h1

Temu Karya Relawan PMI Nasional IV

November 11, 2008

Cianjur : Temu Karya Relawan (KSR-TSR) PMI Tingkat Nasional IV Tahun 2008 bukan hanya sekedar ajang pertemuan para relawan PMI. Untuk kali ini, Temu Karya akan lebih mengedepankan karya nyata di masyarakat dan pembelajaran bagi relawan.

Demikian dikatakan Kepala Divisi Penanggulangan Bencana (PB) Markas Pusat PMI, Arifin dalam acara rapat koordinasi panitia Temu Karya Relawan PMI Tingkat Nasional IV di Rumah Makan “S” Rizki, Serang, Banten, Senin (25/8).

Foto : Ginan Cianjur Berpose

“Temu Karya Relawan IV di Provinsi Banten ini akan menjadi momen penting bagi PMI maupun seluruh relawannya, karena berbeda dengan kegiatan sebelumnya yang lebih mengedepankan kegiatan kompetisi atau lomba. Pada ajang sekarang ini akan ada perubahan drastis pada penyelenggaraannya,” katanya.

Ia menjelaskan, sesuai amanat Pengurus PMI Pusat, kegiatan pada Temu Karya yang dibagi ke dalam empat bidang yakni TEMU, KARYA, PENGEMBANGAN KAPASITAS, dan PERSAHABATAN didesain sekitar 60 persen berupa karya nyata relawan pada masyarakat di sekitar lokasi perkemahan, 30 persen perlombaan dan 10 persennya kegiatan pembelajaran.

“Jenis kegiatannya, yang memang harus dikuasai relawan dengan metode learning by doing dan setting perkampungan dianalogkan sebagai penampungann darurat,” tandasnya.

Setting perkampungan tersebut, menurut Arifin, akan lebih menuntun seluruh peserta kontingen untuk melakukan tugas seperti pada kondisi sebenarnya, selain menggambarkan siklus pembinaan dan pengembangan relawan.

“Pada hari pertama setelah pembukaan, panitia merancang kegiatan latihan gabungan (latgab). Hampir seluruh jenis kegiatan akan diberikan pada saat acara ini. Setelah latgab, barulah peserta diberikan tugas-tugas, diantaranya nanti ada penilaian, yang harus dikerjakan sampai akhir kegiatan Temu Karya,” ujarnya.

Arifin mengemukakan, kegiatan yang nantinya akan dilakukan kepada masyarakat antara lain, advokasi dan sosialisasi kepalangmerahan, donor darah sukarela, pengobatan gratis, promosi kesehatan dan Pengurangan Resiko Bencana (PRB), serta bakti sosial masyarakat.

Simpati Masyarakat

Hal senada dikatakan Ketua PMI Banten, Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE saat menyampaikan pesannya kepada seluruh panitia. Ia berharap, kegiatan Temu Karya manfaatnya harus lebih dirasakan oleh masyarakat, khususnya di sekitar lokasi perkemahan.

“Kami ingin ajang ini meninggalkan kesan dan manfaat yang nyata dan positif kepada masyarakat. Kehadiran para relawan nanti harus melahirkan simpatik di masyarakat, sehingga mereka akan menyadari akan peran penting relawan,” katanya. Selengkapnya  di http://pmibanten.org
FOTO KEGIATAN LAPANGAN

SEPUTAR TEMU KARYA RELAWAN PMI NASIONAL – CARITA BANTEN

Tagana Banten dengan Sigapnya sedang Proses mendirikan Tenda.

Tampak Kesibukan Persiapan di Lokasi Panggung Utama Temu Karya Relawan PMI Nasional

Tampak Dishubkominfo Provinsi Banten sedang melakukan Pengecekan Persiapan CCTV yang terpasang di Panggung Utama Temu Karya Relawan PMI Nasional. Pemasangan CCTV dilaksanakan Oleh Team Telematika dan Dishubkominfo Provinsi Banten.

Salah satu Kontingen sedang Melakukan Persiapan Pendirian Tenda pada lokasi kavling yang sudah disediakan oleh Panitia

Tenda Dari PMI Gorontalo sidah Siap Berdiri dan sedang dilakukan Pembenahan

Tenda dari PMI Jawa Barat Sedang dilakukan Pembenahan dan Perapihan

Tenda PMI Banten Sudah Berdiri

Tenda PMI dari Bali sudah berdiri dengan menggunakan Pagar dari anyaman Bambu, tampak tenda ramah lingkungan dan sedang di lakukan pembenahan.

Tenda PMi Papua tampak menara berdiri di depan Tenda, dan peserta PMI dari Papua sedang Melakukan Koordinasi di depan Tendanya.

****Foto NaRsiS.****

Capek sehariang Pasang CCTV dan Pengecekan Jaringan Wireless di lokasi Temu karya Relawan PMI Nasional IV, tidak ada salahnya kami sempatkan Berkunjung di Tenda Jawa Barat (Karena kebetulan Kita dari Cianjur Jawa Barat). Di Tenda PMI Jabar ada perpustakaan Seputar PMI. Gambar-gambar dan Foto Kegiatan PMI Jawa Barat juga Gallery.

****Mohon Maaf**** foto amatiran***

Menikmati Sejenak Indahnya Pantai Carita di Waktu Senja ***Lupakan sejenak kesibukan yang ada..!

4 comments

  1. salam kemanusian……………..

    terima kasih atas info2nya
    salam relawan dr ksr kota langsa nad


  2. salam relawan


  3. bagus d seru ya,,
    moga dapat menjadikan relawan pmi lebih baik


  4. ntar ada info tentang teman2 yang ikut tm karya bagi2 ya dari ksr uin suska riau



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: