h1

Pemekaran Cianjur Selatan

December 3, 2009

Peta Administratif Jawa Barat

Peta Administratif Jawa Barat

Kabupaten Cianjur BLoG : Tuntutan pemekaran Cianjur Selatan menjadi kabupaten tersendiri kembali menguat. Itu antara lain ditandai dengan banyaknya aspirasi masyarakat yang masuk ke Komite Pemekaran Kabupaten Cianjur Selatan melalui Badan Perwakilan Desa (BPD)

Sekretaris Komite Pemekaran Kabupaten Cianjur Selatan, H. Toton, SH, mengatakan, aspirasi pembentukan wilayah otonomi baru Kabupaten Cianjur Selatan, terus menguat. Hal ini seiring banyaknya aspirasi masyarakat yang menginginkan dan mendukung pemekaran.

“Kami menerima aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui BPD, pada saat melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Komite, Kamis (19/11) lalu di gedung Mentari Sport Centre di Kecamatan Sindangbarang. Acara tersebut dihadiri juga Ketua Komite Dr. Rahmat serta jajaran pengurus forum Jabar Selatan. Banyaknya aspirasi itu akan kami tindaklanjuti dengan melaksanakan Jabar Selatan Summit 2010 di Cianjur,” kata Toton yang juga mantan anggota DPRD tahun 1999 ini.
Ketua II Bidang Kewilayahan Forum Jabar Selatan (Jabsel), Suryaman AS, S. Ip mengungkapkan, alasan warga yang menyampaikan aspirasi itu karena selama ini mereka merasakan kurangnya pelayanan pemerintah menjangkau masyarakat, salah satu faktor jarak yang jauh dari pusat pemerintahan. Kemudian keinginan pemekaran bukan merupakan kepentingan elite atau politik, tetapi kebutuhan wilayah. Apalagi buat Cianjur, sebetulnya sudah ada keputusan DPRD Cianjur tentang pemekaran Cianjur  Selatan. Namun sayangnya keputusan itu belum juga ditindaklanjuti oleh Pemkab Cianjur.

“Sedangkan sampai sekarang masyarakat Cianjur selatan yang menunggu janji Pemkab Cianjur akan memperhatikan mereka, belum juga merasakan perkembangan berarti,” katanya.

Dia mengungkapkan, aspirasi pemekaran di wilayah Jabar menjadi pembahasan utama dalam acara Jabar Selatan Summit 2009 di Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (21/11). Acara dihadiri Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar, Bakorwil Priangan, DPRD Provinsi Jawa Barat, DPRD Kabupaten Cianjur, tokoh dari lima daerah dan forum Jabsel Presi-dium dari Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.
Acara tersebut menghasilkan rekomendasi, diantaranya meminta DPD RI agar pro aktif dan akomodatif pada Daerah Pemilihannya. Kemudian Pemprov Jabar segera menyelesaikan kajian makro tentang jumlah kebutuhan daerah otonomi kabupaten\kota. Selain  itu Jabar selatan dibuat rencana umum tata ruang (RUTR) tersendiri guna mendorong Raperda Otorita Khusus Jabsel meliputi wilayah Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.
Selain itu dideklarasikan juga Forum DPRD se-Jabsel, dan mendorong percepatan pembentukan wilayah otonomi baru di lima kabupaten, termasuk Cianjur. Kemudian mendesak pemerintah pusat, pemprov dan masing masing pemkab segera menyelesaikan pembangunan infrastruktur dan sufrastruktur di wilayah pusat pertumbuhan provinsi, kabupaten, maupun lokal, termasuk Tol Palabuhan Ratu, Sukabumi – Bogor,  serta jalan nasional Pangandaran – Pelabuhan Ratu. “Pada prinsipnya, forum Jabsel melakukan pendekatan intelektual dan menjalin silahturahmi kearah kajian strategis terwujudnya Rakyat Jabsel Sejahtera,” tandasnya. |Jurnal Bogor|

Link Terkait Pemekaran Daerah :

11 comments

  1. Sebenarnya apa sih yang menjadikan atau melandasi suatu daerah ingin melakukan pemekaran, apakah ada muatan politis? ataukah faktor ekonomi sosial dan budaya?


    • Landasan Pemekaran daerah sebagai salah satu jalan untuk pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah. Dengan Pemekaran Daerah percepatan Pekembangan wilayah akan lebih baik disemua sektor dan bidang.
      Namun banyak aspek yang perlu di perhatikan dalam hal ini adalah Sumber Daya Manusia(SDM) dan Sumber Daya Alam (SDM) haruslah seimbang.


  2. perlu ketulusan hati dari para pembuat keputusan ttg pemekaran ini. sebenarnya bukanlah mereka yg merasakan tp masyarakat cianjur selatanlah yg lebih tau dan berhak bersuara…


  3. kuring uarng cianjur selatan,tptna di desa pamoyanan kec.cibinong.ayena ker ngarantao kadang balik kadang hente.
    anu jadi kendalana ongkos mahal rp 50.000-60.000
    ti cianjur kotana,leheng lamun jalana alus,ancur pisan lamun kahujanan sigah sawah menang maculan,kuring kecewa ku pemda cianjur di mangsabodoken.janji tinggal janji,ayena menguat wacana pamekaran,kuring ngadujung pisan,mudah-mudahan cianjur selatan maju mandiri jadi daerah sejhtra ker masyarakatna amin.


  4. dina leresan ieu sim kuring,kacida ngarojong kana karep warga Cianjur kidul anu mikahayang mibanda pamarentahan kabupaten anu mandiri,leupas tina masalah politik atawa ambisi pribadi atawa golongan, memang wilayah kabupaten cianjur kiwari panglegana di Propinsi Pasundan mah, atuh kalawan alesan keur nyiar PAD Pemda leuwih condong ngawangun teh di wewengkon beulah kaler khususna wilayah Kac.Pacet,Sukaresmi,Cugenang, ari ka kidul mah sok mindeng kaluli-luli dimana aya oge muatannana teh muatan politis……(cag ah ke urang hanca deui )


  5. TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com


  6. assalamualaikum
    nuhun informasina
    nyuhungkeun ijin kanggo kopast
    seueur warga Cianjur Selatan nu ngarojong kana pemekaran ieu…

    yuk urang ngariung didieu http://www.facebook.com/?sk=messages&tid=1284120076671#!/group.php?gid=276099836173


  7. mangga cobi pasihan komentar na ngeunaan kahoyong warga Cianjur Kidul anu tos dimuat di situs berita nasional ieu : http://www.pewarta-indonesia.com/nspirasi/Curhat/cianjur-selatan-ingin-memisahkan-diri-dari-cianjur-kota.html


  8. cianjur, saya tidak habis pikir kapan majunya kota itu. para pejabatnya tukang korupsi( yah. apa boleh buat keceplosan ngetik), “paling di penjara nuduh tanpa bukti”. katanya prioritas yang paling utama adalah sarana transpormasi. buktinya nol besar….jalan pada rusak kayak arum jeram…


  9. Osh..
    begini. sebenarnya dalam hal aspirasi ini ada KESALAHAN pelafalan. yaitu dalam berbagai berita atau artikel atau sekedar curhat dari warga Cianjur bagian Selatan.
    bahwa penyebutan Cianjur Selatan dari sebagian birokrat dan juga kita mungkin, itu sudah salah. alasannya?
    bahwa penyebutan Cianjur Selatan sudah menunjukkan suatu konteks wilayah geografis dan politis yang berbeda dengan Cianjur Kota (bagian Utara). seharusnya kita selalu menggunakan kata ‘bagian’. sebab Cianjur bagian selatan masih wilayah cianjur secara administratif kan?
    hehehe
    untuk Cianjur bagian Selatan yang ingin menjadi Cianjur Selatan silakan kita dukung. asal tidak sekedar emosi dan keinginan karena tertinggal dari saudaranya di Cianjur bagian Utara yang relatif maju…
    untuk yang mau bikin LSM silakan.tapi LSM yang bener2 mau bikin Cianjur bagian selatan lebih maju..


    • SETUJU,,,,,,!!!!!!!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: