalah model dari Sg. Mekong ia itu sangkarnya berangka sepenuhnya (rigid-framed). Sekian dulu semoga saya akan bertemu lagi jika ada yang bertanya dan dapat membantu bersama mengimarahkan usaha membudidaya ikan patin ini…sekian, dari Perak, MALAYSIA.


    • Proaminosin benar benar solusi tepat bagi peternak. bahkan beberapa pabrikasi feedmill telah mempercayakan Proaminosin sebagai campuran pakan untuk meningkatkan protein. tidak terkecuali beberapa dokter hewan telah mereferensikan proaminosin sebagai serbuk campuran pakan ternak yang Aman dan efektif.

      Komposisi Proaminosin:
      Protein 81.94 %
      bahan Organik 90 %
      Lemak 2.23%
      Metabolisme energi yang tinggi 3500 calori/ gram,
      Asam amino ( Lysine, Thereonin, Methionin dll)

      Dosis Penggunaan

      Sapi, Kambing, Babi dll : 1-2 % dari total ransum atau konsentrat

      Unggas (ayam, bebek, entok dll) : 1-1.5% dari total ransum atau pur atau konsentrat

      Ikan Lele, Patin, Belut : 5% dr total berat ransum atau pelet atau adonan pelet.

      Harga : 6000 / kg ( Franco Surabaya)
      kemasan sak (25kg)

      Dicampurkan dengan dedak, rumput, ampas tahu, onggok atau konsentrat dll. terbukti bermanfaat untuk semua ternak
      info lengkap kunjungi http://www.proaminosin.blogspot.com atau call. 08155006009 , 031-70609123

      Salam Hangat

      Merva Detaning Sasi


  7. saya mau tanya berapa harga bibit patin 1 cm, saya punya 30000


  8. saya petani ikan patin di daerah bogor,baru 6 bln saya merilisnya, ukuran yang saya jual 3/4-11″,sampai saat ini saya tidak mempunyai pasar tetap.dengan adanya website,ini khususnya para petani ikan patin,saya berharap bisa bergabung memasarkan ikan,terima kasih


    • aslmlkm.
      kbetulan bi2t sudah ad
      untuk awal budidaya kolamnya yg bagaimana y???
      suwun


  9. Kang IPUL bisa minta Nomor Kontaknya, Terima kasih..


  10. ikan patin,….saya belum pernah pelihara ya..tapi kalo ikan gurame saya pernah, tp hasilnya jg banyak yg kena penyakit, gimana ya ??


  11. halo.. saya pengusaha pembesaran ikan patin didaerah saguling, perbulan saya menghasilkan 12 ton ikan ukuran 1 kg keatas, saya kesusahan mencari bibit ikan patin. kalo temen-temen ada yang punya informasinya, boleh kita kerja sama, saya perbulan perlu 50000 ekor bibit ukuran 2mm


    • Kang Ujang saya minta no. hp atau telp/ emailnya nuhun diantos


    • kang ujang biasa ngambil dmn?harganya berapa?


  12. Ass. wr.wb, kang martin, bibit 1 cm harganya 130,- kalo kang martin punya bibit patin banyak saya mau order, per 2 bulan saya rutin mendatangkan bibit 50.000ekor. kalo mau kang martin suply saya, gimana saya menghubungi kang martin. ( UJANG H, Pengusaha Pembesaran PATIN daerah Saguling-Cililin-Bandung. Phone : (022) 70314101, 081394707595, Nama Perusahaan CITRAKARYA NUSANTARA )


  13. Ass wr wb, kang dayat saya pernah mengalami hal yg sama,bibit patin saya kembung dan mati sebanyak 120.000ekor pada usia 1 minggu. setelah dipelajari, ternyata itu disebabkan oleh kadar oksigen air yang rendah akibat air kotor dan dingin. sebaiknya kebersihan air dijaga dan padat tebar bibit jangan terlalu tinggi, Normal 600ekor/m2. Insya Alloh berhasil dan cepat besar. mudah – mudahan pengalaman saya dapat membantu kang dayat, haturnuhun….


  14. Ass wr wb. kang ali… padat tebarnya jangan lebih dari 600ekor/m2, jadi kalo 3 x 3m = 9m2. jadi padat tebarnya 600 x 9 = 5400ekor dengan kedalaman kolam 120cm, lebih sedikit padat tebar maka bibit akan lebih cepat besar. maaf kalo saya so tau.. tapi ini pengalaman saya, saya per 2 minggu panen patin ukuran 1kg sebanyak 12ton rutin dengan lama pembesaran 10 bulan. smoga bermanfaat informasi ini


  15. Ass wr wb, bu mega… untuk kalimantan sebaiknya bibit ikan patin jambal yang dipelihara, bibit ini untuk membongsorkannya tidak perlu perairan dengan kadar oksigen air yang tinggi dan tidak perlu perairan yang mengalir, sebaiknya utk bibit ini diberi pakan 1 kali 1 hari pada malam hari, padat tebarnya sebaiknya antara 300 – 500ekor/m2. makasih moga bermanfaat pengalaman saya ini


  16. Lebih Mahal ya?


  17. Ikan patin saat ini memang sedang gencar-gencarnya di budidayakan.. Saya mencari Web yang khusus mengulas ikan patin Tidak Ketemu juga.. Misal Komunitas Budidaya Ikan Patin…. ada yang tahu?


  18. pakan ikan patin umur 2 bulan yang cocok apa ya? tp yang harganya bisa terjangkau dan kwalitasnya bagus

    thanks


  19. Halo Mr/Mrs Syalom, ikan patin umur 2 bulan pengalaman kami diberikan pellet dengan cara dibasahi dulu biar ga terlalu keras dan tidak ngembang diperut ikan, merk pellet apa aja asal memiliki kandungan protein 30%, selama ini kami pakai SHINTA MERAH( Tidak bermaksud Promosi lho…), sampai berumur 5 bulan. mudah-mudahan bermanfaat pengalaman kami.


  20. Sangat bermanfaat.. terima kasih. Memang sih kalau tidak di basahin dulu ikan bisa kembung karena pelet akan mekar di dalam perut, tentunya ini tidak baik buat kesehatan ikan.
    Terus untuk mengetahui kadar protein yang cukup bagaimana ya?


  21. Bu dian.., kalo kita membeli pakan dari pabrikan di karungnya biasanya tertera komposisi bahannya, dari situ anggaplah pabrikan pembuat pakan sudah dengan benar memberikan komposisinya. tapi kalo kita membuat sendiri sudah barang tentu kita bisa menentukan persentasenya sendiri dengan yakin,pengalaman kami kalo ikan diberikan pakan dengan kadar protein tepat 30% atau lebih, maka kenaikan berat badannya 80% dari banyaknya pakan yang kita berikan, misalnya sebelum diberikan pakan dimaksud ikan beratnya 100Kg dalam satu kolam, setelah diberikan pakan dimaksud sebanyak 100Kg maka ikan dalam satu kolam itu akan menjadi 180Kg, akan tetapi bila kadar protein dibawah 30% maka jangan berharap kenaikan berat ikan diatas 50%. o ya…. ini kami buktikan pada ikan patin siam, moga bermaanfaat buat rekan-rekan pengusaha ikan.


  22. Kang Ujan, met kenalan sama akang. Saya mau tanya pelet shinta merah berapa harganya yang ukuran 30-50 kg? beli dimana? terus kenapa patin mesti dikasih makan malam apa pengaruhnya yah? boleh kontak kang Ujang herani langsung by phone buat konsultasi? saya di: amel@rocketmail.com


  23. Memelihara ikan patin yang diperhatikan antara lain ; Kualitas air baik, perairan tdk perlu deras,dapat di perairan pasang surut. Ukuran ikan untuk pembesaran 2-3 inch dengan padat penebaran 10/m persegi, pakan diberikan kdr protein 30-38 %, kualitas yang baik CP selama 4 bln hasil rata 4 ons perekor


  24. Bagi semua pemelihara ikan patin! saya mau tanya, alamat saya tuban jawa timur. dimana saya bisa mendapatkan bibit ikan patin didaerah dekat rumah saya. pasalnya saya ingin sekali membudidayakan ikan patin. trim’s


  25. saya punya ikan pati dah jalan 3 bulan, tp perkembanganya agak lambat. ikanya gemuk tapi agak pendek, kira-kira apa kendalanya ya?
    thanks..


  26. untuk mr/mrs syalom, anda memelihara patin apa?, Patin siam, patin jambal atau patin hybrid. kalo patin jambal yang anda pelihara, memang seperti itu perkembangannya, pendek tapi besar. tapi kalo patin siam atau hybrid yang anda pelihara, berarti ada kesalahan pemberian pakan, patin siam/hybrid kalo kekurangan kadar protein dan vitamin pada pakannya biasanya tumbuh pendek tapi gemuk. maaf…kalo jawaban saya kurang memuaskan soalnya saya bukan insinyur perikanan tetapi hanya pengusaha pembesaran ikan patin yang tahu hanya dari pengalaman.


  27. makasih utuk masukanya, kebetulan patin yang saya pelihara patin siam. dan gimana solusinya supaya dapet cepat bisa berkembang lg, karena saya dah mengeluarkan dana yg besar utk beli pakan “kendi mas”
    Thanks,

    Mr.Syalom


  28. saya membuat pakan sendiri dengan campuran ikan ikan asin dengan dedak 1:2 dan topmix 1 % , apakah sudah sesuai?


  29. hallo,,saya punya bibit ikan patin,,ukuran 1-2″,berapa harga pasarannya?? dan bagaimana cara pemasarannya..hubungi (021)32478060..thanx


  30. saya pemula, ingin banyak belajar budidaya patin khususnya pembesaran. sy pnya kolam dg ukuran 8 X 19m kdalaman 70cm. berapa padat tebar benih dan ukuran berapa idealnya mulai tebar. sy tnggal di tuban jatim, bagmana jaringan pasar dan benih di jatim atau yg terdekat. jazaakumullah khairan!


  31. Saya baru mau mulai bisnis pembesaran ikan patin, lokasi di karawang, airnya mengalir tapi tidak begitu deras, mohon pencerahan dari para pakar:
    1. Tempat saya apa cocok buat ternak ikan patin?
    2. Saya baru mau mulai dengan bibit patin 1 in up? berapa harganya ya? Ada yang supply di daerah karawang?
    3. Kira-kira berapa lama untuk mencapai 1kg / ekor?
    4. Pakannya apa ya? ada yang bilang roti bekas?
    Terimakasih


  32. Tuk Irwansyah, bisa dilihat di wirausaha.com


  33. Saya adalah petani ikan patin dari daerah bogor bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang ikan patin hubungi saya di no hp.085959581833, atau bagi anda yang ingin mengikuti pelatihan budidaya ikan patin coba buka alamat web ini http://www.mitrawirausaha.com.
    Dan bagi anda yang ingin order bibit ikan patin bisa hubungi no tlp diatas.


  34. kadar DO kritis dari patin berapa ya? dan mengapa hal tersebut bisa terjadi?


  35. bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut soal membudidayakan ikan patin ikut seminar dan pelatihan aja, yang di adain mitra wirausaha baru.
    buka aja website nya di http://www.mitrawirausaha.com

    rico


  36. bos pasar ikan patin masih bagus ga.trus klo aku mau jual bibit 3/4-1″ kmn ya….klo ada gabung dong


  37. Pasar Ikan Tidak pernah akan ada sepinya, kebutuhan ikan semakin hari semakin meningkat..


    • Selamat pagi

      Terima kasih ibu rivafauziah untuk informasinya yang menambah semangat dalam usaha patin.
      Kalo saya saat ini ingin menjual patin ukuran 1.5″ up ada +/- 50 ribu ekor Rp.180/ekor dan minggu depan larva yang saya miliki akn mencapai 3/4″ ada 150 ribu ekor Rp.80/ekor.
      Kalo ibu berminat atau ada teman2 yg berminat, silahkan hubungi saya di 081806552011.

      Helmy

      Terimakasih.


      • maaf bu rivafuziah dan teman2,
        harga jual patin 1.5″ up yang saya jual yang benar adalah Rp.150/ekor bukan 180.
        yang berminat silahkan hubungi saya di 081806552011

        Terima kasih
        Helmy


  38. berarti aku blh dong gabung ya..biasanya teteh suka ngambil dari mana & ukuran berapa aja yang teteh angkat.klo aku biasa produksi 3/4 sampai 1” aja…klo ada ikan mau ga teh


  39. Buatin milis untuk diskusi ikan patin dong, saya juga sedang belajar budidaya pakai fiber didaerah pondok gede, pernah ikut pelatihan. kayanya enak nih kalo kita diskus di milis. siapa yang mau sukarela jadi moderator hayooo !!! amal shaleh lho, punya ilmu untuk kebajikan, betul tidak? kalo ada yang tahu milisnya tolong kasih alamay ke emailku ya ! thanks


  40. Saya akan BUatkan Milis dan Forum diskusi sebagai ajang diskusi mengenai ikan patin di sini ” http://cianjurnews.com/forum Semoga dapat Bermanfaat Bagi Semuanya..!

    Siapa yang mau gabung ! mendaftar saja.


    • minta nomor tlp cianjr.dr garut


      • Mohon maaf kang! Cforum cianjur news drop karena pengelolanya tdk aktif. Untuk mengetahui dan komunikasi sesama pencinta Ikan patin Coba lihat Koment2 dibawah-semoga dapat membantu.. terima kasih!


  41. Aslkum. Saya mahasiswa jurusan budidaya perikanan smster 4, mau melakukan praktikum pembenihan ikan patin. Saya mnt tl0g, beri saya masukan, saran dan ilmu pengalamannya d lpngn. Yg saya mo tanyain adlh_ 1. Pemijahnnya yg efektif pake metode apa? 2. Sebaiknya, larutan fertilisasi pake apa? Infus or buatn sendiri? 3. Klo pake ovaprim, pake dosis brp yah? 4. Hal hal yg hruz saya perhatikn tu pd saat apa? Mksh seblumnya atas perhatiany. Saya sngt brharap ataz jawabannya.


  42. bagus, perlu ditingkatkan terus!! sebagai pengetahuan yang bermanfaat


  43. tengkiyu


  44. ass.salam kenal kang,
    saya mau tanya klo untuk ikan patin siam biasanya penyakit yang menyerang ikan di KJA jenis apa?ada yang bilang virus,apakah benar?terus cara penangana seperti apa klo ikan patin terkena penyakit?
    klo benih ikan patin muter2 itu karena apa?
    trims


  45. Salam Kenal jg Kang Dandy,
    Kang..Pengalaman saya ikan patin jarang sekali terkena Virus, kecuali ikan tsb ada luka yg kemudian lukanya tersebut berjamur dan seterusnya kalo dibiarkan akan mati perlahan. penanggulangannya, pengalaman kita yaitu dengan cara memisahkan ikan yang tekena penyakit tsb di keramba lain dan jangan dikasih makan, setiap hari di rendam bagian yang berjamurnya tersebut dgn PK ( Kalium Permanganat ),banyak dijual di Apotik, sampai ikan tersebut sembuh dan seterusnya di kasih pakan lagi. mudah-mudahan bermanfaat kang..sukses lah..utk pembudidaya patin.


  46. trims ya jawabannya..mudah2an gak bosen klo saya tanya lg =)
    klo di KJA cara merendam ikannya bagaimana?
    apakah kita harus punya bak perendaman sendiri?
    ciri2 ikan yang terkena jamur bagaimana?
    trims


  47. mau nanya, patin saya kok pada tubuhnya luka kulitnya mengelupas apakah itu yang namanya white spot?? trus bagaimana penangananya biar aman…


  48. saya di pekanbaru, tertarik dengan ikan patin jambal untuk mohon informasi dimana dan bagaimana memperoleh induk ikan pantin jambal tersebut sekian dan terima kasih sebelumnya


  49. Perkenalkan saya Michael. Kami importir & distributor Ovaprim, Testostorone, Estradiol, Unides, Vit C, Artemia, Spirulina, Shrimp Flake, Omega Protein, Oxytetracycline, Enrofloxacine, dan lain2. Jika ada kebutuhan produk2 perikanan silahkan menghubungi kami.
    Salam, Michael http://www.polarisindustri.com


  50. Saya sangat tertarik dg budidaya patin klu boleh kirimkan kpd saya contoh panduan budidaya ini, thank’s


  51. saya bersama keluarga saya baru saja memulai usaha pembenihan ikan patin awal juli kemarin, dan insya allah 26 juli ini panen. yang saya mau tanyakan kepada para senior2 di dunia patin adalah kemana saya bisa memasarkan benih patin saya?
    terima kasih sebelumnya, dan mohon bantuaannya ini ini kontak saya omar_tobias@yahoo.com 02194230980


  52. mau tanya,..kalau untuk menjual panen ikan patin kemana ya. kolam di Jakarta,..dan untuk harga sekarang berapa ya per kilo.


  53. arifbarca@yahoo.com


  54. saya petani ikan patin juga nih. saya mau jual sendiri ke petani2 langsung (Pembesaran). uk-nya yang 3/4 – 2″. silahkan contact 081310698781. harga negotiable.


  55. saya baru mau belajar pembesaran ikan patin ey…
    belajar & ambil larva dari teman di bogor, terus dibesarin di aquarium ukuran 100x50x40 ada 30 aquarium. persiapan baru 50% (kurang modal)…
    kalo udah hasil Insaya Alloh di jual ke Cianjur, syukron


  56. lupa, kalo minat mau kasih tambahan modal hub. sy : 0813 1412 6819 (gaman)


  57. Kebetulan Ovaprim kita yg import…
    Perkenalkan saya Michael. Kami importir & distributor Ovaprim, Testostorone, Estradiol, Unides, Vit C, Artemia, Spirulina, Shrimp Flake, Omega Protein, Oxytetracycline, Enrofloxacine, dan lain2. Jika ada kebutuhan produk2 perikanan silahkan menghubungi kami.
    Salam, Michael polarisindustri.com


  58. Sukses Buat Bisnis Perikanan, Apalagi Menjelang Puasa dan Lebaran, Harga Ikan Mulai Merangkak Naik..
    Jangan Lupa Parcel Ikan buat lebaran ya.. *** he..hee


  59. Assalamu’alaikum.
    Permisi numpang jualan.

    Dijual bibit ikan patin bibit super.
    Ukuran 2″ harga Rp. 190 kapasitas produksi perminggu 25.000-100.000ekor
    Ukuran 3″ harga Rp. 350 kapasitas produksi per2minggu 20.000-50.000ekor
    pemesanan satu bulan sebelumnya.
    harga tersebut diluar biaya pengiriman.
    hubungi khumaydy:08159433382/081808466200


  60. Salam Kenal, Kang mau tanya saya punya 3 ton patin siap panen, tapi masih blom tau mau dijual kemana. bisa bantu kasih tau channel channel nya gaaa? Terima Kasih


  61. Nomor Telephone dan kontaknya Bos.. Kang Gaily Tolong kirimkan infonya secepatnya kebtulan saya membutuhkan Ikan dalam jumlah yang besar.


  62. saya punya kolam kecil di rumah,
    2 kolam ukuran 150 x 100 CM dan
    5 akuarium ukuran 60 x 100 CM

    bisa ga saya budidaya ikan patin?
    dan jenis benih atau pembesaran…


  63. mohon informasi lengkap tentang budidaya ikan patin, baik yang berkaitan dengan teknis praktis maupun hasil-hasil penelitian. terima kasih


  64. Kalau kawan-kawan perlu bibit ukuran 1/2 inch s/d 3/4 inch bisa pesan ke saya. Saat ini saya belum bisa mengirimkan ke tempat pemesan, bibit bisa diambil ditempat saya. Kapasaitas produksi saat ini uk. 3/4 inch mencapai 500 s/d 600 ribu ekor per-bulan. Untuk uk. 2 inch 120 s/d 150 ribu ekor per bulan. Tks.

    Contact no. 0816-718305


  65. Assalamualaikum wr. wb.

    Bisa nggak sharing informasi budidaya ikan patin. Aku berminat nih belajar budidaya ikan patin.

    Wassalam,

    SL


  66. Tolong dibantu dong …
    Saya salah satu peternak larva ikan patin. Pada saat awal tani, larva ikan dapat hidup sehingga saya bisa panen. Tetapi pada saat sekarang, larva ikan mati SEBELUM 24 jam. sudah 4 kali berturut turut. Saya mohon bantuan komentar dari teman, apa solusinya? Apa karena Musim hujan atau kualitas air? Ada yang bisa bantu… tolong di japri lewat email saya di hendroe@yahoo.co.is Terima kasih banyak atas bantuannya.


  67. bapak2 dan akang2 teteh,kamana masarken ikan patin teh anu ukuran sakiloan,bisa bantu abdi teu,ieu kerdiajar binihna ngambil ti sukamandi.emailwe ka abdi”moh.sofyann@yahoo.com” Hatur nuhun


  68. Sodara SOfyan : Lihat Di Diatas Komentar sodara oleh Agus Ichsan Membutuhkan Ikan Patin Juga dengan normor Contact no. 0816-718305

    Seharusnya Sodara Sofyan Meninggalkan No Kontak Juga supaya Kawan2 yang lain lebih mudah untuk berkomunikasi..!

    )******Saya Belajar Melakukan Pembenihan Dari Sodara Yudi.Kami Bertemu di BLOG CIANJUR ini..
    Terima kasih Bang YUDI.. Kini Patin2 saya sudah Mulai Berkembang..!

    TERIMA KASIH BLOGGER CIANJUR – TEH RIVA FAUZIAH..!
    SUKSES BUAT BLOGGER CIANJUR

    N.Hdayat


  69. Tuk menghubungi di no.081912599439 juga bisa lewat Email.juga coba mau jual benihnya Ukuran 1 dan 2 inci. kapasitas Insya Allah s/d 200.000 ekor/bulan


  70. assalamualaikum,lam kenal saudara-saudaraku
    kenalin saya yanto asli semarang melihat prospek ikan patin yang begitu baik, saya antusias sekali,tapi sayang semarang sulit cari bibit, kalaupun ada mahal, namun dalam rangka menutup kepenasaran saya mencoba untuk memelihara di kolam tanah luas 3x5m
    untuk percobaan saya masukan benih ukuran jari manis 200 ekor sdh satu bulan dan alhamdulillah perkembangannya baik.
    mohon petunjuk untuk pemesanan bibit ukuran minimal 2″ dimana? kalau dikirim apakah bisa dijaga kebenarannya, maklum modal pas-pasan dan maaf juga bukannya tidak percaya….
    bagi saudara-saudaraku yang bisa membantu kesulitan saya bisa berkirim saran di wisang_geni@rocketmail.com…..


  71. pak bisa minta contactnya tolong kirimin ke email saya yah a.s.a.p


  72. Hallo temen2….

    nama saya eko saya punya bibit patin dengan berbagai macam ukuran dari larva s/d 2″ serta ikan patin dagig siap panen kalo ada yang berminat hub saya di no. 021-95202436, 087877693926. saya menerima partai besar terima kasih temen2


  73. Salam sukses buat semua..
    Saya chandra di ambarawa..
    Saya mau nyoba membesarkan patin..
    Kalo kolam saya ukuran 3×8 m mau diisi patin ukuran 12 cm..
    Berapa kwantitas kolam saya..?
    Apa persiapan yg hrs saya lakukan sebelum penebaran benih?


  74. hallo semua……..
    bagi temen2 yang susah untuk jual atau beli bibit patin bisa saya bantu saya peternak patin harga pasaran. bagi anda yang berminat hub saya di no. 021-95202436, 087877693926. sukses buat semua thank’s


  75. Waduh.. Ternyata Budidaya Ikan patin Sedang Trend.. Mohon Jika ada yang sudah berhasil jangan lupakan Yang Lain..

    Sukses Buat Budidaya Ikan Patin..


  76. saya masih ragu dengan padat tebar 600 ekor/m klo boleh tahu dengan padat tebar seperti itu analisa data pertumbuhan seperti apa untuk mencapai ukuran 1kg dibutuhkan berapa lama kemudian FCR nya berapa? tingkat kematian berapa? tolong saya dibantu ya


  77. halo smua…
    saya ahmad baru merilis usaha ini dan msh perlu bnyak belajar dari kawan-kawan semua.
    diawal saya igin mencoba membesarkan dari telur sampai ukuran 3/4″.
    saya mau tanya tentang cara pemeliharaannya di aquarium 80x80cm.
    terima kasih sbelumnya…
    sukses slalu…


  78. Askum .. Saya dari salatiga dan berminat memelihara ikan patin, tlng dari tmen2 ada yg bisa kasih info untk beli bibit patin yg terdekat dngn tempat kami?? Dan saya mau tanya,berapa lama ikan patin dapat di panen?
    trima kasih.


  79. Assalamualaikum……..
    numpang jualan ya… saya sekarang lagi banyak larva patin mencapai kurang lebih 1 jt ekor harga Rp. 15,- dan 3/4″ kurang lebih 500 rb ekor harga Rp. 90,- , 1″ kurang lebih 350 rb ekor harga Rp. 115,- , 1 1/2″ dan 2″ kurang lebih 400 rb ekor harga Rp. 150,- dan Rp. 195,-. bagi temen2 yang berminat bisa hub saya di no. 021-95202436 dan 087877693926. harga bisa nego loh… dianter nyampe tempat dengan selamat dan ikan dijamin sehat. Thanks ya temen2…. semoga sukses.


  80. Hallo, salam kenal smua. saya dani dari banjarmasin. Ada yang bisa ajari saya cara membibitkan ikan patin. Saya mo coba usaha pembibitan ikan patin. Potensi pasar bibit patin di tempat kami cukup besar. Mhn bantuannya. hub. saya di 0511-7553317. trims.


  81. Ass.wr.wb..sya edy d malang jatim,pgn bgt budidaya patin,kl bkin kolam cor bs brkembang g y?trus unt benih umur 3bln brapa ya?trus kalo udah panen,unt daerah malang pemasaranx kmana?unt bibitx dmana sy bs dapetin yg dkat dgn daerah sy!
    Trims,salam sukses unt tmn2 smua!tlg dkasi infox k email sy di
    Kheyita@yahoo.com
    Cp: 03417380479
    – 085646542233


  82. Oh y ada lg ada gag si pakan yg udah all in one komposisix buatan pabrik trims


  83. Salam kenal, saya baru coba budidaya Patin, Mohon infonya di cianjur dimana bisa didapatkan bibit Patin ? Trims


  84. salam kenal untuk para pengsaha ikan patin semua.mohon informasinya mengenai ukuran bibit patin.maksud dari 1inchi atau 2 inchi itu betul untuk ukuran panjang atau hanya sebutan saja?saya perlu bibit patin ukuran 3 inch kira2 10-15rb ekor?kang eko berapa harganya.lokasi kolam saya ditangerang.trims 021-70066913


    • untuk ikan ukuran 3 inchi harga 500/ekor bisa nego dan maksimal pengambilan 25 rb. jangan sungkan-sungkan untuk nawar. thank’s


  85. kang ujang saya mau tanya, kalau harga ikan konsumsi berapa harganya perkilo dari pengalaman selama ini?atau dari rekan2 lainnya agar kita bisa saling tukar informasi.trims infonya


  86. BAGI YANG PERLU BIBIT PATIN WILAYAH BANJARMASIN DAN SEKITARNYA BISA HUB (0511)766 4332


  87. .
    .
    .
    .
    kepada semua pengunjung! saya hanya sebagai moderator dalam artikel yang saya sampaikan…
    Bagi yang membutuhkan segala sesuatu mengenai ikan patin mohon MENINGGALKAN NOMOR KONTAK supaya sesama penguasa dan pecinta ikan patin dalam SALING BERKOMUNIKASI….

    SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA!

    Saya ucapkan terima kasih!
    admin blog cianjur : riva fauziah

    http://www.telematika.co.id


  88. Bagi yg tahu hrg jual ikan patin pasaran jawa berapa per kg nya ya? lalu sebenarnya ukuran ideal daripada permintaan sebagian besar permintaan berapa kilogram?
    ada yg berminat untuk membeli hasil panen ikan patin milik saya secara berkala? min 5000 kg setiap bulan?
    KIRIMKAN PENAWARAN ke slamet_halim@yahoo.com


  89. pgi smua……….. sy lg pengen usaha ikan patin dan sy skg lg cari bibit ikan pati. hub ke 085652133233. trims y ……


  90. Patin siam patin jambal patin hybrid/patin pasopati
    kelbihan dan kekurangan nya apa ya?
    Brgkali ada temen2 yg bisa kasi info?


  91. Assalaamu’alaikum, Bismillahirrahmaanirrahiim

    Sebelumnya terima kasih saya ucapkan kepada ibu Riva Fauziah atas kesempatan yg diberikan kepada kami.
    Saya beserta sahabat2, saat ini sedang menggeluti pembibitan Ikan Patin (Pembibitan dan penjualan bibit ikan patin)berlokasi di Bogor yg telah berjalan 9 tahun.
    Dengan adanya forum ini dan masuknya alamat kami di forum ini, kiranya dapat menjadi nilai tambah yang sangat besar bagi perkembangan usaha kami.

    Kepada anggota forum ini kiranya dapat berkunjung di http://www.warungpatin.co.nr dan dapat melakukan pembelian, pemesanan ataupun diskusi singkat dengan kami atau bahkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi kami.

    Terima kasih

    Wassalaamu’alaikum


  92. WarungPatin :
    Terima Kasih Kembali. Semoga Dengan adanya silaturahmi Cyber dapat Menjadi Binis Perikinan Kita Menjadi Tambah Maju Pesat. Eh.. Dengar2 Akan di Bentuk Forum Komunitas IKAN PATIN Jawa Barat..dan akan sering diadakan pertemuan dan penyuluhan Mesalah Perikanan yang nara sumbernya dari Dinas Perikanan Setempat dan Pelaku Bisnis Perikanan..
    Sudah Berjalan dan Terbentuk Belum.. Kok Tdkada Khbarnya Lagi..
    Jangan Lupa Undangannya.. He..he..


  93. Wuah…beberapa waktu lalu…(saya lupa tepatnya), pengelola warungpatin, pak Yusuf ada pertemuan di bogor tentang pembentukan itu deh…saya ngga ikut krn kerja di Jakarta.


  94. Bagi yang ingin memulai usaha ikan patin dan butuh tempat, saya menjual fiber bekas ikan patin. ada 18 buah harga Rp 750.000,-. dan ada pompa celup dan blower 2 set juga. tertarik silakan hubungi saya melalui email atau sms/telp ke 085885151510. Thanks.


  95. selamat sore,
    salam kenal.
    berminat maen ke blog saya sambil tukaran link?
    banyak artikel aquaculture yang saya tulis disana


  96. Ngiring ngiklankeun…..
    Bagi rekan-rekan yang perlu bibit patin yang 1 inc, saya tawarkan dengan harga Rp.95 , bagi yang berminat saya tunggu kabarnya..

    Haturnuhun


    • selamat malam pak salam kenal saya budidaya paten silahkan hub 91419774 untuk harga sekarang untuk saya jual 85,ukuran 3/4 in sekarang ada 400 rb ekor


  97. Wah Harga Lumayan Murah Rp. 95.. Tapi Kalau saya mau Beli Kemana. Bibit ada didaerah mana? Terus saya harus Komunikasi dengan siapa?

    **
    Mas nandang mohon info sedikit diperjelas

    Sukses Selalu!


    • Salam kenal..
      kang Asep, saya dari aquatic farm ingin mencoba menawarkan bibit yg kamii produksi..
      ukuran 3/4 rp 65
      ukuran 1 rp 90
      jika kang asep berminat dapat menghubungi saya di 081318194678
      lokasi pembenihan kami di daerah bogor, jabar


  98. Assalamualaikum..
    salam kenal.. nama saya Reza Fariza, saya salah satu petani ikan patin. saya juga mau numpang jualan ya bu riva.. hehehehehe.. kayak pak Eko dkk. diatas..
    Bagi yang minat beli bibit ikan patin, saya jual dari ukuran 3/4″ s/d 2″ dengan harga:
    – ukuran 3/4 inch: Rp.90
    – ukuran 1 inch: Rp.110
    – ukuran 1,5″ inch: Rp.150
    – ukuran 2 inch: Rp.250
    Harga belum termasuk ongkos pengiriman, dan masih bisa nego.. atau bisa juga lihat di blog saya(http://reza-business.blogspot.com)


  99. Maaf, no. kontaknya ketinggalan
    reza fariza (0251-8629502/08111103591)email: re.fariza@gmail.com

    nuhun pisan, ibu…


  100. kang asep ini no kontak saya *** 081381133324 ***
    pembibitan di daerah purwakarta, bibit mulai dari : 1,2,3,4 inc sampai dengan 5 inc. mudah mudahan kita bisa saling komunikasi dan silaturahmi..

    Haturnuhun


    • kang salam kenal. saya mau coba nanti tak bel
      tapi saya di bandung soreang o81809233001. tolong dbantu bibitnya


  101. “GAWING PATIN”
    Kami menyediakan bibit ikan patin
    ukuran 1. 3/4 harga Rp. 80
    2. 1 ” harga Rp. 120
    3. 1 1/2 harga Rp. 155
    4. 2 ” harga Rp. 180
    5. 2 1/2 ” harga Rp. 260

    Contact Person : Wawan Tlp. (021) 98778079
    Hp. 085781688125
    Barang siap antar “Terima Kasih”


  102. kami mempunyai bibit sebanyak kurang lebih 800000 ekor akan kami jual ukuran 1 sampai 3 harga nego. lokasi parung hijau.


  103. bila ada yang butuh bibit ikan patin kami mempunyai 800,000 ekor 1 sampai 3. silahkan hubungi 081218611146,081808040833


  104. halo ibu Riva dan kawan-kawan semua,
    salam kenal semuanya.
    saya ubed dari kediri. saya senang bisa gabung disini. saya di rumah lagi belajar usaha patin.


  105. Salam kenal, teh bade ngiringan jualan..
    Saya pengusaha patin dari Bogor menjual bibit dari 3/4 s.d 2″ (inchi) kira2 kalau saya ingin jual langsung ke tempat pembesarannya bagaimana ya caranya.. ada yang bisa bantu?

    terima kasih


  106. hapunteun hilap no hpna..
    kalau ada yg berminat atau bisa membantu saya silahkan contact saya di 081318194678 atau dianperdana27@yahoo.com


  107. Assalamualaikum, semua..
    saya reza fariza.. saya ada ikan patin super ukuran 2″ sejumlah 50.000 ekor mungkin ada yang berminat silahkan hubungi saya di 08111103591 harga Rp.200,- masih nego, tanpa ongkos kirim…
    makasih


  108. saya butuh bibit ikan patin 50.000 ekor untuk daerah kuningan jawa barat ukuran 2″ kalau ada tolong hubungi saya di tlp. 083891080355


    • *******************
      Bpk : Akson, mungkin bapak bis alangsung Kotak Dengan Bpk reza fariza
      ****
      saya reza fariza.. saya ada ikan patin super ukuran 2″ sejumlah 50.000 ekor mungkin ada yang berminat silahkan hubungi saya di 08111103591 harga Rp.200,- masih nego, tanpa ongkos kirim…

      Terima kasih dan Sukses Selalu.!


  109. maaf tdi saya mendownload budidaya ikan patin yang dri menristek tapi ko gambarnya ikan nila. tlong untuk dirubah ya….


  110. Met kenal, saya sedang mencoba membibitkan patin tapi kenapa pada umur satu mg atau ketika mulai makan artemia banyak ikan yang mati?


  111. saia sangat tertarik membaca artikel ini..saia pun berkeinginan untuk berternak ikan patin,tp saia blum sama sekali pnya pengalaman untuk berternak..

    yg saia ingin tanyakan brp modal yg di butuh kan unutk memulai usaha ternak patin ini(termasuk lahan).

    mohon penjelasan nya trim’s sesudah dan sebelum nya..

    saLam paTin


  112. klo bisa jangan yang nyari bibit aja dong beri informasi kepada para peternak harus kemanakah mereka menjual hasil budidayanya nanti trs berapa harga pasaran dan ukuran yang layak jual untuk dipasaran…jangan lupa cantumkan nomer telepon yg dapat dihubungin biar tidak susah…


  113. Salam…

    Saya mau buat kolam untuk ikan patin kira2 1000 ekor total beratnya kurang lebih 3000 s/d 5000 kg,
    dengan ukuran ikan 2 – 10 kg/ekor.Tujuannya untuk menyalurkan hobby mancing saya.
    1. Kolam yang ideal untuk pemeliharaan ikan patin
    itu ukurannya berapa ya dengan menggunakan
    pengairan sistem irigasi?
    2. Terus untuk pengobatan terhadap luka akibat
    pancing itu biasanya diberi apa ya?
    3. Untuk mendapatkan ikan patin ukuran 2 – 10 kg.
    didaerah semarang dimana ya??

    Mohon informasinya. Thanx berat ya….


  114. Salam..

    Kami dari Aquatic Farm menyediakan benih patin ukuran 3/4\’ s.d 1\’ dengan harga SBB:

    Ukuran 3/4 rp 65
    Ukuran 1\’ rp 90

    jika ada yang berminat dapat menghubungi saya di 0813-1819-4678

    Trims


  115. assalamu’alaikum

    ingin belajar nih, saya baru mulai belajar pendederan patin dari larva ke 3/4-1″,wadah yg sy gunakan aquarium 100x50x40, bulan yang lalu saya membeli 110 ribu larva tapi ternyata yang bisa dipanen hanya 30ribu,setelah membaca blog ini n comment2nya kok sepertinya beda dengan pelajaran dari trainer saya,ada beberapa pertanyaan :
    1. trainer saya mengajarkan padat tebar larva 50-70larva/liter,bahkan ketika pelatihan saya diajarkan menebar 25ribu larva pada bak fiber bulat berdiameter 1,5 m,tetapi di blog ini diajarkan 500-600/m2. jadi mana yang benar..??
    2. berapa kali dalam sehari sebaiknya pemberian pakan artemia, kutu air dan pellet, yang diajarkan saat pelatihan adalah artemia (tiap 3 jam), kutu air (tiap 4 jam) dan pelet (tiap 6-8 jam.
    3. apakah memang pergantian air itu harus dilakukan setiap hari untuk proses pendederan ini
    terimakasih atas pelajaran yang bisa saya dapatkan
    saya tinggal di kramat jati, jakarta timur
    nomor kontak : 081387647570,02133992536(flxi)
    jazakumullahu khairan katsiran


  116. assalamu’alaikum
    saya ingin menawarkan jasa pembibitan ikan patin dari pemilihan biang/indukan yang baik sampai mengurus larva hingga menjadi 3/4 yang super dan cara menghindari tingkat kematian hingga 95% dikenakan biaya 2.500.000. untuk penyuntikan di tempat/lokasi anda kami kenakan biaya 3.500.000,sampai menjadi larva yang sehat dan biaya tersebut sudah termasuk obat-obatan. kalau temen-temen ada yang berminat atau tertarik untuk belajar hub saya di no 02195202436 a/n zig. trima kasih


  117. Menjual artemia supreme, pakan ikan dan ovaprim dengan harga murah juga menjual bibit ikan patin dan semua jenis ukuran dengan harga murah. jika berminat dpt menghubungi

    Ivan
    021-92092930


  118. salam patin
    saya sedang usaha pembenihan ikan patin dari larva ke 1 – 2 ins, tetapi ikan sering terkena penyakit, ikan mati satu per satu, cir – cirinya :
    badan merah2 seperti luka
    ikan sering di permukaan
    ikan yang sehat akan tertular
    tolong minta saran bagaimana pengobatannya bila ikan seperti itu dan apa obatnya trima kasih


  119. Salam..
    Saya pndatang bru nih,
    Slm knal ‘n mkash bwt ibu riva.
    Insya Allah Sya mw cba ternak patin,
    Sya tnggal di plg, Mw cri bi2t patin qra2 dmana brangkli ada tman2 yg bs bntu, tlp sya 081977797007


    • Pak Herri, ,mungkin kami dari Aquatic Farm dapat membantu bapak yang sedang mencari bibit patin.. lokasi kami di daerah Bogor JABAR.. harga benih patin 3/4 Rp 70, sedangkan untuk yang ukuran 1 inchi rp 90.. atau bapak bisa kontak saya di 081318194678


  120. Ass.salam kenal…
    saya pendatang baru niy..udah mulai usaha patin selama 2 bulan lebih tapi bingung pemasarannya..bisa bantu teh..kang..?


  121. klu ada yg bisa bantu..call saya di 081382188263 atw 081905577187 atw 021-94196848 mksh..


    • Usaha Ikannya di daerah mana Teh! Terima kasih! Ukuran Ikan yang akan di pasarkan seperti apa?


      • Ass. kang maman..usaha saya ada di daerah cibubur..ukuran 1 1/2′ – 2′ ada -/+ 400 ribu ekor..kang..


  122. saya dari malaysia pengusaha kolam pancing. ingin mencari patin berat 15kg keatas. 60176068889 zahrin


  123. ass….salam kenal
    saya peternak ikan baru dua bulan berjalan…saya menawarkan ke semua teman2 peternak ikan apabila yang berminat tuk membeli ikan patin bibit dari 1″ – 2″.jika da yang berminat hub…08176843781


  124. informasinya yahud deh,… idem komentnya dengan mbak rivafauziah kalau manusia terus bertambah walau ikan juga makin bertambah orang yang menernakkannya, hidup ikan patin, saya juga mau coba nernak,…..


  125. Salam,

    Saat ini saya ada ukuran 3/4 – 1.5″ +/- 200,000 ekor
    di parung, bogor yang tertarik hubungi 087770138149 (madroji).


  126. selamat siang semua mau nanya ada gak yang punya biang patin ukuran 7 kg keatas, kalo temen-temen ada info bisa hub saya di no 96188268. dan saya ada bibit ukuran 3″ sebanyak 100 rb ekor dengan harga Rp.270,-/ekor harga masih bisa nego harga belum termasuk ongkos kirim, dan bagi temen-temen yang mau belajar penyuntikan patin kita bisa bantu. thank’s ya…


  127. Terima kasih Blognya Ibu Riva mengenai IKAN PATIN. Saya jadi banyak info mengenai ikan patin dan kotak person pengusaha ikan patin dari blog ini.

    Sekali terima kasih! dan sukses buat ibu riva.


  128. salam, kenal teman-teman, perkenalkan sy doní. Dicibanteng proyek bogor saat ini punya bibit patin uk 1″ ada 30 rb, bagi teman yg butuh sekarang, tlpn 081210326490


  129. Salam kenal semua,

    Bagi teman2 yg membutuhkan ikan patin 3/4′ Silahkan menghubungi saya di 0859 212 828 98 atau 0819 0811 5888
    Lokasi saya di Bumi Serpong Damai.

    Terimakasih dan Sukses selalu untuk teman2 !


  130. Trimakasih blognya ibu Riva Fauziah mengenai ikan patin, mudah2 lewat blog ini saya dapat relasi. Saya pembibit patin jalan sampai saat ini blom pnya pasar tetap langsung ke pembesaran, saya jual 3/4 – 1″ kapasitas 200 – 6↲


  131. mas saya ingin ngabung gimana caranya


  132. Buat temen -temen yang membutuhkan bibit ikan patin saya mempunyai bibit patin ukuran 3″ up dan 5″ harga nego ada 100 rb ekor di daerah subang.yang berminat bisa menghubungi saya: irvan 022-91219109 08122051290


  133. Ass..

    Temen-temen..saya lagi ada bibit patin ukuran 3″ kurang lebih ada 30 ribu ekor..dijual cepat.. siapa yg minat, silahkan datang atw telp ke 081382188263, esia 94196848..di tunggu ya..


    • Buat teman-teman yang membutuhkan bibit ikan patin saya mempunyai bibit patin ukuran 4″up dan 5″ ada 100 rb ekor di daerah pagaden (subang),yang berminat dapat menghubungi saya.irvan 08122051290 – 02291219109


  134. saya baru di bidang peternakan neh( baru berminat) ,,,,
    mohon bantuan rekan2 yang berdikusi sama saya. siapa tahu saya lebih tertarik lagi beternak ikan patin.

    mohon panduan rekan2 semua.

    ym : ariganda@yahoo.com


    • mas ari saya irvan saya ingin sekali berdiskusi mengenai ikan patin,mas ari sendiri tinggal dimana?


  135. dijual ikan patin ukuran 5″ s/d 6″ harga rp 500 nego hub :irvan 022-91219109 08122051290


  136. saya punya benih patin ukuran 3 inch sebanyak 60-80 ribu ekor harga nego, lokasi ciseeng parung. yang berminat hubungi 081317070990


  137. saya punya benih patin ukuran 3 inch sebanyak 60-80 ribu ekor, harga nego, di ciseeng parung. yang berminat hubungi 081317070990. tks


  138. saya akan mengembangkan ikan patin di mataram lombok ntb, dimana saya bisa memperoleh bibitnya dan berapa per ekornya terima di tempat?


  139. puntuen ikutan gabung ah ? mau nawarin larva nih…?klo ada yg minat boleh deh call or sms jg boleh…08881491456 / 085691198006 terima kasih


  140. oiya lupa ane ipung dr bogor ato ke email jg bisa lauk_sius@yahoo.com


  141. Saya produsen benih patin .saya siap suplay partai besar da size larva smp 2 in tergantung pesanan .contak saya di 081915215038.ok ditunggu.hantchery saya di cianjur.


  142. punten ikut iklan.jual bibit ikan patin ukuran 5″ up rp 400 tidak termasuk ongkos kirim
    hub:08122051290 – 02291219109


  143. punten ikut jual bibit ikan patin ukuran 1 inch = 80 rp

    hub 0816732213


  144. camekum…. punten ah ngarewong, saya punya kolam ukuran 7×12 m di daerah rajamandala, air dari irigasi saguling, kira2 patin apa yang cocok untuk pembesaran? butuh berapa ekor larva ukuran kolam segitu? mungkin dari sekian banyak senior2 patin farmer bisa membatu ngasih info kanngo abdi… sms di 081322679078
    kang tantan wilujeung kenalan ah, rada caket cianjur mah


  145. saya punya bibit 1,5 in sekitar 70.000 ekor siap jual ada yang berminat hub. hp 088210818524


  146. Asalamu alaikum, Teh Riva Fauziah perkenankan nama saya Asyari sedang belajar mengembangkan budidaya ikan patin di daerah Sukabumi, kira – kira sebulan lagi mau dipanen untuk ukuran 1 Kg 4 sampai 5 ekor, saya belum menemukan calon pembeli dan harga pasaran yang berlaku saat ini untuk ukuran tersebut. saya mohn bantuannya/kerjasamanya. Trima kasih. Wassalam.


  147. HOUSE PATIN
    Kami menyediakan bibit ikan patin
    ukuran 1. 3/4 harga Rp. 75
    2. 1 ” harga Rp. 100
    3. 1 1/2 harga Rp. 120
    4. 2 ” harga Rp. 150

    Contact Person : iqbal Tlp. 08568224982
    Hp. 081316515464
    Barang siap antar “Terima Kasih”


  148. As.wr.wb. Saya syukur dari unit usaha pembenihan patin Pesantren azhary Ciseeng. Saat ini saya punya benih ukuran 3/4 sekitar 300.000 ekor. mau di jual harga @ Rp 65 diambil di tempat. Lokasi Pesantren Azhary Kmp Cimeong, cibeuteung muara Ciseeng parung Bogor 0251. 8541584 / 021 70503805


  149. Salam..

    Kami menyediakan BIBIT PATIN sebagai berikut ;
    1. Ukuran 3/4″ = Rp 110,
    2. Ukuran 1″ = Rp 140,
    3. Ukuran 1 1/2″ = Rp 170,
    4. Ukuran 2″ = Rp 200,

    Harga NEGO dan sudah termasuk biaya kirim.

    Bagi teman-teman yang berminat silahkan menghubungi 021-98511289. Dengan Syarif

    Terima kasih..


  150. Ass.

    Inf.lg buat teman2 yg msh minat beli bibit patin uk.3/4″ & 1″ ada -/+ 400 ribu ekor,harga Rp 70,-& Rp 90,- (bisa nego) silahkan call saya 081382188263 / 94196848 atw dtg lgs ke hetchery saya di daerah cibubur..ditunggu..mksh…


  151. JUAL BIBIT PATIN – NILA – LELE

    jual BIBIT / LARVA

    1. NILA (Oreochromis niloticus)

    Larva = Rp.40/ekor
    2cm = Rp.80 /ekor

    sedia NIRWANA, GIFT, dll

    2. PATIN siam (Pangasius hypopthalmus)

    3/4inch = Rp.90/ekor
    1 inch = Rp.150/ekor

    3. LELE sangkuriang ( Clarias F2 x F2-6 )

    1-2cm = Rp. 60/ek
    3-5cm = Rp. 90/ek
    5-6cm = Rp.120/ek
    6-7cm = Rp. 150/ek
    7-9cm = Rp. 180/ek

    TERMURAH..
    GAK ADA MIN PEMBELIAN (AMBIL DI TEMPAT)
    MELAYANI SELURUH NUSANTARA

    HUB: 08788 05 86 907 (JAKARTA)


  152. punten……..
    kren abisz blognyakang, tapi kuran satu sih menurut saya kasih videonya dong…….


    • Terima kasih kang reza… kalau blog pakai video pastinya akses Blog menjadi lambat, apalagi yang pakai betwit pas2an seprti kita.. bisa2 blog tdk dapat diakses.. **terima kasih sarannya kang! akan kita coba!


      • bos…saya gabung nih saya minat untuk usaha patin


  153. jual bibit ikan patin ukuran 5 inc s/d 6 inc rp 500 belum termasuk ongkos kirim lokasi subang hubungi irvan ; 08122051290


  154. saya tertarik dengan budidaya ikan terutama budidaya ikan patin. tapi saya belum pernah melakukan budidaya ikan tersebut. mohon dibantu cara budidaya dan informasi pemasarannya


  155. barangkali dari temen2 ada yg perlu bibit patin ukran 1 inc hgrga Rp 80, ngambil bnyak masih bisa nego hub **** 0813811133324 **** turnuhun


  156. punten nomernya kebanyakan ini yg benar ==== 081381133324 ====


  157. Para sudarasaudaraku pengusaha patin semoga kita dalam lindungan ALLAH TAALA Salam kenal kami juga kelompok pengusaha ternak paten, akan tetapi saya kesulitan untuk pemasaranya,untuk saat ini saya punya stok 450 Rb dengan ukuran 1″ kami akan JUAL 75 RP bagi yang berminat HUB 91419774 KHUMAYDY,


  158. menagap tidak mudah menemukan ikan pati di pasar tradisional di surabaya?? aku harus beli di superindo…capek deh!!!!


  159. Ass…numpang mejeng bos…? saya ada ikan paatin ukuran 3/4…ada yg minat..bisa hub saya di 085691198006 ato 08881491456 terimakasi …..


  160. Bos saya butuh bibit ikan patin ukuran 2cm sekiar 2000an, lokasi di semarang harga per ekor berapa?
    tlong di bls ne email.
    thanks


    • saya ada sekitar 5000 an ekor ukurann 2.5 cm harga rp 110/ekor silahkan hubungi saya di jogja sulis 0815 7806 8799


      • hello,,bos saya berminat untuk budidaya ikan patin masalahnya untuk pengadaan bibit sangat sulid didapat


  161. Mungkin akang2 ada yg berminat saya punya Induk benih Ikan Patin sebanyak 45 ekor berat rata 2 kg.
    saya mau jual Rp. 70.000,- bisa hubungi saya di 08129094381, Nuhun


  162. bagi rekan – rekan seBangsa dan seTanah Air yg butuh bibit patin ukran 3″ taw 2″ wilayah barat bsa hub, saya di 081218787475 / 087771313336 / kantor (0254)386430.


  163. tuk harga dpt disesuaikan dg pasaran serta psanan dpt dkirim.


  164. saya jual CD cara budidaya ikan patin yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: