h1

Cianjur Gempa 12 Rumah Tertimpa Longsor

September 2, 2009
Foto : wiwir aryani FB

Foto : wiwir aryani FB

Enam orang dilaporkan meninggal akibat gempa 7,3 SR yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat. Selain korban jiwa, sebanyak 12 rumah mengalami rusak akibat tertimpa longsor. “12 rumah warga tertimpa longsor di Cianjur Selatan,” kata Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Priyadi kardono.

Lokasi tepatnya daerah longsor itu di sekitar Kecamatan Jebrong. Sebelumnya, menurut Priyadi, enam orang meninggal di wilayah yang sama. Korban yang meninggal itu satu orang di Sukanegara dan lima lainnya di Cibinong. Semua laporan korban tewas itu baru berasal dari Kabupaten Cianjur Selatan.

Gempa bumi yang terasa di Jakarta ternyata berpusat di 142 km  barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa ini terjadi di kedalaman 30 km dari permukaan laut dan berpotensi tsunami. Gempat tercatat terjadi sekitar pukul 14.55 WIB, Rabu, 2 September 2009 dan berpusat pada 8,24 LS. Sumber : vivanews

14 comments

  1. innalilahi wa innailaihi rajiun

    waktu terjadi gempa saya belum sampai rumah, setelah ngajar di sukanagara. mudah2an yang ditinggalkan diberi ketabahan. segala kesalahan alm/almh diampuni-Nya. Amin.


    • @Pak Zis : wakter terjadi gempa bapak berada di jalan ya pak! Bagaimana Kondisi keluarga pak! semoga dalam keadaan sehat2 saja.
      Kebetulan pas waktu gempa terjadi kita berada di Cianjur kota dalam perjalan, jadi getaran gempa tdk begitu nyata.


      • Alhamdulillah, keluarga baik-baik saja, hanya murid-murid saya rumahnya banyak yang mengalami kerusakan walau tidak terlalu parah.
        Salam buat keluarga.


  2. TURUT BERDUKA CITA,ATAS GEMPA YANG MELANDA CIANJUR SELATAN.


  3. Kakak saya slh satu korban.Rumah nya roboh hancur akibat gempa
    saya mohon pemerintah daerah pagelaran cianjur selatan untuk segera melihat keadaannya,sedangkan sy bekerja di Jakarta .. Saya khawatir sekali ketika mendengar kakak saya tidur di tenda
    Sabar Kak,semoga kakak diberi ketabahan ..Amiiiiiiiiiiiiiiin


  4. Turut berduka cita untuk korban gempa di Cianjur Selatan..Semoga Kepala Sekolah dan Staf Dewan Guru SMP 1 PAGELARAN semua dlm keadaan selamat
    Untuk korban yg lain semoga diberi kesabaran dan ketabahan .. Selalu berdoa kpd ALLAH SWT Amiiiiiin……..


  5. Waktu mendengar khabar gempa, saya sangat kawatir dengan keadaan keluarga di cianjur, sedangkan saya merantau jauh di negeri orang! Tapi alhamdulillah! Keluarga dalam keadaan sehat.
    Semoga Pemeerintah daerah cianjur cepat tanggap dengan memberikan bantuannya!

    Dan bagi keluarga yang meninggal karena gempa, semoga selalu tabah menghadapi cobaan ini..

    ***Lokasi Gempa dan becana buka Wisata pak!


  6. turut berduka bg korban gempa cianjur n lainya,smga inidapat mjd pelajaran bwat kita agar lebih mndektkan kita kpada sang khalik.n bwat kluarga korban smga mendapat kesabaran.


  7. wah kesihan yah……………………………………….. maaf ya……………………. aku tidak nyumbang


  8. moga Allah SWT memberikan tempat yang terindah bagi hambanya yang bertaqwa yang dilanda musibah yang meninggal dalam bencana tersebut. Serta moga Allah SWT menguatkan dan memberikan ketabahan kepada keluarga korban. Amin………….


  9. […] WordPress terkait: – Cianjur Gempa 12 Rumah Tertimpa Longsor oleh Riva Fauziah – 33 Korban Longsor di Cianjur Masih Tertimbun oleh Cecep […]


  10. Terimas Kasih Kepada :
    @SMAN 1CIBEBER
    @ rya
    @ Asep
    @Ilham
    @ SYIFAA
    @ Ramlan Kusyeri

    Terimakasih atas Koment dan Belasungkawanya. Semoga bagi keluarga yang mendapat musibah dikuatkan hati dan imannya.. amin..


  11. Cianjur Selatan Longsor lagi. Benar2 kejadian yang rutin setiap tahun..

    Tengok kemmbali ke Belakang Akhir bulan April tahun 2004 yang lalu Lengsor terjadi dan longsor yang paling parah terjadi di 4 titik, yaitu di Kampung Cicadas, Lebaksiuh, Cihanjawar, di Desa Salagedang, dan Kampung Pasir Santri Desa Sukamanah Kecamatan Cibeber. Longsor di keempat titik menyebabkan badan jalan sepanjang 30 meter ambrol masuk jurang dengan kedalaman 40 hingga 50 meter. Namun Tdk Memakan Jiwa.

    Dan baru kemarin Musim Hujan Longsor dan memakan korban, dan saat ini terjadi lagi. Sungguh2 kejadian yang sangat menyedihkan. Saya ikut berduka atas kejadian ini.

    Bahkan Dari catatan Bagian Kesra Pemerintah Kabupaten Cianjur pun sudah mempunyai data yang lengkap dan kongkrit seperti yang pernah beliau katakan bahwa, ada beberapa kecamatan di Kabupaten Cianjur yang selama ini dianggap rawan bencana longsor, termasuk Kecamatan Cibeber. Daerah-daerah rawan longsor tersebut diantaranya Kecamatan Pacet, Sukaresmi, Sukanagara, Campaka, Cidaun, Cibinong, Kadupandak, Agrabinta, dan Naringgul.. (data 2004)

    ****Apalagi kondisi saat ini di daerah cianjur selatan banyak sekali penebangan hutan secara masal, dengan peruntukan yg tdk jelas! Penanaman hutan kembali (reboisasi) sangat minim di lapangan! Jika ada program reboisasi kurang optimal. (Kalah dengan rakusnya penebang2 hutan)

    Coba Jika ada yang melewati daerah selatan (saya kira para pejabat pun mengetahuinya) apalagi kemarin para pejabat lalu-lalang ke arah selatan.
    Hutan yang dulu Lebat dan Hijau kini telah GunduL.

    Kalau hutan sudah gundul, kita pun sama2 mengetahuinya, Banjir dan Longsor, juga kekeringan akan melanda wilayah setempat. yang sangat merasakan pertama kali adalah masyarakat, rakyat seperti saya ini.

    Terima kasih blog cianjur, semoga ini menjadi pemikiran kita bersama..


  12. Prihatin banget indonesia akhir-akhir ini terus ditimpa musibah seperti tak ada habisnya terus dan terus memakan “KORBAN” ada apakah gerangan ? apakah salah hamba ?

    Kita perlu renungkan semua yang telah menimpa kita. Apa kita ada SALAH hingga dunia kita MARAH ???????

    Lam Kenal

    Cara Buat Blog



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: