h1

Dongeng Bagi Anak Raudhatul Atfal

September 15, 2008

Dongeng merupakan media yang sangat efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etika kehidupan kepada anak, bahkan untuk menumbuhkan rasa empati. Misalnya nilai-nilai kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras, maupun tentang berbagai kebiasaan sehari-hari seperti pentingnya makan sayur atau menggosok gigi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Fauziah Diani Budiarto pada pembukaan gelar dongeng bagi anak Raudhatul Atfal dan pelatihan teknik mendongeng guru RA se-Kota Bogor di Kamuning Gading, kemarin.
Fauziah menyambut baik karena memang perlu diselenggarakan, untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak menikmati dongeng yang menarik minat dan perhatian mereka.

Sekaligus juga menjadi kegiatan yang penting bagi para guru Raudhatul Atfal untuk belajar menuturkan dongeng edukatif dan menghibur bagi anak-anak asuhannya masing-masing.

Fauziah menilai kegiatan mendongeng memiliki banyak manfaat bagi anak, diantaranya dapat mengasah daya fikir dan imajinasi anak-anak. “Mereka dapat membentuk visualisasinya sendiri dari cerita yang didengarkan dan anakpun dapat membayangkan seperti apa tokoh-tokoh maupun situasi yang muncul dari dongeng tersebut. Proses ini yang secara simultan dan akan membuat anak dapat melatih daya kreativitasnya,” jelasnya.

Diharapkan, lanjut Fauziah, melalui dongeng anak dapat lebih mudah menyerap berbagai nilai tersebut karena orang tua pada saat mendongeng tidak bersikap memerintah atau menggurui, sebaliknya para tokoh cerita dalam dongeng diharapkan menjadi contoh atau teladan bagi anak.

Fauziah juga mengatakan bahwa dongeng dapat menjadi langkah awal yang sangat baik untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak. Setelah tertarik pada berbagai dongeng yang diceritakan para orang tuanya, anak-anak diharapkan mulai menumbuhkan ketertarikannya pada buku. Diawali dengan buku-buku dongeng yang kerap didengarnya, kemudian meluas pada buku-buku lain seperti buku pengetahuan, sains, agama dan lain-lain.

“Selain bermanfaat bagi anak-anak, kegiatan mendongeng pun memiliki manfaat bagi orang tua yang mendongeng untuk anaknya. Kegiatan ini pun diyakini dapat mempererat ikatan batin dan komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak, dengan kata lain kegiatan mendongeng akan menumbuhkan kedekatan batin antara orang tua dan anak-anak,” bebernya.

Sementara menurut Ketua Ikatan Guru Rauthatul Atfal (IGRA) Maryanah, kegiatan yang dilaksanakan pengurus wilayah IGRA Kota Bogor ini untuk merealisasikan programnya yakni kegiatan mengenai dongeng anak.

Kegiatan ini diikuti 2.200 anak RA dari 67 sekolah RA sekaligus dirangkaikan dengan seminar tentang dongeng bagi anak yang diikuti 50 orang guru RA.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan kegembiraan kepada anak-anak Raudhatul Atfal khususnya, yang mungkin selama di sekolah merasa jenuh serta memberikan wawasan kepada para guru tentang bagaimana cara mendongeng kepada anak didik,” tandasnya. sumber : radarbogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: