h1

Jenuh – Kejenuhan

July 5, 2008

Kalimat yang tidak asing terdengar namun sulit untuk dijabarkan secara terperinci. Jenuh atau kejenuhan merupakan hal yang lumprah dan sering di alami oleh beberapa orang. Bahkan sebagian orang pernah mengalami apa yang dinamakan kejenuhan. Banyak faktor yang bisa mengalami kejenuhan. Menganggur terlalu lama misalnya dapat menjadikan kejenuhan. Atau mungkin rutinitas pekerjaan yang dari hari-kehari seputar itu dan itu terus. Lambat laun akan mengalami kejenuhan.

Dalam Rumah Tanggapun tidak menutup kemungkinan ada titik jenuhnya juga jika dari-hari ke hari rutinitas yang di lakukan adalah itu dan itu terus tanpa diimbangi dengan kegiatan positif lainnya.

Apakah kita Saat ini sedang Merasakan Kejenuhan Karena Sesuatu Hal..?!

Beriukut ini adalah ada beberapa aktivitas yang cukup efektif untuk mengatasi kejenuhan ini :

1. Nikmati kehidupan di luar pekerjaan

Jangan campuradukkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Saat anda mempunyai waktu luang/libur, nikmatilah dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu saat kembali kerja, mudah-mudahan anda akan kembali bersemangat.

2. Buat kesalahan kecil

Berbuat salah bukan berarti dunia kiamat, jadi jangan ragu-ragu. Sesekali buatlah kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan (tapi jangan dalam hal-hal penting, salah-salah nanti anda malah dipecat!) yang mungkin terlihat lucu atau bodoh di mata orang lain. Secara tidak langsung, hal ini akan merangsang kreativitas dan imajinasi anda dalam bekerja. Plus, tantangan baru akan tercipta.

3. Bicarakan dengan rekan kerja anda

Kehidupan di metropolitan membuat seseorang menjadi cenderung individualis. Sering-sering deh hang-out atau makan siang bareng dengan rekan-rekan kerja anda. Siapa tahu dengan ngobrol dengan rekan kerja, anda bisa menemukan solusi masalah. Bukan tidak mungkin rekan kerja anda pernah mengalami masalah yang sama dengan yang anda alami saat ini.

4. Meditasi

Semakin cepat anda bekerja, semakin mudah anda terserang stres. Untuk mengatasinya, selalu bawa kertas dan pensil untuk mencatat kejadian-kejadian yang membuat anda stres di sepanjang hari kerja. Kemudian setelah tiba di rumah, coba anda duduk dan renungkan hal-hal apa saja yang telah terjadi hari ini selama 5 sampai 15 menit.

5. Kenali diri sendiri

Maksudnya di sini adalah mengenal bagaimana diri anda bereaksi saat bekerja dalam tekanan. Untuk mengetahuinya, tanyakan pada orang-orang yang mengenal anda dengan baik. Jangan merasa putus asa, ingatlah bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Bila anda sudah mempunyai pemahaman ini, maka mengatasi masalah akan lebih mudah.

6. Stres karena pekerjaan atau hal lain?

Apakah anda merasa kesal karena tekanan yang anda alami di kantor atau bawaan dari masalah di rumah yang tidak terselesaikan. Dengan mengenali penyebab stres, maka akan lebih mudah menemukan jalan penyelesaiannya.

7. Pertolongan tenaga profesional

Seandainya anda tetap tidak bisa menemukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi problema anda, ada baiknya anda menemui konselor/psikolog yang memang memiliki kemampuan untuk mengatasi hal-hal seperti ini.

Rasulullah saw. bersabda :

Bekerjalah kamu sesuai dengan
kemampuanmu, karena sesungguhnya Allah tidak merasa bosan sehingga
kamu sendiri yang merasa jenuh. Dan sesungguhnya amal yang paling
dicintai Allah ialah yang rutin meskipun hanya sedikit. (HR.Bukhari Muslim)

—————————————————–
Setiap pekerjaan hendaknya dilakukan sesuai dengan kodrat manusia
(yang butuh istirahat). Jangan memforsir diri, melainkan
sempatkanlah beristirahat sesuai dengan kebutuhan. Istirahat
hendaklah dilakukan sesuai dengan sunnah Rasulullah, seperti dengan
membaca Al Qur’an, menghadiri pengajian, silaturahim kepada
keluarga dan teman, membaca buku yang bermanfaat, tafakur alam, dll.

2 comments

  1. teh riva, kalo kantor masuk sampe sabtu, makan siang gak boleh keluar, tekanan mental banyak banget, kepecayaan sesama karyawan dan atasan menuju titik nadir, gimana donk teh ngatasin jenuh kalo kondisinya gitu?


  2. banyak refreshing .. ga perlu jauh-jauh, kadang cukup dengan hanya membaca Al-Quran ..



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: