h1

Cianjur Juga Terkena Gempa Cukup Parah

September 2, 2009
Foto : wiwid Aryani FB

Foto : wiwid Aryani FB

Cianjur : Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter juga terasa di berbagai dearah di Indonesia, gempa yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat ini dirasakan masyarakat di hampir seluruh wilayah di Pulau Jawa.   Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat warga berhamburan keluar rumah, kerusakan parah terajdi disini, bahkan sejumlah wilayah Tasikmalaya dan Sukabumi.  Gempa terasa di Cianjur Jawa Barat terjadia selama tiga kali mulai pukul 15.10 Wib, dan hingga kini masyarakat masih menunggu di luar rumah mengantisipasi terjadi gempa susulan.

Akibat gempa bumi banyak rumah yang rusak di daerah Cianjur Selatan. Di Sidang Barang, 110 kilometer arah selatan Kota Cianjur, warga takut terjadi gempa susulan hingga banyak yang memasang tenda di lahan kosong, seperti lapangan, sawah, dan kebun.
“Mereka khawatir terjadi gempa susulan” kata Herry Suharyoto, Polisi dari Sektor setempat saat dihubungi melalui telepon, Rabu (2/9).
Jajat Sudrajat, 36 tahun, warga Saganten, Sidang Barang yang rumahnya hanya berjarak kurang dari 500 meter dari pesisir selatan mengaku panic dan segera mengungsikan keluarganya ke tempat yang lebih tinggi.
“Merasa gempa besar sekali, saya takut tsunami, “ kata Jajat. Ia langsung mengajak keluarganya mengungsi.

Di Kecamatan Sukanagara, dua rumah milik warga Kampung Leuwi Cadas, Kecamatan Sukanagara, Cianjur, ambruk diguncang gempa. Untung saja, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sementara itu, untuk mengantisipasi gempa susulan, warga memilih berkumpul diluar rumah.

Di Kecamatan Leles, Jembatan Cibuntu yang menghubungkan Leles dengan Desa Karyamukti, terputus. Bangunan Puskesmas Leles sebagian roboh dan Pustu Sukasirna, Leles, mengalami hal yang sama. “Baru beberapa laporan yang masuk ke pihak kami itupun melalui SMS. Saat ini team satkorlak PB Cianjur, tengah melakukan pendataan,” kata anggota Satkorlak PB Cianjur, Eman Sulaeman.

Kerusakan juga terjadi di Gedung PWI Cianjur. “Kami melihat jelas retakan yang terjadi di dinding gedung ini. bukan hanya bagian luar, tapi bagian dalam retaknya cukup parah,” kata Wakil Ketua PWI Cianjur Asep Sobandi. Di sejumlah bangunan bank di Cianjur, tampak retakan di bagian samping dan belakang gedung. Hingga gempa usai, beberapa karyawati bank, memilih untuk berdiam diri di luar gedung karena takut gempa susulan terjadi.  sumber :#detik #vivanews#inilahdotcom

One comment

  1. seharus nya,pemerintah harus segera membantu oarng yg terkena bencana itu, apalagi orang yg terluka parah



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: