h1

Honor Guru MD Mulai Dicairkan Pekan Depan

August 1, 2007

CIANJUR|Penantian ratusan guru madrasah diniah (MD) penerima bantuan stimulan di Kab. Cianjur terkait kepastian pembayaran honor mereka yang belum dibayarkan, mulai mendapat titik terang. Mereka mendapat kabar, honor yang hampir sembilan bulan belum dibayar akan segera direalisasikan Pemkab Cianjur. Rencananya, bantuan provinsi tahun 2006 senilai Rp 360 juta yang tidak masuk dalam APBD Cianjur tahun 2007 tersebut akan dicairkan mulai pekan depan.

Mengenai adanya kabar tersebut, Ketua Kelompok Kerja Madrasah Diniyah (KKMD) Kec. Cianjur Dadan Iskandar membenarkannya. Menurut Dadan, dirinya telah mendapat kabar Pemkab Cianjur akan segera membayar honor guru MD. Malahan berdasarkan informasi yang diterimanya, waktu pembayaran akan dilakukan secara bertahap, seperti bagi guru MD di wilayah Cianjur Utara rencananya akan direaliasikan, Kamis (6/9). Kemudian menyusul wilayah Cianjur selatan, Senin (10/9).

Dia mengatakan, kepastian tentang pencairan bantuan dana stimulan itu merupakan buah dari perjuangan dan desakan para guru yang telah disampaikan kepada Pemkab Cianjur. Namun, bila dibanding tahun-tahun sebelumnya, diakui Dadan, pencairan bantuan stimulan provinsi tahun ini mengalami keterlambatan. Padahal, para guru MD sangat membutuhkan dana tersebut. Apalagi para guru MD tersebut tidak memiliki gaji tetap, selama ini mereka mengandalkan dana dari infak murid.

Dikatakan Dadan, para guru MD sangat menanti-nanti bantuan dana stimulan itu. Walaupun nilainya tidak terlalu besar, bantuan itu sangat dibutuhkan dan membantu mereka menutupi kebutuhan hidup.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Cianjur Maskana Sumitra memastikan, dana itu akan dicairkan sesuai jadwal yang telah diinformasikan. Dia mengatakan, dana tersebut memang ada, tetapi tidak ter-cover dalam APBD tahun 2007. Setelah melakukan kajian dan berbagai pertimbang, kami memilih alternatif menggunakan dana talangan untuk membayar honor guru MD. Namun secara definitif, realisasi dana itu masuk dalam perubahan APBD 2007 nanti. “Dananya memang ada, tapi secara definitif tetap harus masuk dulu ke perubahan anggaran. Mudah-mudahan mulai minggu depan sudah bisa dicairkan,” ujarnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Cianjur Dudi Aryadikara mengatakan, keterlambatan pencairan dana itu seharusnya tidak perlu terjadi. Dudi mengaku masih menyangsikan rencana pemerintah mencairkan dana tersebut kepada para guru, sebelum diterima langsung di tangan para guru. Sumber :http://www.pikiran-rakyat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: