h1

CCTV ARUS MUDIK LEBARAN 2009

September 14, 2009

cctv Live mudik 2009Menurut Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten Harry Parwanto, , Kamis (20/8), sedikitnya akan dipasang tiga unit monitor CCTV yang akan dioperasikan mulai H-10 Lebaran, yakni pada 11 September mendatang.

Untuk memantau perkembangan arus mudik, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten memasang sejumlah monitor yang terhubung dengan closed circuit television (CCTV) di pusat arus mudik, seperti Pelabuhan Merak dan Bakauheuni.
Diterangkan, monitor CCTV itu akan dipasang di RM Simpang Kapau Merak, Pendopo Pemprov Banten, dan kediaman Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah di Jalan Bhayangkara, Cipocok Jaya, Kota Serang.

Penempatan 3 unit monitor CCTV tersebut di 3 tempat yang berbeda untuk memudahkan pemantauan. “CCTV yang diletakkan di Pendopo, berguna agar para kepala dinas dan pejabat pemprov dapat memantau, sedangkan penempatan monitor di kediaman Gubernur, agar ibu dapat memantau tanpa harus terjun langsung ke lapangan,” ulas Harry.

Ia mengulas, CCTV akan merekam situasi arus lalu lintas antara lain di Pelabuhan Merak, pintu tol Cikupa, Pelabuhan Bakauheni Lampung, dan Pantura. Khusus yang di Bakauheni, kata dia, kali pertama dilakukan tahun ini. Harry mengatakan, tujuannya guna memantau arus balik ke Banten.

Dishubkominfo juga berencana menyiapkan 100 bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan dari dan menuju Pelabuhan Merak, lanjutnya, Dishubkominfo telah menyiapkan kantung parkir di sepanjang pintu tol Cilegon Barat. Ia mengatakan, bahu jalan dapat dijadikan sebagai tempat parkir kendaraan hingga menuju fly over.“Yang penting, lajur menuju pintu tol Cilegon Barat jangan sampai terhambat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Harry mengatakan, sejak H-4 hingga H+1 Lebaran, angkutan barang dilarang melintas di jalan raya, kecuali angkutan yang mengangkut sembako dan bahan bakar minyak (BBM). Kata dia, hal itu dilakukan untuk menghindari kemacetan arus mudik Lebaran.

Selain dilarang melintasi jalan raya, angkutan barang juga dilarang memasuki kawasan wisata. “Khusus untuk angkutan terbuka, mereka sama sekali tidak diperkenankan mengangkut penumpang, karena membahayakan keselamatan. Kami berharap aparat kepolisian bisa lebih tegas menindak jika ditemukan hal seperti itu,” ujarnya.

Dishubkominfo juga menyiapkan 3 titik rest area bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, yakni di Batu Ceper di Kota Tangerang, Cikande di Kabupaten Serang, dan Cimanuk di Kabupaten Pandeglang. Sumber : Banten.Go.Id

Tag : CCTV MUDIK LEBARAN 2009 – CCTV LIVE

Search    Top Views

11 comments

  1. bila ada CCTV maka akan semakin informatif laporan arus mudik lebaran semoga dperbanyak cctvnya


  2. Salam Takzim
    Semoga saja niat tulus tidak dikomentari yang bukan-bukan, dan yang terpenting awasi pula posisi kamer, agar tidak hilang disobek durjana


  3. pantau terus biar laporan lbh akurat.terutama di jalur-jalur yg rawan kemacetan.


  4. emudik di harapkan membeli bakso di kota brebes


  5. Assalamu`alaikum Wr Wb
    Taqoballahuminna wa minkum
    Minal `aidzin wal fa idzhin
    Mohon Maaf Lahir dan Batin
    By:
    http://evisyari.wordpress.com


  6. Htr nuhun cctv…… perjalanan jadi lebih terencana


  7. hunting-hunting puncak arus mudik…


  8. ya semoga mudik tahun ini lancar dan slamat sampai di kampung.selamat berlebaran minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin.


  9. Fitrah sejati adalah meng-Akbarkan Allah, Dan Syariat-NYA di alam jiwa, Di dunia nyata, dalam segala gerak, Di sepanjang nafas Dan langkah semua akan kembali ke NOL, Semoga seperti itulah diri Kita di Hari kemenangan ini, Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin🙂

    Wassallamuallaikum wr wb – Rindu a.k.a Ade


  10. OK. DINAS TELAH MEMPERHATIKAN NASIB ORANG KECIL. AKU SETUJU BENGET KOK PEMERINTAHAN SEPERTI INI.ORANG MUDIK KAN NGEJAR BUTUH SEGERA SAMPAI TUJUAN .SELAMAT DAN SUKSES


  11. saya harapkan para pemudik ingat akan mengerjakan sholat agar selamat diperjalanan……



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: