h1

Hutan Cianjur Selatan Gundul

October 2, 2009
Tanah Longsor - Jalur Cianjur Selatan

Tanah Longsor - Jalur Cianjur Selatan

Bencana Alam Longsor dan Banjir Baru saja terjadi di wilayah Cianjur Selatan dan telah memakan banyak korban jiwa, namun penebangan hutan secara liar masih terus dan terus berlangsung seakan tidak memperdulikan akibat yang dapat di timbulkan.

Dari Gambar-gambar dan foto ini jelas sekali terlihat bahwa hutan lindung wilayah cianjur selatan sudah mulai gundul dan habis dibabat yang peruntukannyapun kurang jelas. Kalau memang Hutan di tebang diperuntukan sebagai lahan pertanian saya kira kurang cocok sebab lokasi yang ditebang jauh dari aliran sungai. Dan Lahan tidur dan kosong di wilayah cianjur selatan masih sangat luas dan kurang optimal dalam pengolahan lahan.

Bencana tanah longsor yang terjadi selama ini  merupakan akibat tidak adanya tindakan tegas pihak-pihak berwenang terhadap aksi penebangan liar di hutan sekitar lokasi bencana.

“Bencana-bencana tersebut merupakan fenomena alam, namun semuanya tidak terlepas dari ulah manusia. Bencana banjir dan tanah longsor terjadi akibat penebangan liar yang sudah berlangsung beberapa tahun belakangan ini.

Sumber petaka yang terjadi akibat penggundulan hutan secara liar tersebut sangat berkaitan dengan perhatian dari pihak-pihak terkait yang seolah membiarkan atau tidak mau tahu dengan kondisi hutan semakin kritis. Kasus penebangan liar dan pencurian kayu sebenarnya sudah berlangsung lama. Namun karena tidak pernah ada tindakan tegas dari pihak terkait maka aksi pengrusakan tersebut kian merajalela dan sulit dilacak.

“Bahkan saya yakin, dalam kasus penebangan liar di lahan Perhutani dan Hutan Lindung  tersebut tidak lepas dari keterlibatan pihak-pihak berwenang yang semestinya menjaga dan melindungi kelestarian hutan, sebab lokasi penebangan berada di jalur ramai dan berada di tepi jalur utama wilayan ini.

Hutan Tampak Mulai Gundul

Hutan Tampak Mulai Gundul

**Pada Gambar diatas memang tampak dari jalan raya jalur Cianjur Selatan hutan tampak lebat, namun jika kita masuk sedikit kedalam akan kita temui hutan yang sudah gundul karena di tebang. Padahal Pada Jalur Selatan ini terkenal rawan akan longsor dan banjir, jika hutan sudah gundul tentunya bencana longsor dan banjir akan sulit di hindari.

Kayu Glondongan Siap Angkut

Kayu Glondongan Siap Angkut

**Gambar di bawah Tampak kayu-kayu gelondongan menumpuk di sepanjang jalan jalur selatan dan siap diangkut mengunakan truk. Setiap hari berkubik2 diangkut.

Kayu Glondongan Siap Angkut

Kayu Glondongan Siap Angkut

7 comments

  1. Assalamu’alaikum,

    Sudah menjadi pemandangan yang biasa kita lihat setiap hari truk-truk dengan leluasanya mengangkut kayu-kayu dari Cianjur Selatan.

    Jangankan aparat, anak-anak sekolah pun tahu hal itu. tapi tampaknya tidak ada upaya untuk mencegah penggundulan hutan itu. Walaupun sering terjadi bencana longsor tapi tetap tidak menggugah hati mereka untuk menghentikan kedholiman itu.

    Salam.


    • @Bpk Abdul :
      Kejadian ini memang benar adanya, dan sangat disayangkan disatu sisi pemerintah daerah sedang gencar-gencarnya menggerakan penghijauan dan penanaman hutan, di sisi lain penggundulan hutan secara terang-terangan di lakukan.
      Wilayah Cianjur Selatan adalah wilayah yang rawan longsor jika musim hujan tiba, kalau penebangan hutan masih terus dilakukan niscaya banjir dan longsor akan datang mengintai keselamatan warga.


  2. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengimbau agar seluruh elemen bangsa segera melakukan tobat nasional. Hal itu diungkapkan Heryawan sehubungan dengan musibah beruntun yang menimpa bangsa ini dalam waktu yang berdekatan. Mulai gempa Jawa Barat, disusul banjir bandang di Sumatera Utara, gempa di Sumatera Barat dan hingga gempa di Jambi. Seperti di beritakan pikiran rakyat.

    –“Tobat dilakukan dan interospeksi diri sangatlah penting dan suatu keharusan, tapi jika penggundulan hutan tetap saja di lakukan setiap hari – hutan menjadi gundul bencana alam longsor dan banjir tetap saja akan terjadi pak!
    Tindak tegas pelaku penebangan hutan yang membahayakan masyarkat sekitar! Tangkap pelaku dan lakukan hukum yang berlaku supaya kejadian ini tidak terus dan terus berlangsung!

    Salam kenal dan sukses buat Blog Cianjur


  3. […] Juga saya menulis artikel “Hutan Cianjur Selatan Gundul” Artikel ini  mengenai Kondisi Hutan Wilayah Cianjur Selatan yang semakin Memprihatinkan.  Bencana […]


  4. asalammualaikum.wrb
    kepada bapak bapak yang tarhomat saya ingin bertanya
    perihal hutan yang di lindingi oleh negara kita
    1. contoh hutan yang di lindungi
    2. kalau bisa saya minta kategori hatan yang di lindungi contoh nya hutan yang seperti apa saja


  5. Sy gemar touring baik dg kendaraan roda 4 maupun roda 2,sdh lama merencanakan perjalanan ke kawasan cianjur selatan menelusuri pantai dari cianjur menuju pantai pangandaran,tp terus terang sy belum pernah dan belum tau route mana saja yg hrs sy lalui,mudah2an ada saudaraku yg berbaik hati utk memberi informasi,tks sblmnya


    • Wah asik tuh! kalau lewat Cianjur (cidaun) jayanti Belom penah sampai ke pangandaran! Cuma kawan pernah dari Cidaun menyusuri pantai arah Pameungpek garut (jalan pantai sudah bagus) atau dari Jayanti ambil jalur hutan arah ke naringgul sampai ke perkebunan teh rancabali dan ciwiday.

      Selamat ber touring ria!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: