h1

Dunia Pendidikan terpuruk, Guru-Guru Cianjur Malah Jalan-Jalan ke Malaysia

April 5, 2008

Cianjur:Tuti Komalasari, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri III Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, termangu di ruang kerjanya. Tangannya memegang selembar surat edaran yang baru diterimanya dari petugas Pos. Surat berkop Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur itu berisi ajakan kepada para guru se Cianjur mengikuti tour ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Benak Tuti pun nglencer antara tugas-tugas menjelang ujian akhir tahun siswa dengan pemandangan seputar menara kembar Petronas di Ibukota Malaysia itu. Ekspresi wajahnya susah dilukiskan. Antara matanya yang membinar kesenangan, tapi juga senyum kecut yang tersungging di bibirnya. Apalagi melihat angka yang tercantum dalam surat itu. “Yah, kalau pun ikut, darimana biayanya” gerundel Tuti sambil melipat kembali surat itu.

Tuti adalah satu diantara sekian guru-guru di Kabupaten Cianjur yang Rabu lalu menerima surat itu sambil mengerundel. Maklum saja, surat edaran dari Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur mengajak 40 guru SD, SMP, SMA dan SMK di Cianjur untuk studi tour ke Kuala Lumpur Malaysia, 30 Mei – 2 Juni 2008.

Temanya sih menarik, “ Tour Education Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur” . Tapi yang menyesakkan banyak guru-guru itu, surat yang diteken Ketua Dewan Pendidikan Mamad Djunaedi dan Ketua Pelaksana, Zulaiman Zuhdi menyebut kutipan Rp 5 juta bagi peserta guru yang ikut. Ongkos yang lumayan besar bagi guru-guru daerah seperti Tuti. Apalagi di tengah kebutuhan hidup yang semakin mencekik.

Tentu saja, tawaran jalan-jalan para guru itu mejadi gunjingan tak sedap. Beragam tanggapan pun muncul. Wakil Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Djadjang Sofwan Haris menganggap kegiatan studi tour itu sebagai mengada-ada. Seharusnya, kata Djajang, Dewan Pendidikan tak melakukan kegiatan yang sifatnya alih fungsi dari Dinas Pendidikan. “Terlalu over dengan kegiatan. Mereka seharusnya hanya bertugas mengawasi, bukan melakukan kegiatan,” ujar Djadjang.

Apalagi kegiatan itu tak relevan. Dalam kalender pendidikan, Mei dan Juni adalah waktu sibuk tiap sekolah menghadapi ujian. “Kalau dipakai bepergian malah jadi tidak produktif,” kata dia.

Sekretaris Komisi Pendidikan DPRD Kabupaten Cianjur Dudi Aryadikara meminta kegiatan itu tak dilaksanakan. Dudi akan segera memanggil Dewan Pendidikan memberukan penjelasan mengenai masalah itu. “Mereka tidak boleh berangkat, ini apa-apaan,” ujar Dudi dengan nada berang.

Menurut Dudi, tawaran Dewan Pendidikan itu sungguh tak lucu. Apalagi tawaran jalan-jalan dilontarkan di tengah kondisi terpuruknya dunia pendidikan Kabupaten Cianjur. Ia menujuk rendahnya angka partisipasi kasar (APK) Pendidikan Dasar 9 Tahun di level Jawa Barat. “Cianjur berada di level terendah, nomor 25 dari 25 kota/kabupaten di Jawa Barat. Lah, ini malah mau jalan-jalan,” Dudi melanjutkan.

Dudi memandang ironis jika pilihan studi banding untuk meningkatkan wawasan dilakukan ke Malaysia. Padahal, sambung Dudi, beberapa tahun lalu Malaysia melakukan studi banding ke Indonesia. “Apa itu bukan ironis namanya,” imbuh dia.

Sekretaris Dewan Pendidikan Awaludin beralasan, kegiatan itu sebenarnya untuk menambah wawasan para guru soal perbaikan mutu pendidikan. Namun ketika ditanya timing dan ide jalan-jalan itu, Awaludin buru-buru mengaku tak dilibatkan dalam masalah itu. Ia juga terkesan menghindar dari pertanyaan. Sayangnya, Mamad Djunaedi maupun Sulaiman Zuhdi, saat dihubungi, telepon selularnya tidak pernah aktif.

2 comments

  1. Hahahahaha……… Biarin, namanya juga anak-anak. Kan pengen maen.Wkwkwkwk


  2. Jika anda seorang guru yang ingin belajar bahasa Inggris, terlebih mata pelajaran bahasa Inggris, saya undang anda untuk mengunjungi blog saya http://www.myenglish01.wordpress.com untuk mendalami metode pengajaran bahasa Inggris di sekolah serta berbagi pengalaman dalam mempelajari dan mengembangkan metode pembelajaran bahasa Inggris.
    Saya tunggu kedatangan, saran dan kontribusi anda!

    Herri Mulyono



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: