h1

Barack Obama Calon Demokrat

September 20, 2008

Calon Demokrat untuk
Presiden Amerika Serikat

Barack Hussein Obama, Jr. (lahir 4 Agustus 1961) adalah seorang Senator Amerika Serikat dari negara bagian Illinois. Ia menjadi perhatian dunia karena pidato utamanya pada Konvensi Nasional Partai Demokrat 2004, ketika ia masih menjadi Senator Negara Bagian Illinois. Tahun itu juga, ia menjadi orang keturunan Afrika pertama yang memenangi pemilihan ke Senat AS sebagai seorang Demokrat. Pada Februari 2007 ia mengumumkan kampanye kepresidenannya. Pada Juni 2008, Obama menjadi orang keturunan Afrika pertama yang memenangi nominasi calon presiden dari partai politik besar Amerika Serikat. Ia akan maju dalam pemilihan presiden 2008 dengan pasangan wakil presiden Joe Biden.

Barack Obama dilahirkan di Queen’s Medical Center di Honolulu, Hawaii dari ayah ekonom lulusan Harvard, Barack Hussein Obama, Sr., dari Kenya, dan ibu Ann Dunham, dari Wichita, Kansas. Saat Obama dilahirkan, kedua orangtuanya adalah mahasiswa di East-West Center di Universitas Hawaii di Manoa.

Ketika berusia dua tahun, orangtuanya bercerai. Ayahnya kembali ke Kenya, dan ia hanya bertemu dengan anaknya sekali lagi sebelum meninggal pada 1982. Ann Dunham kemudian menikah dengan Lolo Soetoro (meninggal 2 Maret 1993/1987?[1]), juga seorang mahasiswa East-West Center (MA Geografi 1962) dari Indonesia. Pada masa kecilnya Barack menggunakan nama ‘Barry’. Keluarga ini kemudian pindah ke Jakarta, tempat adik tiri Obama, Maya Soetoro-Ng, dilahirkan (Obama juga memiliki saudara-saudara tiri dari ayahnya yang menikah lagi). Ketika Obama berusia 10 tahun ia kembali ke Hawaii dan diasuh kakek-neneknya, (Madelyn Dunham) dan kemudian ibunya, untuk pendidikan yang lebih baik. Ia masuk kelas lima di Punahou School, di mana ia lulus dengan honors pada 1979. Sumber : WIKI

2 comments

  1. Yap…sangat menarik mengikuti proses Obama menuju USA-1. Wow ini bisa menjadi sejarah, Presiden USA pertama yang berkulit hitam, pernah tinggal di Indonesia. Bahkan menurut gosip Obama pernah keceplosan ngomong “menurut agama Islam saya”. Nah lo..kita tunggu aja kelanjutannya.

    Mampir lagi nih, ke Cianjur blog. Keep update nih. Ntar mampir juga dong ke blog reot saya di pedalaman Kalimantan.


  2. aha.. kebetulan saia barusan posting iseng kemaren. buku2nya juga oke punya kok, saia paling suka the audacity of hope. masih suka geleng2 ga kebayang bacanya, yg laen ya mirip2 gitulah



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: