h1

SOFTWARE APLIKASI PEMERINTAHAN

February 7, 2008

SOFTWARE APLIKASI PEMERINTAHAN

  • SIMTAP
  • SIEDA
  • SIMDA
  • SIMDUK
  • SIMBADA
  • SIMPOTDA

Ketersediaan data dan informasi yang dimiliki oleh suatu institusi/pemerintahan akan sangat membantu proses pengambilan kebijakan yang menyangkut kepentingan bersama. Pengambilan kebijakan yang didukung oleh data akan berpengaruh besar terhadap pola implementasi di lapangan. Sebaliknya keputusan yang diambil secara spekulasi biasanya akan berujung kepada kegagalan.

Namun data yang terdigitalisasi ini pun membutuhkan waktu untuk analisa yang lebih lama bila tidak digabungkan ke dalam suatu sistem informasi. Sistem informasi adalah sistem yang digunakan untuk menyimpan sekaligus menganalisa data-data yang sudah diinput serta menghasilkan suatu format laporan yang merepresentasikan data-data yang telah diinput. Sistem informasi merupakan gabungan antara bahasa program yang didukung dengan sistem database.

Definisi Database
Dalam bidang komputasi, database didefinisikan sebagai himpunan rekaman atau data yang terstruktur di dalam sebuah komputer sehingga sebuah program dapat mengakses rekaman atau data tersebut untuk menjawab suatu query. Database merupakan metoda yang dipilih untuk penyimpanan aplikasi besar yang digunakan bersama-sama, multiuser dimana dibutuhkan koordinasi antar banyak user. Database digunakan dalam banyak aplikasi, menjangkau secara virtual seluruh cakupan software komputer. Software database tersedia untuk beragam platform sehingga software aplikasi yang menggunakan database ini dapat dibuat dengan Application Programming Interface (API) umum untuk membaca, menulis, serta mendapatkan informasi yang tersimpan dalam sebuah database. Dua API database yang sangat umum digunakan adalah JDBC dan ODBC. Database juga bisa merupakan tempat kita menyimpan data serta menyusunnya secara mudah dan efisien.

Database berbasis Web
Dengan teknologi jaringan dan internet yang berkembang dewasa ini, dengan karakteristik informasi yang dapat dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, maka software aplikasi dituntut untuk bisa mengimplementasikan platform internet/web. Database berbasis web menjadi solusi yang menjawab kebutuhan implementasi internet ini. Database berbasis web adalah software aplikasi database yang bisa diakses menggunakan media jaringan/internet.
Bahasa pemrograman PHP (PHP Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk menghasilkan dynamic web page. PHP digunakan untuk ‘server-side scripting’. Umumnya PHP berjalan pada web server. Arsitekur LAMP merupakan arsitektur yang populer di industri web sebagai satu metode untuk mengimplementasikan sistem informasi yang murah, tangguh, skalabel, dan aman. PHP ini sendiri sudah banyak dipakai untuk sejumlah besar database relasional. Salah satu contohnya adalah database MySQL.
Paduan antara PHP dan MySQL menjadi satu fenomena perkembangan aplikasi berbasis web saat ini. Didukung oleh segenap webhost serta server-server standar berbasis unix/linux/windows. Dengan pemanfaatannya yang optimal dapat mempermudah representasi data-data pada sistem informasi yang dikembangkan dalam terutama untuk pengembangan sistem informasi di instansi pemerintahan dalam kerangka e-government.

Penguasaan terhadap sistem database berbasis web oleh SDM di masing-masing instansi dapat menunjang terpenuhinya kebutuhan dalam pemanfaatan sistem informasi. Aplikasi-aplikasi dapat dikembangkan dan dijaga oleh masing-masing staf untuk selalu memutakhirkan data. Data tersebut dapat langsung ditampilkan dalam format webportal yang bisa diakses oleh segenap stakeholder pemerintahan serta dibagi kepada orang-orang yang membutuhkan guna menunjang pengambilan keputusan berbasis data. Sehingga keputusan yang diambil tersebut dapat mencapai sasaran.

Fitur Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Terintegrasi tersebut mempunyai beberapa keunggulan diantaranya:

  • Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet).
  • Tidak perlu diinstall di setiap client dan bisa jalan di sistem operasi apapun (Open System).
  • Server berbasis Linux/ Unix yang relatif lebih aman dari gangguan virus komputer dan hacker.
  • Manajemen sekuritas akses user terpusat (sentralisasi pengaturan hak akses user sesuai tugas dan wewenangnya/ bertingkat).
  • Support dan pemeliharaan jarak jauh (Remote Admin)
  • Aplikasi yang ringan dan cepat (tidak memerlukan spesifikasi hardware tinggi)
  • Dapat di akses dan bertransaksi dari manapun juga menggunakan internet.
  • Laporan Eksekutif (Executive Information System) yang bisa di akses oleh Kepala Dinas dan jajaran eksekutif lainnya (anytime & anywhere) melalui

– Internet
– PDA
– Handphone

  • Diintegrasikan dengan SMS Gateway Server untuk Layanan Mobile Gov sehingga memungkinkan transaksi melalui SMS

Sumber : http://telematika.co.id | Telematika Indonesia KLIK SINI

SMS INFO : 0856 800 4200

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: