h1

Dugaan Korupsi Laporkan

July 10, 2007

janganragu.jpgPenghargaan kepada masyarakat yang berhasil membongkar kasus korupsi masih minim. Padahal, banyak kasus korupsi dapat diungkap berkat laporan masyarakat, dengan resiko digugat balik oleh terlapor.

Masyarakat dapat berperan serta membantu upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Begitulah ketentuan Pasal 41 ayat (1) UU Nomor 31 Tahun 1999. Oleh Pemerintah, peran serta masyarakat tersebut diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2000.

Pasal 7 PP ini menyebutkan bahwa setiap orang, organisasi masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat yang telah berjasa dalam usaha membantu upaya pencegahan atau pemberantasan tindak pidana korupsi berhak mendapat penghargaan berupa piagam atau premi.

Namun, hampir enam tahun paska berlakunya PP tersebut, baru sedikit anggota masyarakat yang telah menerima penghargaan itu. Betulkah peran serta masyarakat masih minim dalam pemberantasan korupsi? Atau sebaliknya banyak kasus korupsi yang berhasil dibongkar justru berkat peran serta masyarakat?.

Menurut Emerson Yuntho, Koordinator bidang Monitoring Peradilan Indonesian Corruption Watch (ICW), sebanyak 90 persen kasus korupsi di Indonesia justru dapat dibongkar berkat laporan masyarakat. “Semua kasus korupsi yang berhasil dibongkar rata-rata berasal dari laporan masyarakat, bisa disebut 90 persen. Di ICW pun lebih begitu, sekitar 95 persen dari laporan masyarakat,” akunya.

Emerson menambahkan, laporan masyarakat banyak yang tidak ditindaklanjuti oleh penegak hukum dengan alasan kurang bukti. “Padahal, masyarakat mempunyai keterbatasan untuk memperoleh bukti-bukti lanjutan, tidak seperti penegak hukum yang memang diberikan wewenang untuk itu. Lagi pula, korupsi bukan delik aduan. Laporan masyarakat bisa berfungsi sebagai pintu gerbang penyidikan dugaan korupsi yang dilaporkan,” cetusnya.

Sementara itu, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi SP menjelaskan terbongkarnya kasus korupsi, khususnya yang diusut oleh KPK bisa terjadi karena dua hal, yaitu karena adanya informasi yang dicari dan diperoleh KPK sendiri dan informasi atau pengaduan yang berasal dari masyarakat.

Kutip : HukumOnLine

3 comments

  1. Setuju..!! korupsi Laporkan. Peran masyarakat sangat membantu pencegahan tindak korupsi.


  2. setuju wae lah


  3. hell ya…teman2 sekarang lagi bongkar kasus korupsi dah beberapa kali aksi. klo teman yang ada di sana anti korupsi juga mari bersama-sama..( kami butuh dukunganmu bukan rasa kasihan )malu dong sama pic tan malaka yang nempel ..he .he..



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: