h1

Kabupaten Cianjur Sumbang Rp 4 M Tiap Hari

October 15, 2009

Foto : Detik - SMS Donasi Peduli

Foto : Detik - SMS Donasi Peduli

Cianjur BLoG | Dari berita salah salah media online, bahwa ternyata kabupaten cianjur setiap harinya menyumbang operator sebesar 4 Milliyar setiap harinya dengan perhitungan dari 2,2 juta penduduk Kabupaten Cianjur, 800 ribu diantaranya adalah pengguna aktif ponsel.  Jika setiap harinya konsumsi pulsa minimal Rp 5 ribu, maka dalam seharinya Rp 4 miliar disumbangkan masyarakat Kabupaten Cianjur ke operator seluler.

Menurut Bupati Cianjur Tjetjep Mochtar Soleh ” Ponsel di kab cianjur 800 ribu. Dan pulsa paling sedikit Rp 5 ribu per hari. Jadi dari Kabupaten Cianjur saja ada Rp 4 miliar sehari. Kalau sebulan ada Rp 120 miliar dari sini. Memang tidak seberapa, namun jika dikumpulkan ternyata dapat menghasilkan angka yang sungguh-sungguh sangat fantastis.

Dari perhitungan hasil tersebut diatas bukanlah  hasil dari penelitian secara ilmiah. Nilai  tersebut berdasarkan survey yang dilakukan dengan mengkalkulasi rata-rata konsumsi masyarakat Kabupaten Cianjur untuk komunikasi.

Dari Data tersebut diatas sebenarnya dapat digunakan untuk membantu warga dan Peduli warga cianjur dengan cara sumbangan sukarela dari warga setempat. Warga dapat menyumbang dan membantu saudara-saudara sekitar dengan cara patungan, melalui SMS Peduli Cianjur.

Pemerintah Daerah dapat  Membangun SMS Donasi dan bekerja sama dengan beberapa Operator Seluler. Pengiriman Donasi SMS Peduli Cianjur dapat dilakukan melalui SMS. Warga yang ingin menyumbang dan perpartisipasi langsung cukup hanya melalui SMS dengan cara memotong Pulsa yang ada dan besarnya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Misal Mengirim donasinya dengan cara :
Ketik: PEDULI (spasi)10k
(artinya donasi Rp 10.000,-)

Ketik: PEDULI (spasi)5k
(artinya donasi Rp 5.000,-)
Ketik: PEDULI (spasi)1k
(artinya donasi Rp 1.000,-)

Dana yang terkumpul nantinya dapat dipergunakan untuk membantu warga sekitar yang kurang mampu, misal untuk biaya beasiswa pendidikan bagi warga  yang kurang mampu. Atau membangun sarana dan prasarana umum lainnya.

Dari dana yang terkumpul lewat SMS Peduli ini nantinya dapat membantu warga lain yang terkena musibah, banjir dan longsor misalnya. Memang pos anggaran dari Pemerintah Daerah dan Pusat sudah ada untuk itu. Namun alangkah bagusnya jika warga ingin membantu warga tetangga sekitarnya hanya dengan mengurangi pulsa yang ada.

Bisa saja Organisasi kemanusiaan yang ada di Kabupaten Cianjur dapat menerapkan sistem SMS Peduli ini guna mempermudah dalam hal pengumpulan dana kemanusiaan.

Salam dan Sukses Buat Kabupaten Cianjur | @kotabaru cianjur

4 comments

  1. setuju banget teh, apalagi belum lama ini, Cianjur terkena musibah akibat gempa Tasikmalaya
    nice post


    • Jadi nanti kang : Zawal Syanjury kalau mau donasi tinggal SMS saja untuk di salurkan ke yang berhak menerima.. **ih.. saya jd mengkhayal deh! artikel hanya berandai-andai kok! Namun jika benar terlaksana betapa senangnya dan mudahnya kita untuk membantu saudara2 sekitar kita hanya cukup mengetikan SMS. Bisa kapan saja dan dimana saja!
      Biar sedikit jika terkumpul bisa menjadi besar.


      • panggil saja amsi teh, biar lebih akrab🙂 saya dah mengenal te2h sejak tahun lalu pas awal2 terjun di dunia blogging..
        btw, soal donasi memang segala bentuk dan cara harus dimodifikasi agar menjadi lebih mudah, bukankah teknologi diciptakan untuk mempermudah kita..hanya saja perlu pengawasan dari satu lembaga yang terpercaya dalam pengelolaan donasi tersebut..
        salam


  2. kita sumbang cianjur untuk apbd yang defisit…



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: