h1

Panduan Artikel Ilmiah

August 11, 2007

PROGRAM INSENTIF
PENERBITAN ARTIKEL ILMIAH
PADA JURNAL INTERNASIONAL


A. LATAR BELAKANG

Diseminasi hasil penelitian pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari kegiatan penelitian secara keseluruhan. Diseminasi dapat digunakan sebagai indikator kualitas penelitian melalui publikasi pada jurnal ilmiah yang bermutu.
Dalam masyarakat ilmiah yang relatif belum berkembang, kegiatan diseminasi melalui peer-review perlu diberi dorongan dan insentif yang memadai. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan gairah peneliti Indonesia untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah bertaraf internasional.

B. TUJUAN
Untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan para peneliti yang telah menghasilkan penelitian yang bermutu untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah yang bermutu bertaraf internasional.

C. JUMLAH INSENTIF
Insentif penerbitan artikel ilmiah diberikan maksimum sebesar Rp 5 juta dipotong pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

D. MEKANISME EVALUASI
1. Persyaratan

  1. Dana bantuan diberikan sebagai insentif kepada peneliti perguruan tinggi yang tulisan/artikelnya telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah bertaraf internasional.
  2. Pengusul yang diperbolehkan mengikuti program ini adalah peneliti atau penulis  dari perguruan tinggi di lingkungan Depdiknas yang artikel ilmiahnya telah diterbitkan pada jurnal ilmiah internasional (bukan proseding) terbitan 2 (dua) tahun terakhir. Artikel yang sedang diproses untuk diterbitkan, tidak disertakan dalam evaluasi.
  3. Pengusul adalah penulis pertama. Jumlah penulis dalam artikel ilmiah tersebut maksimal 5 orang. Bantuan insentif penerbitan diberikan kepada penulis pertama.
  4. Pengusul diperbolehkan mengusulkan lebih dari 1 (satu) artikel tetapi hanya diperbolehkan menerima 1 (satu) hibah. Usulan lebih dari 1 (satu) dijilid terpisah.
  5. Pengusul hanya diperbolehkan menerima 1 (satu) kali hibah..
  6. Untuk mengangkat derajat/nama Indonesia dalam forum internasional, maka nama institusi penulis pertama harus dicantumkan.
  7. Artikel ilmiah ditulis dalam salah satu bahasa resmi dalam forum PBB: Inggris, Perancis, Spanyol, Cina dan Arab.
  8. Pengusul harus mengisi format Usulan Insentif Penerbitan Artikel Ilmiah.

DOWNLOAD FILE : panduan_insentif_artikel.doc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: