h1

Gaji PNS Naik – Minimal 2 Juta Awal 2009

October 15, 2008

Pemerintah telah menetapkan anggaran pendidikan naik menjadi 20 persen pada RAPBN 2009. Sebagai konsekuensinya, semua guru pegawai negeri (PNS) akan memperoleh tunjangan kesejahteraan minimal menjadi Rp2 juta.

Hal ini diungkapkan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo seusai rapat kerja terbatas dengan Presiden di Kantor Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (9/9/2008).

“Rata-rata kesejahteraan guru dan dosen akan meningkat sekira 14-15 persen. Dengan demikian, gaji guru PNS yang terendah pangkatnya akan menerima minimal Rp2 juta sebagaimana janji Presiden,” kata Mendiknas.

Dia menjelaskan, kenaikan ini diambil dari anggaran alokasi pendidikan sebesar Rp46,1 triliun.

“Gaji Rp2 juta untuk semua guru PNS TK, SD, SMP, dan SMA. Selain gaji pokok naik 15 persen, ada penambahan ekstra sekira 14 persen,” tandasnya.

Sementara untuk guru bantu, lanjutnya, akan ada tambahan tunjangan kenaikan subsidi.

“Ada juga kenaikan subsidi tunjangn untuk guru non-PNS yang sudah masuk dalam daftar Depdiknas dan Depag. Rinciannya, kalau belum sarjana naik Rp50 ribu per bulan, sarjana naik Rp100 ribu per bulan,” tegasnya. (kem)

Pemerintah akan memberlakukan kebijakan gaji minimal bagi tenaga kerja guru sebesar Rp2 juta terhitung mulai 1 Januari 2009 mendatang.

Penegasan itu disampaikan Menteri Pendidikan Nasional Bambang Soedibyo saat menghadiri acara Halal Bi Halal dan Silaturahmi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Probolinggo di alun-alun Kota Probolinggo, Sabtu (11/10/2008).

Kebijakan itu menurut Mendiknas merupakan bagian realisasi atas komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru Indonesia sesuai amanah Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

“Mulai tahun 2009 nanti tidak akan ada lagi guru yang berpenghasilan di bawah Rp2 juta. Kebijakan ini berlaku bagi guru mulai yang berpangkat paling rendah termasuk yang belum bersertifikat maupun belum memiliki ijazah S-1 atau D-IV,” kata Bambang.

Kesejahteraan guru, lanjut Mendiknas, merupakan prioritas utama pemerintah dalam peningkatan alokasi anggaran pendidikan sebesar 20 persen. Sebab, guru dinilai sebagai tulang-punggung program peningkatan mutu pendidikan nasional secara menyeluruh. “Selain itu pemerintah juga akan memperbesar alokasi beasiswa untuk guru yang belum mendapat ijazah S-1,” urainya.

Dengan penambahan alokasi anggaran besasiswa untuk guru tersebut, diharap target pemerintah untuk menyetarakan pendidikan guru minimal berijazah S-1 pada tahun 2014 bisa tercapai. Standarisasi tersebut diberlakukan secara bertahap sesuai program kerja yang telah direncanakan pemerintah.

Janji pemerintah yang disampaikan dalam acara Halal Bi Halal dan diikuti sedikitnya oleh 4.948 tenaga guru se-Kota Probolinggo itu tak pelak mendapat sambutan meriah dari para undangan yang hadir. Pasalnya, mendiknas tidak hanya mengumbar janji soal rencana peningkatan kesejahteraan guru dengan gaji minimal Rp2 juta per-bulan, tapi juga memastikan penambahan alokasi anggaran di semua sektor pembangunan pendidikan di Indonesia. Seperti komitmen penambahan alokasi anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) untuk jenjang SD-SMP, maupun pengembangan pendidikan nasional melalui program bantuan operasional mutu dan manajemen (BOM) untuk jenjang SMA/SMK. Sumber : OkeZone

17 comments

  1. salam kenal. Mudah-mudahan kenaikan gaji ini memberikan peningkatan kinerja bagi PNS. Saya setuju sekali, Kesejahteraan PNS perlu diperhatikan. hehe.
    Rusdin S. Rauf
    Penulis buku Quranic Law of Attraction, Tundukkan Takdirmu, dll


  2. jujur aj, kalo saia sih lebih seneng kalo pensiunan guru naek, eh mungkin gak seeh?? hehehe..


  3. Adikku PNS
    Ah aku ikut senang


  4. Terpujilah… Wahai engkau… ibu bapak guru….


  5. Informasi yang sangat menarik… Semoga segera terwujud ya, gaji naik… tentunya dibarengi dengan peningkatan performance dari segenap pihak….


  6. Kasian Guru-Guru GTT. Nasib mereka tidak diperhatikan pemerintah. Pemerintah tidak serius memperhatikan nasib mereka. Guru tentunya meliputi guru PNS, Guru Bantu dan Guru-guru GTT.


  7. wah mudah-mudahan bukan sekedar mau pemilu🙂


  8. Syukurlah semoga jangan ada yang protes….kasian Guru kalu selalu diprotes udah tanpa tanda jasa diproteslagi


  9. semoga 1 Januari 2009 kenaikan gaji langsung bisa diterima oleh guru. artinya masuk di daftar gaji. bukan hanya lips service. itu harapan kami. buktikan ucapan itu! kami siap menunggu 1 januari 2009.


  10. Alhamdulillah…, ya Allah berikan rahmatMu kepada orang-orang yang turut andil terhadap kebijakan ini dan golongkan mereka di sorgaMu bersama-sama dengan guru-guru yang ikhlas mendidik murid-muridnya…Dan sungguh kami siap jadi saksi kelak di akherat atas apa yang telah mereka perjuangkan…(guru PNS)


  11. Sudah sewajarnya kalau kesejahteraan Guru diperhatikan
    selama ini gaji guru selalu menempati rangking terbawah jika dibandingkan dengan pns yang lain,coba bandingkan antara TNI dan POLRI Yang lulusan SMA gajinya lebih besar dibanding dengan Guru yang S-1, guru benar-benar pahlawan tanda jasa.Semua Pejabat atas lupa siapa yang membuat mereka pintar kalau bukan guru.Di Negeri ini guru gajinya dibawah Kejaksaan,TNI dan POLRI.mudah-mudahan apa yang di ucapkan mendiknas bukan omong kosong tapi kami perlu yang nyata.amin


  12. Artis dan penguasa kadang bicara yang indah2 tanpa ada realisasinya. Semua masyarakat sudah memandang guru dgn predikat sejahtera akibat retorika penguasa yang kepagian. Padahal sampai detik ini guru masih hidup di bawah rata2 penghasilan pns lain dngn gol yg sama! Mudah2an penguasa tidak hanya omong besar. Kasihan nasib guru!


  13. hore…maret kenaikan gaji dah ditambah ke gaji kita…


  14. Buat guru yg gajinya mau naik tingkatkan kinerjamu untuk mendidik para murid.jangan melirik dana BOS lagi ya.


  15. Atas Izin dan Rakhmat Mu ya, Allah Yang Maha Ghafur, Jadikan kembali Pemimpin kami yaitu SBY & JK untuk menjadi Pemimpin yang akan datang, Berikanlah kekuatan iman dan islam nya kepada mereka ya.. Allah ! Tetapkan hati mereka dengan niat nya yang jujur dan tulus demi memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia, Temapat mereka di syorgaMu kelak, ya Allah, Jadika kan mereka termasuk golongan yang suci di sisi Mu ya, Allah, Dan kami (Rakyat & Guru Indonesia ) siap menjadi saksi kelak di akhir jaman, Kabulkan Permohonan kami Amien ya Rabbul Alamin…………..


  16. saya mahasiswa UIN jakarta, tetapi saya orang cianjur asli,sebagai rakyat kecil kami tidak pernah diperhatikan oleh pemerintah cianjur, dari segi pendidikan.kurangnya sekolah yang berkualitasdi daerah terpencil seperti seklok, des. bojongkaso, agrabinta dll.dengan segala hormat kami mohon dibangun sekolah yang berkualitas agar anak-anak yang berada di pelosok bisa mengenyam pendidkan yang layak.agar anak-anak daerah cianjur berpendidikan.dan merasa bangga dengan daerahnya sendiri.
    adakah beasiswa bagi anak-anak yang berprestasi?


  17. saya pernah dipeseni sama kyai saya kalo mau kaya jangan jadi guru,tapi kalo mau pinter jadilah guru
    that’s make my dedication to my schoolar sayd



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: