h1

Jalur Lingkar Nagreg Dicoba

August 20, 2010
jalur Lingkar Nagreg

jalur Lingkar Nagreg

Departemen Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Jawa Barat menargetkan jalan lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dapat dibuka 10 hari menjelang Lebaran.

Jalur tersebut disiapkan untuk mengurangi kemacetan di kawasan tanjakan Nagreg yang biasa terjadi pada musim mudik Lebaran.

Jalan sepanjang 5,4 kilometer itu dibangun dengan memapas bukit. Proses pembangunan yang memasuki tahap keempat ini dilakukan sepanjang 600-650 meter yang berada di antara Desa Nagreg dan Desa Citaman, Kecamatan Nagreg.

Berdasarkan pantauan Tempo, proses pemangkasan bukit telah selesai dikerjakan. Jalan dari Desa Ciherang sampai Desa Citaman ini telah bisa ditembus. Namun belum bisa dilalui maksimal oleh kendaraan. Kondisi jalan masih berupa tanah dan bebatuan.

Selain itu, bukit tanah dan batu yang berada di samping kanan dan kiri jalan masih belum dibereskan. Bahkan bila terjadi hujan dengan curah yang cukup tinggi dapat berpotensi menimbulkan longsor karena saluran drainase maupun penopang tebing belum dibangun.

Pada bagian lainnya pun belum dibangun pembatas jalan terutama yang berada sisi jurang. Kedalaman jurang di jalan baru ini mencapai puluhan meter. Lebar jalan ini pun masih bervariasi belum mencapai target yang telah ditetapkan.

Karenanya, PT Hutama Karya mengebut pengerjaan proyek jalan ini. Sejumlah alat berat nampak sibuk membereskan bukit yang berada di samping kanan dan kiri jalan. Puluhan truk tronton pun terlihat hilir mudik mengangkut material tanah untuk mempercepat pembangunan.

Beberapa pekerja juga sibuk memasang besi beton untuk pengecoran jalan di bagian ujung jembatan di Kampung Ciburial, Desa Ciherang. Jembatan layang ini masih belum rampung menyambungkan antara jalan lingkar dengan jalan dari arah Garut.

Pengerjaan saat ini lebih difokuskan pada pengurukan jalan. Proses pengurukan ini diperkirakan panjangnya mencapai sekitar 3 kilometer lebih. Sedangkan proses pengaspalan rencananya akan dilakukan beberapa hari sebelum jalan ini digunakan. “Pengurukan jalan ditargetkan selama satu minggu ini,” ujar Datim, 42 tahun, salah seorang operator alat berat kepada Tempo di lokasi, Kamis (19/8).

Menurut dia, jalan ini hanya akan digunakan untuk sementara. Pada arus mudik kali ini jalan hanya akan dapat dilalui satu jalur saja. Rencananya jalan ini hanya akan dilalui kendaraan dari arah timur menuju barat atau dari arah Tasikmalaya dan Garut menuju Bandung. Sedangkan kendaraan dari Jakarta atau Bandung yang menuju Tasikmalaya dan Garut, akan tetap melalui jalur lama. “Setelah mudik pengerjaan jalan lingkar ini akan dilanjutkan kembali,” ujarnya.

Jalur Lingkar Nagreg yang memiliki panjang 5,4 kilometer dengan lebar 7 meter ini dibangun sejak tahun 2008 lalu.

Tag : CCTV MUDIK LEBARAN 2010 – CCTV LIVE

Search    Top Views
* cctv arus mudik 2010
* cctv mudik 2010
* arus mudik 2010
* cctv mudik 2010
* berita mudik 2010
* live mudik 2010
* cctv info mudik 2010
* jalur mudik 2010
* cctv jalur mudik 2010
* informasi arus mudik 2010
* Peta Mudik 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: