h1

Cianjur Selatan – Tertinggal

July 12, 2007

sukanagara2.jpgSetelah warga Cipanas dan empat kecamatan di sekitarnya, kini giliran warga Cianjur selatan ramai-ramai ingin memisahkan diri dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pasalnya, selama ini mereka merasa dianaktirikan di Kabupaten Cianjur. Itu terbukti masih sangat terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur.

Namun, karena keinginan memisahkan diri itu muncul di awal kepemimpinan Tjetjep MS sebagai Bupati Cianjur, sebagian kalangan menduga hal itu lebih disebabkan ketidakpuasan masyarakat atas terpilihnya Tjetjep sebagai bupati dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) lalu. “Tuduhan itu sangat keliru. Keinginan masyarakat Cianjur selatan untuk berpisah dari Kabupaten Cianjur sama sekali tidak terkait dengan hasil pilkada.

puskesmas-sukanagra.jpgTapi murni keinginan masyarakat yang didasari hasrat untuk lebih berkembang. Tidak seperti sekarang, Cianjur selatan jauh tertinggal dibanding Cianjur utara. Itu terjadi karena pemerintah daerah menganaktirikan Cianjur selatan,” kata Ketua Paguyuban Peduli Pembangunan Cianjur Selatan, Saef Lukman, kepada Suara Karya, kemarin.

Saef menunjuk sejumlah kondisi yang menjadi alasan tersebut. Antara lain, terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur seperti jalan serta fasilitas kesehatan dan pendidikan. “Ibu yang hendak melahirkan kerap bayinya tak tertolong karena susahnya transportasi. Dia harus pergi ke bidan atau puskesmas terdekat melalui jalan desa yang buruk dengan motor ojek. Tak aneh bila bayinya tak tertolong,” kata Saef.

Lagi pula, katanya lagi, keinginan warga selatan memisahkan diri itu bukan muncul mendadak. Tapi sejak tahun 80-an. Bahkan di akhir era Orde Baru, sekitar tahun 1996, DPRD setempat secara resmi sudah merekomendasikan pemisahan Cianjur selatan dari Kabupaten Cianjur kepada Mendagri.

Di situ antara lain disebutkan bahwa Kabupaten Cianjur Selatan – yang dalam rekomendasi itu dinamakan Kabupaten Sukanagara – akan beribu kota di kota Kecamatan Sukanagara atau di pusat kota Kecamatan Cibinong. Sedangkan wilayahnya mulai dari Kecamatan Campaka hingga Naringgul (sekarang meliputi 18 kecamatan). (Ar-Rasyid

CIANJUR (Suara Karya)

Gambar : Kondisi Jalan Wilayah Sunagara Yang rusak Parah dan Kondisi Puskesmas Sukanara yang Rusak.

22 comments

  1. seandainya…masyarakat selatan cukup terwakili di birokrasi (tentunya oleh orang2 yang masih merasa orang selatan dan jujur), rasanya pembangunan di selatan tidak akan jauh tertinggal.
    tapi…keterwakilan mestinya bukan karena “jatah” melainkan karena kompetensi!!!
    jadi…layaknya kita bertanya sejauh mana kompetensi orang selatan utk bisa duduk di birokrasi shg bisa membangun selatan (bahkan kemudian, kalo perlu, memisahkan diri).
    nampaknya…akan lebih indah, Bu!!!
    saya…orang selatan sukabumi (karena kita punya kasus yg nyaris sama, betul?)

    #Juragan : Salah satu hambatan kemungkinan belum ada dan belum terwakili secara Birokrasi, makanya cianjur selatan selalu di sisihkan dan dianaktirikan oleh cianjur kota. Semua serba lamban dan telat…


    • lamun kitu akang satuju pisan, ngarojong pisan kana pendapat ti akang..by budak cidaun.


  2. Saya orang Cianjur selatan-Leles Agrabinta. Saya tidak puas dengan pemerintah cianjur. Karena saya tahu betul bagaimana kampung saya keadaanya bila di baningkan cianjur Utara.


  3. Bersabarlah saudara2ku di Cianjur selatan karena kita Akan segera bangkin meskipun tanpa tangan si cecep. Memang kita seharusnya bisa mandiri. apalagi kita punya banyak SDA, hutan, perkebunan, sawah, dan pantai. Marilah kita tata ulang agar kota kita semakin maju. kita jadikan Cianjur selatan lebih maju daripada yang sekarang2 ini. BANGKIT!
    Alhamdulillah saya sedang menulis novel tentang Cianjur selatan. Semoga bisa mengangkat nama baik kampung kita, Cianjur Selatan.


  4. SALAM BUAT KAMPUNGKU DI AGRABINTA-CIANJUR SELATAN. indracianjur.wordpress.com


  5. Semoga Pembangunan di Kabupaten Cianjur terjadi pemerataan yang seimbang. Tidak berat sebelah dan pilih kasih. Tentang Potensi – Investasi di cianjur selatan sebanarnya sangat bagus. Terutama Obyek Wisatanya dan perkebunan Tehnya yang tidak kalah dengan Puncak. Cuma Sarana dan Prasarana yang belum memungkinkan terutama akses Jalan ke arah selatan masih minim.

    Salam Cianjur


  6. Aku bangga sama kota cianjur.kampung halaman ku tercinta.meski aku hanya bersekolah smp di cianjur dan sma tidak di tempat yang sama.aku senang tinggal disana.tempat yag sungguh naturalis buat aku. masyarakat yang bersahabat maski terkadang cuaca not friendly for me. aku rindu teman-teman smp aku.aku ingin Bertemu kalian semua,terutama aisyah.kaulah suri hidupku selama kita tinggal bersama di leuwi kadu and ciawitali cianjur selatan.aku sedih denger kalian tidak melanjutkankan sekolah ke jenjang berikutnya.harapan ku,kita bersama-sama lagi untuk membangun kota cianjur tercinta.semangat ya teman2. I MISS U ALL.Aisyah,Marni,Ika.n semua guru2 di SMPN 3 SUKANAGARA. BE THE BEST CIANJUR!!!


  7. ayolah teman bersemangat!! karena siapa lagi kalau bukan kita. be the best among the people who love u today, saturday, and forever! keberhasilan itu memang tidak mudah tapi percayalah itu dapat kita wujudkan. jangan mau menyerah pada kesulitan.cita-cita kita lebih berharga dari panas terik mentari dan dinginnya angin saat hujan turun.SEMANGAT !!! and BE DEAMOND.


  8. salam semua


  9. Abdi mah pernah 3 bln Thn 1985 di Kec. Agrabinta. Tinggal di rumah penduduk untuk KKN dan Praktek Lapang. Waktu itu kami harus jalan kaki 10 jam masuk dari Cidaun (?), Sukabumi. Parantos poho eui.
    Waktu itu betul2 karunya lah. Transportasi yg ada hanya ojek. Saya yg asli Sidikalang (Sumatera Utara) saja tidak menemukan Kec-kec seterpencil itu di Sumut.
    Kalau keadaan tidak banyak berubah setelah lebih dari 20 thn, memang betul2 keterlaluan. Saya mah turut prihatin.
    Saya tetap punya janji, suatu hari nanti datang berkunjung ke kulawargi yg sudah menerima kami dan ide2 kami waktu KKN disana. Semoga sudah ada transportasi yang lancar hingga ke Leles.
    Foto2 bayangan kesuraman dan keterpencilan dulu masih saya simpan.
    Saya ingin segera datang berkunjung ke sana dengan keadaan yang telah lebih baik.
    Hatur Nuhun


  10. Kamarana atuh satria Cianjur Selatan [?!], Moal kitu sapertos nungguan bintang murag tilangit, ngarep – ngarep urang dayeuh ngabagjakeun urang sisi, ah mending urang robah nasib teh ku sorangan, yu … tandang …Yu mulang nu ngumbara … mulang rasa, mulang karsa …


  11. …saya tertarik untuk membawa produk dari daerah cianjur,terutama hasil bumi & alam yang bisa dijual dijakarta ataupun konsumen luar negeri,bisa dapat informasi melalui siapa/kemana?mohon respon kembali

    Warm Regards

    Teguh aksa
    cv.arina karya sarana-jakarta


  12. Wah… dah lama gak denger kabar cianjur selatan… kumaha ayeuna??? cianjur selatan memang masih jauh jika dibanding dengan cianjur kota… miris memang… Dulu sempet ke Jayanti… pantainya masih asri… orang-orangnya ramah ^_^… apa lagi saat itu hujan, wah pokokna endah pisan dech dunia di cianjur selatan… Andai ada kesempatan untuk dapat memajukannya… yuck bareng-bareng bangun bumi cianjur tercinta “bukan utara atau selatan” “tapi cianjur kita”… Kemarin pada suatu kesempatan, di sini sempet promosikan cianjur untuk daerah penelitian terutama bidang kelautan dan rumput lautna ke temen-temen yang mo lanjut S2… yach moga ja besok cianjur kita akan menjadi lebih baik… Yuck bangun bareng-bareng…


  13. tong misah raga cianjur ! cilaka ! ayeuna hayu urang rempug gawe keur nangtungna pakidulan, make jeung teu bisa. sok mung enya cinta ka pakidulan, tong punta penta ngahinakeun diri. saha bae tokohna, aya teu ? mun euweuh urang jual bae ka negeri jiran. nya sakitu heula bae, sampurasun !


  14. saymah lewih hade dijual bae,daripada di anakterekn ku cianjur. geus era,geus lain jamana..mash katingaln kenh..by budak punck bayuning,cidaun


  15. Untuk Membangun Cianjur Selatan diperlukan keseriusan dan keberanian politik antara lain : (1) Perlu membuat masterplan yang didukung oleh RTRW/RDTR yang pro-Cianjur Selatan. (2) Bupati dan Gubernur harus merasakan jadi warga Cianjur Selatan dan memiliki keputusan berani agar wilayah ini bisa maju dalam target waktu yang jelas. (3) Perlu adanya kampanye dari semua kekuatan agar potensi Cianjur Selatan dapat mengundang orang untuk berinvestasi. (4)Memisahkan diri dan menjadi Kabupaten tersendiri kalau perlu reperendum !!!!!!


  16. sy setuju..sy kul jauh mudah2n bisa berpartisipasi untuk cianjur selatan..sy juga orang kidul..mudah2n nanti sy kembali setelah berhasil untuk sedikit berkontribusi bagi cianjur bagian selatan..


  17. sokkk atuh akang2 tong ngaromongna hungkul, lakuken ti kiwari mulai ti hal kecil. buktiken ka cjr, dukungan sapenuhna warga puncak bayuning cidaun.


    • Cianjur Selatan – Tertinggal Berita 12 Juli 2007, Memang kondisi infrastruktur jalan rusak parah, namun di awal 2008 infrastruktur jalan mulai dalam perbaikan.. Thank infonya gan!


  18. seharusnya pemerintah lebih memperhatikan cianjur selatan yang kaya akan sumber daya mineral maupun sdm nya bukan hanya mengambil hartanya saja tapi perhatikan kesejah teraan rakyatnya.


  19. 27 tahun hirup dileles-cianjur kidul..ngajadikeun hate teu percaya kapamarentah, tiap 5 taun calon anggota dewan jangji rek ngamajukaeun daerah,tiap 5 taun calon bupati jangji bakal merhatikeun cianjur kidul.nupuguhmah ngawadul hungkul..geus lah anu sapamikiran jeung uing 2011 urang ereun milih pamarentah daerah , urang jual daerah nu teu dirope ka amerika atawa ka australia da perlueun nagara baturmah keur pangkalan militer NATO ..KOMO ..komo deui keusik beusi di pantai cianjur selatan di prediksi ngandung titanium..lumayan keur bahan nyieun roket atawa nuklir.da ayeuna oge geus diakutan kana treuk cenah jang eksport ka china jeung jerman.saha atuh nu untung…nu untung pamarentah setempat nu milu jadi calo…


  20. PERUMAHAN GRAND CAMPAKA RESIDENCE
    Type 27/60
    DP 2,5 jt
    booking kapling 1 jt , angsuran 800 rb an
    Depan polsek campaka, sukajadi.
    Dery
    Hub :085814136535
    WA :085814136535



Leave a comment