h1

Sensus Penduduk 2010

May 11, 2010

Stiker Sensus Penduduk 2010

Stiker Sensus Penduduk 2010

Sensus Penduduk 2010 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 31 Mei 2010. Petugas akan mendatangi setiap tempat tinggal penduduk untuk melakukan pendataan dengan menggunakan daftar pertanyaan (Quesioner) tertentu. Petugas juga akan menempelkan stiker SP 2010 pada bangunan tempat tinggal sebagai tanda bahwa data tempat tinggal dan penghuninya telah dikumpulkan.

Petugas sensus dilengkapi dengan surat tugas dan mengenakan tanda pengenal dengan logo SP 2010. Khusus bagi anggota masyarakat yang bertempat tinggal tidak tetap akan didata pada malam hari sensus yaitu tanggal 15 Mei 2010.

Tampak Pada Gambar :  Stiker Sensus Penduduk 2010 Terpasang di pintu rumah dengan nomor blok sensus 033B, menandakan bahwa kita telah di data oleh petugas. Dan di perumahan Kotabaru Cilaku Kabupaten Cianjur Sudah Selesai di Data oleh petugas Sensus.

Tujuan utama Sensus Penduduk 2010 (SP2010) adalah menghitung jumlah penduduk serta mengumpulkan informasi dasar kependudukan dan perumahan masyarakat Indonesia. Manfaat dari SP2010 adalah memperoleh informasi dasar kependudukan dan perumahan yang diperlukan untuk bahan evaluasi pembangunan serta untuk menyusun perencanaan pembangunan kependudukan, sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia di masa mendatang.

Sensus Penduduk 2010 (SP2010) mencakup semua penduduk yang tinggal di seluruh wilayah Indonesia baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA), baik yang bertempat tingal tetap maupun yang bertempat tinggal tidak tetap, termasuk anggota korps diplomatic Indonesia di luar negeri beserta anggota rumah tangganya. SP2010 tidak mencakup anggota korps diplomatik Negara asing beserta anggota rumah tangganya meskipun tinggal di wilayah territorial Indonesia.

UU No 16 Tahun 1997 mengamanatkan pada BPS (Badan Pusat Statistik) untuk menyelenggarakan Sensus penduduk sepuluh tahun sekali. SP 2010 merupakan sensus penduduk yang ke enam. Sensus Penduduk juga merupakan agenda dunia yang diamanatkan PBB (United Nation).

Sensus Penduduk sangat penting terkait perubahan yang cepat dalam tatanan pemerintah sejak era otonomi daerah dan perubahan (mutasi) penduduk yang sangat dinamis. Keberhasilan memperoleh data penduduk yang akurat dan komprehensif merupakan tantangan terbesar . Hasil Sensus Penduduk juga sangat diharapkan karena akan digunakan sebagai basis untuk mengukur capaian beberapa indicator Millenium Development Goals (MDG’s)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: